Ternyata iPhone SE 2020 Aslinya Cuma Seharga Rp 3 Jutaan

Posting Komentar

KnoAcc.Org - Ponsel baru besutan Apple, iPhone SE, menjadi salah satu seri iPhone yang cukup dinantikan bertahun-tahun. Seri "SE" menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki iPhone denaga harga yang lebih "murah" dibanding lini iPhone baru lainnya.

iPhone SE 2020 "harga asli"-nya cuma separuh dari banderol resmi.

Ketika pertamakali diluncurkan, harga iPhone SE terbaru ini secara resmi dibanderol mulai dari 399 dollar AS (Rp 6 juta).

Dilihat dari bentuk, iPhone SE 2020 sekilas memiliki wujud serupa dengan iPhone 8. Tetapi, ponsel ini ditunjang teknologi pendukung iPhone 11, yakni chipset Bionic A13. Yang tentu saja membuatnya punya performa lebih baik.

Perbedaan "tipis" itu membuat spek iPhone SE 2020 lebih menarik di mata konsumen. Apple pun bisa lebih hemat dan memerlebar margin keuntungannya dari iPhone SE generasi kedua ini.

Lalu dengan komponen dan bodi yang sama dengan pendahulunya, iPhone 8, berapa "harga asli" yang dibutuhkan Apple untuk merakit satu perangkat iPhone SE 2020 ini?

Terusik pertanyaan ini, sebuah lab teknologi di Jepang bernama Fomalhaut yang penasaran dengan ongkos perakitan iPhone SE 2020 pun membeberkannya setelah membongkar komponen ponsel baru ini.

Estimasi efektivitas ongkos perakitan iPhone SE 2020 terhadap iPhone 8. (via Fomalhaut Techno Solutions)

Setelah membongkar komponen demi komponen, ternyata diketahui bahwa ongkos perakitan iPhone SE 2020 cuma seharga 217 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta jika dirupiahkan.

Bukan hal mengejutkan, sebab sebagian besar komponen iPhone SE 2020 merupakan material lama yang juga dipakai pada iPhone 8.

Jika membandingkan antara iPhone 8 yang dirilis beberapa tahun lalu dan iPhone SE 2020 tanpa menghitung chipset Bionic A13, ongkos perakitan pun lebih rendah 18 persen.

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email