Tak Cuma Kemdikbud, Ini 10+ Website Untuk Mencari Informasi Beasiswa

Posting Komentar

KnoAcc.Org - Mahalnya biaya pendidikan kerap kali menghambat minat belajar mahasiswa (dan calon) yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan mendapatkan beasiswa bisa meringankan beban biaya yang besar. Namun, di mana bisa mendapatkan informasi terkait beasiswa dan cara-cara memperoleh beasiswa?

Web Informasi Beasiswa/Scholarship

Berikut ini ada website atau situs yang memberikan info beasiswa.

IND Beasiswa

Situs satu ini termasuk cukup lengkap menyajikan berbagai informasi terkait beasiswa. Mulai dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi termasuk kursus-kursus atau pelatihan juga ada.

Informasi beasiswa yang diberikan mencakup beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Termasuk info beasiswa Jepang dan beasiswa universitas Malaysia. Baik beasiswa setingkat bachelor, master, doctoral, phd, dan post doctoral tersedia di situs ini.

Digital Talent Scholarship (Kominfo)

logo digital talent kominfo

Tak melulu memberikan informasi terkait kementrian dan dunia informatika, situs milik Kementrian Komunikasi Dan Informasi ini juga menawarkan program-program beasiswa dan pelatihan-pelatihan terkait dunia digital.

Informasi beasiswa yang diberikan untuk semua jenjang mulai kelas vocational (setingkat SMA) hingga untuk tingkat S2 dan S3.

Bidang studi beasiswa mencakup berbagai bidang yang masih berkaitan dengan dunia informatika. Secara umum peserta dibagi menjadi dua kategori, yakni peserta umum dan penyandang disabilitas.

Beasiswa Unggulan Diknas

beasiswa unggulan kemdikbud

Situs milik Kementrian Pendidikan Nasional ini memang difokuskan untuk memberikan informasi beasiswa dari Kemdikbud. Tampilannya sederhana dan informatif. Bagi pengunjung yang membuka website ini bisa ikut serta dalam jajak pendapat dan juga dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa unggulan Kemdikbud dengan syarat-syarat tertentu.

Info Beasiswa

Informasi beasiswa yang ditawarkan dari situs ini bisa mengakses informasi beasiswa terbaru dan terlengkap di tingkat S1, S2 dan S3 di dalam dan luar negeri kategori forum beasiswa yang membantumu untuk dapat berkomunikasi dengan para peraih beasiswa dan juga ada fitur Live Streaming yang menyediakan tayangan diskusi beasiswa mancanegara melalui layanan live streaming Beasiswa TV.

Tampilannya memang cukup sederhana. Tetapi informasi yang dihadirkan Info Beasiswa ini sangat mendukung bagi para pencari beasiswa. Khususnya bagi yang mencari beasiswa dari luar negeri dengan adanya layanan live streaming.

Beasiswa Pascasarjana

Situs ink hanya memposting artikel-artikel beasiswa saja dan fokus di program-program pasca sarjana. Selain itu di sini juga dibahas berbagai beasiswa terbaru yang ditawarkan oleh berbagai instansi pendidikan mulai dari dalam negeri sampai luar negeri.

Tak ada fitur-fitur lain dan hanya berisi daftar beasiswa terbaru lintas negara. Kalaupun ada informasi selain beasiswa, itupun tak banyak dan berupa informasi yang sangat umum dan biasa saja.

Informasi beasiswa bidang studi yang disajikan antara lain: Hukum (Internasional, Administrasi Negara, Tata Negara, Perdata, Pidana), Ekonomi (Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen), Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Ilmu Sosial Ilmu Politik (Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan/Administrasi Negara), Ilmu Pendidikan. Dan berbagai informasi beasiswa bidang studi lain juga sering diberikan meskipun dari segi tampilan kurang menarik.

