Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google)

Posting Komentar

KnoAcc.Org — Kursus Program Prakerja "Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google)" yang diselenggarakan oleh Dicoding yang dijual di Tokopedia seharga Rp350.000. Tertarik dengan kursus dari Dicoding yang ada di dalam program prakerja tersebut dan ingin membeli. Tetapi sayang sekali, berkali kali mencoba membeli sering error baik dari Tokopedia maupun dari situs Kemnaker.

Terpaksa mencari program lain dan menemukan kelas "SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google" oleh Skill Academy meski tidak begitu tertarik karena sudah saya duga sebelumnya, pembelajaran ini memang terhitung dasar karena memang ditujukan untuk pemula untuk berkenalan dengan beberapa teknik SEO yang benar. Tak apalah demi memenuhi persyaratan prakerja dulu, toh masih ada sisa saldo yang akan bisa digunakan nanti. Jadi masih bisa untuk mengambil kelas ini terlebih dahulu.

Selang beberapa hari, kelas prakerja yang saya ambil di Skill Academy pun habis, termasuk webinar-nya yang biasa-biasa saja dan lulus.

Oke, berikutnya mencoba kembali membuka Tokped dan mencari item "Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google)" demi meningkatkan wawasan dan skill yang sebenar-benarnya. Maksudnya, skill yang belum saya pahami betul. Sayang sekali, ada keterangan kelas habis 😭.

Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google)

Berikut adalah kutipan deskripsi dari Dicoding pada situs tokped yang membuat saya tertarik.

Tentang Kelas

Siswa akan diajarkan sesuai standar industri dan dituntut memiliki standar tersebut untuk dapat lulus. Tidak ada bantuan khusus atau kemudahan untuk penerima Kartu Prakerja karena kami sangat menjaga standar lulusan kami dan akan selalu memastikan sertifikat lulusan dari kami dinilai tinggi oleh industri. Kelas bukan sekedar materi yang cukup di klik "Next" ataupun video yang cukup didengarkan. Kamu benar-benar akan perlu ngoding dan melakukan proyek. Kesalahan sedikit bisa berarti kamu tidak akan lulus.

Ayo perdalam kemampuan Anda dalam membangun website dengan mempelajari teknik terbaru yang ada. Pelajari sintaks ES6, Web Component, dan Build Tools dalam membangun website dengan teknik yang simple, reusable, dan optimized.

Kelas ini membahas tuntas penerapan sintaks terbaru JavaScript, Web Component, Build Tools, dan AJAX untuk membangun website dengan teknik yang simple, reusable, dan optimal. Kurikulum telah disusun dan diverifikasi oleh tim expert Dicoding bersama praktisi industri agar materi yang disajikan terstruktur dan komprehensif.

Tingkat kelas: Pemula sampai Mahir

Kurikulum & Durasi Kelas

- Pengenalan Web Front-End dan Back-End ECMAScript 2015 (ES6)
- Web Component
- Node Package Manager
- Webpack
- JavaScript Asynchronous Request
- Project Submission

Durasi: 40 Jam

Bebas mulai kapan saja (self-paced). Total jam belajar yang direkomendasikan 40 jam (10 jam seminggu) walau tidak menutup kemungkinan selesai lebih cepat.
Siswa diberi waktu 30 hari untuk menyelesaikan kelas setelah aktivasi token.

Instruktur:
- Google Certified Associate Android Developer
- Dicoding Reviewer

Syarat & Ketentuan

- Peserta memiliki komputer
- Peserta memiliki akses internet
- Peserta tunduk pada segala persyaratan platform Dicoding di help.dicoding.com dan www.dicoding.com/termsofuse
- Memiliki pemahaman dasar dalam pembuatan website dengan baik (HTML, CSS dan JavaScript).

Fasilitas

- Ujian/Evaluasi
- Sertifikat Digital

Update: Setelah beberapa hari, akhirnya memutuskan untuk membeli paket pembelajaran Belajar Dasar Pemrograman Web (Kurikulum Google) atau tingkat dasarnya terlebih dulu. Dan memang sepertinya untuk mengambil kelas lanjutan harus menyelesaikan paket ini terlebih dahulu sebagai persiapan sebelum mengambil kelas lanjutannya di sini. Ini sesuai learning path yang dijelaskan oleh dicoding untuk menjadi front-end developer.

Melihat detil informasi pelatihan seperti ini (terutama bagian instruktur) membuat saya ngiler dan berharap pelatihan prakerja untuk kelas "Belajar Fundamental Front-End Web Development (Kurikulum Google)" tersedia kembali (setelah mengambil kelas dasar-pemula) dan muncul di laman order untuk peserta prakerja. Semoga saja. 🤲

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email