Makin Mudah! Membuat KTP Kini Bisa Lewat Aplikasi

Posting Komentar

KnoAcc.Org - Cara membuat KTP di zaman yang semakin canggih kini sudah menjadi lebih mudah, bisa dengan bantuan aplikasi. Cari tahu caranya di sini!

cara membuat ktp terbaru

Sebagai bukti identitas yang punya segudang fungsi, KTP wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Apalagi sejak diterbitkannya versi KTP elektronik yang semakin mempermudah proses pelayanan berbagai keperluan administrasi publik dengan lebih efektif dan efisien. Bahkan ada cara yang lebih mudah yakni cukup dengan memakai aplikasi di ponsel.

Cara membuat KTP pun juga telah disederhanakan sehingga semakin mempermudah setiap orang untuk dapat mengurus dengan waktu yang lebih singkat. Begini syarat dan langkah-langkah cara membuat KTP terbaru 2020

Cara Membuat KTP Terbaru di 2020

Membuat dokumen resmi tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk pembuatan KTP.

Syarat Membuat KTP

Supaya proses pengajuan berjalan lancar, pastikan kalau kamu sudah melengkapi syarat membuat KTP untuk WNI berikut:

- Usia minimal 17 tahun atau sudah menikah - Fotokopi Kartu Keluarga (KK) - Fotokopi Akte Kelahiran - Surat pengantar dari Rukun Tetangga (RT) dan Rukung Warga (RW)

Jika yang pembuat KTP bukan warga setempat, diwajibkan menyertakan surat keterangan pindah dari daerah asal. Untuk WNI yang datang dari luar negeri, maka harus menyertakan surat keterangan pindah resmi dari perwakilan Indonesia di negara sebelumnya.

Tak hanya itu, ada juga KTP untuk WNA. Mengenai KTP yang dimiliki WNA ini juga sempat viral beberapa waktu lalu. Ternyata, bagi WNA yang tinggal dalam kurun waktu lama di Indonesia juga wajib memiliki KTP elektronik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Pasal 63 Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Fungsi KTP elektronik ini untuk WNA adalah sebagai bukti identitas resmi yang berlaku selama menetap di wilayah Indonesia, dengan catatan harus sudah memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP), telah berusia lebih dari 17 tahun atau telah/pernah menikah.

Cara membuat KTP untuk WNA juga sama dengan WNI hanya berbeda pada persyaratan dan fungsinya yang tidak bisa digunakan untuk mendapatkan hak memilih ketika Pemilu.

Cara Membuat KTP Baru

Setelah seluruh syarat membuat KTP sudah dilengkapi, langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor desa atau kelurahan untuk memulai aplikasi yang akan dibantu oleh petugas.

Ambil nomor antrian terlebih dulu dan tunggu sampai nama kamu dipanggil ke loket untuk penyerahan berkas.

Perlu diingat, cara membuat KTP elektronik ini tidak bisa diwakilkan karena keperluan pengambilan informasi pribadi yang harus langsung dilakukan terhadap yang bersangkutan.

Setelah penyerahan dokumen, tahapan selanjutnya adalah perekaman informasi dengan melakukan foto KTP serta sidik jari.

Jika tahapan foto dan sidik jari selesai, kamu akan menerima surat keterangan pengantar pengambilan KTP yang juga berlaku sebagai KTP sementara.

Proses membuat KTP bisa memakan waktu antara 30 menit sampai 1 jam lamanya tergantung dari jumlah pengajuan hari tersebut, dengan jam buka rata-rata mulai pukul 08.00-15.00,

Jadi usahakan untuk datang sedikit lebih awal dari jam buka agar bisa mengambil nomor urutan paling cepat.

Nantinya, pengambilan KTP elektronik yang sudah jadi bisa dilakukan dalam kurun 14 hari setelahnya. Pengambipan KTP juga tidak boleh diwakilkan.

Cara Memperbaiki Data KTP yang Salah

Meskipun KTP telah diterima, kemungkinan ada beberapa kesalahan. Masalah yang kerap muncul dalam cara membuat KTP adalah penulisan informasi yang salah, misalnya nama yang kurang huruf atau tanggal kelahiran yang kurang tepat. Hindari juga penulisan huruf yang sulit dibaca agar terhindar dari salah input.

Tetapi, jika sudah terlanjur tercetak dan ada kesalahan, angan khawatir. Cara memperbaiki data KTP tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, cukup dengan mempersiapkan dokumen terkait dengan data yang ingin diubah.

Misalnya untuk data status pernikahan, tentu harus menyertakan buku nikah, ijazah atau sertifikasi untuk gelar di belakang nama, hasil pemeriksaan lab untuk golongan darah, keterangan resmi dari RT/RW untuk pindah domisili, dan pernyataan dari instansi/perusahaan untuk status bekerja.

Bawa dokumen yang diperlukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat dan tunggu waktu proses 14 hari untuk mendapat KTP dengan data yang telah diperbarui.

Cara Membuat KTP Online dengan Aplikasi Gisa

Nah ini dia yang kamu tunggu-tunggu. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengusung terobosan pelayanan publik berbasis online terbaru yang dinamakan Gisa yang diluncurkan selama masa pandemi COVID-19.

Gisa merupakan aplikasi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) yang dapat memberikan informasi terkini terkait dengan proses administrasi kependudukan untuk berbagai dokumen seperti KK, KTP, dan Akte Kelahiran. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store dengan kata kunci ‘AKUI’ (Aplikasi Korpri untuk Indonesia).

Setelah terunduh dan terpasang, kamu bisa membuka aplikasi Gisa dan mengisi form-form yang ada dengan mengikuti panduan yang diberikan aplikasi.

Cara membuat KTP online jadi lebih praktis, mudah, dan tentu lebih aman dengan mengurus dari rumah dengan hanya berbekal ponsel.

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email