AMINEF

logo aminef png

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) adalah sebuah lembaga pertukaran pelajar Indonesia dengan Amerika. Lembaga ini juga menyediakan beasiswa bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya di Amerika. Sehingga tak salah untuk mengunjungi situs ini jika mencari beasiswa Amerika Serikat.

Info beasiswa mencakup tingkat pendidikan S2 dan S3 saja.

Bidang studi beasiswa yang ditawarkan AMINEF meliputi: Hukum (Internasional, Administrasi Negara, Tata Negara, Perdata, Pidana), Ekonomi (Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen), Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Ilmu Sosial Ilmu Politik (Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan/Administrasi Negara), Ilmu Pendidikan.

About Scholarship, Scholars Official dan Campuspedia

Website aboutscholarship.com adalah situs yang dikelola personal. Yang tampaknya memfokuskan konten pada berbagai hal terkait informasi beasiswa. Informasi yang disajikan di situs ini akan mendukung anda dalam mendapatkan hal-hal menarik seputar beasiswa.

Berbagai macam beasiswa tercantum di situs ini. Mulai dari beasiswa jenjang sekolah hingga kuliah (S1, S2, S3). Dari website ini, anda juga bisa mendapatkan tips seputar beasiswa dan bergabung dengan forum yang disediakan. Dalam forum tersebut anda bisa saling berbagi pengalaman maupun berita beasiswa di antara sesama anggota.

Sementara situs scholarsofficial.com dan campuspedia.com lebih luas lagi pokok bahasan dan isi artikel-nya. Sebagian besar berisi hal-hal yang berkaitan dengan dunia perkuliahan dan mahasiswa. Termasuk beberapa info beasiswa juga diberikan di situs ini.

Setelah menelusuri 10+ website info beasiswa tersebut, apakah sudah menemukan informasi beasiswa yang kamu inginkan? Perlu kamu perhatikan bahwa 10+ situs web berikut tidak diurutkan berdasarkan kualitas ataupun rekomendasi tertentu. Bisa saja yang ada di bawah atau di tengah daftar adalah web yang menarik untuk dikunjungi.


Info Beasiswa (org), Info Beasiswa (net) dan Rumah Beasiswa

Penting: Dua situs pertama sudah tidak terurus dan yang terakhir malah todak bisa diakses karena domain sudah expired.

Di masa lalu, Info Beasiswa (org) punya info beasiswa yang cukup lengkap. Merupakan situs penyedia informasi beasiswa dari dalam negeri dan luar negeri yang ditujukan bagi Warga Negara Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Sayangnya website ini ketika terakhir kali diakses sepertinya sudah dirusak oleh peretas.

Situs Info Beasiswa (net) sebelumnya menghadirkan berita dan informasi yang cukup lengkap. Berbagai review program beasiswa juga dihadirkan di website ini. Penyajian informasi ditus ini juga tertata rapi.

Mereka mengelompokkan info beasiswa sesuai katagori tertentu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi beasiswa yang anda cari. Direkomendasikan bagi anda yang mencari informasi beasiswa tertentu.

Sayangnya, informasi di situs ini sudah jarang di perbarui. Informasi beasiswa yang diposting terakhir bulan Desember 2019.

Situs Rumah Beasiswa yang beralamat di rumahbeasiswa.com yang sudah mati ini dulu memberikan informasi yang cukup lengkap. Selain beasiswa untuk S1, S2 dan S3, info relevan seputar lowongan kerja juga diberikan.

Sayang sekali, Sepertinya di tahun 2020 ini Rumah Beasiswa sudah tidak bisa diakses lagi.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari beasiswa. Jika merasa artikel tentang 10 Website Informasi Beasiswa ini bermanfaat, jangan lupa membagikan ke teman-teman kamu yang sedang mencari informasi yang sama.

Menurutmu situs mana lagi yang bisa dijadikan rujukan untuk memperoleh info-info beasiswa baik dalam maupun beasiswa luar negeri? Silahkan tuliskan di kolom komentar.

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email