Mencari Pengganti ROM Pixel Experience Vince Yang Mati Suri

Posting Komentar

KnoAcc.Org - Bagi yang sudah mengenal ROM Pixel Experience mungkin tidak akan ragu untuk memasang Custom ROM ini jika merilisnya secara resmi untuk tipe ponsel tertentu. Ini karena developer Pixel Experience memasang target tinggi untuk para maintaner ROM. Salah satu syarat paling berat harus tembus pemeriksaan Safety net Google. Baik ctsProfile maupun basicIntegrity harus menunjukkan nilai true untuk setiap ROM yang dikembangkan para maintaner.

logo pixel experience
Pixel Experience untuk Vince mati suri.

Tapi, bagaimana jika tidak ada pengembang yang mampu memenuhi ekspektasi tersebut? Mungkin salah satu contoh kasusnya adalah ponsel tua yang sudah saya miliki ini yakni Redmi 5 Plus atau bagi warga India lebih mengenalnya sebagai Redmi Note 5. Karena perbedaan nama untuk perangkat yang sama di kedua negara, saya lebih memilih menyebutnya sebagai: Vince. Sesuai dengan nama kode perangkat dikalangan developer.

Pixel Experience, sudah lama tidak lagi memberikan update untuk Vince. Pembaruan terakhir adalah versi Android 10 dengan security patch Mei 2020. Yang rilis pada 14 Mei 2020 lalu. Artinya sudah lebih hampir 5 bulan tanpa pembaruan.

Hingga akhirnya terbersit untuk mengganti dengan ROM lain meskipun sebenarnya masih nyaman memakai ROM Pixel Experience bapuk ini. Yang muncul di benak saya ada 3: (1) AOSP Extended, (2) Legion OS atau (3) Ressurection Remix. Kandidat lain seperti AICP atau Havoc terasa kurang menarik, sementara Lineage OS terlalu polos dan Nitrogen OS secara lantang saya tolak.

Untuk saat ini, kriteria ROM yang paling penting bagi saya tentu saja harus tembus SafetyNet agar bisa memasang aplikasi perbankan/e-wallet dan beberapa aplikasi yang mensyaratkan keamanan gawai agar dapat terpasang.

Resurrection Remix (RR) atau Legion OS

Di masa lalu, ketika masih memakai Redmi 3 Pro (ido), ROM ini salah satu favorit saya sebelum memakai PE dan berpindah memakai Havoc OS setelah PE menghentikan dukungan untuk Redmi 3 Pro Ketika ganti ponsel Vince, RR adalah ROM yang pertamakali saya coba. Namun kemudia muncul banyak masalah semenjak build Android 9 dan akhirnya memakai PE yang lebih stabil.

Maka, Resurrection Remix menjadi pilihan pertama untuk saya coba (kembali). Jika RR memenuhi syarat utama yakni SafentyNet=pass, ctsProfile=true dan basicIntegrity=true, maka cukup memakai ROM ini saja. Alasannya sederhana saja, lebih familier. Dan sepertinya AOSP Extended tidak akan saya pilih karena sudah 2 bulan belum melakukan update.

Ketika saya menulis artikel ini, Resurrection Remix punya rilis paling baru tertanggal 20 September 2020 (RR v8.6.0) berbasis Android 10. Sementara itu rilis terakhir Legion OS juga 20 September 2020 (Legion OS v3.0) namun berbasis Android 11 dengan higlight Enable magisk hide to pass safetyNet. Keduanya sudah terpasang tambalan keamanan (security patch) Google per September 2020 juga.

Download ROM Terbaru Redmi 5 Plus/Note 5 (Vince)

Resurrection Remix (Android 10) - Stable

RROS-Q-8.6.0-20200920-vince-Official.zip

Legion OS (Android 11) - Stable

LegionOS-v3.0-vince-20200917-OFFICIAL-Vanilla-STABLE.zip

Jika tertarik mencoba ROM lain, berikut link download beberapa versi terakhir masing-masing:

NitrogenOS (Android 10)  https://sourceforge.net/projects/nitrogen-project/files/vince/

Havoc OS (Android 10) https://sourceforge.net/projects/havoc-os/files/vince/

AOSP Extended (Android 10) https://downloads.aospextended.com/download/vince/q/AospExtended-v7.3-vince-20200716-0917-OFFICIAL.zip

Sementara sampai di sini dulu, untuk cara pasang ROM dan kelengkapan lainnya (magisk/gapps) akan di posting di artikel lain.

Dan khusus bagi yang suka gonta-ganti ROM ada beberapa ROM baru untuk Redmi 5 Plus/Redmi Note 5 (Vince) yang bisa kamu coba pasang. Mungkin salah satunya cocok untukmu. Deretan ROM baru untuk Vince juga akan saya publish di postingan selanjutnya. Sampai jumpa.

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email