Tak Mau Kalah, LINE Juga Bisa Video Call Hingga 200 Orang

Ads 720 x 90

Tak Mau Kalah, LINE Juga Bisa Video Call Hingga 200 Orang

KnoAcc.Org - Aplikasi perpesanan instan LINE mengikuti tren panggilan video yang semakin populer semenjak pandemi virus corona Covid-19 dengan menambah kapasitas peserta hingga 200 orang. Hal ini turut menambah panas persaingan setelah Facebook mengumumkan WhatsApp akan mampu melakukan panggilan video hingga 50 peserta.

Panggilan video di LINE berkapasitas hingga 200 peserta.

Popularitas panggilan video atau video call, memang tengah meroket semenjak anjuran untuk tidak keluar rumah demi menekan penyebaran virus corona. Beberapa perusahaan meminta karyawan mereka untuk bekerja dari rumah.

Sehingga saat ini fitur panggilan video lebih sering digunakan demi menunjang aktivitas bekerja dari jarak jauh, misalnya untuk mengadakan rapat.

Fitur group video call di Line hadir di LINE versi 6.9.1. Saat diluncurkan, video call LINE tersebut bisa menampilkan sampai 4 orang pada saat yang bersamaan sebagai gambar terbesar (yang lain berupa ikon profil).

Namun, sejak bulan Februari 2020, LINE sudah meningkatkan jumlah peserta untuk video konferensi sampai 200 orang! Update ini tersedia pada aplikasi LINE untuk iOS 6.9 atau yang lebih baru, dan LINE untuk Android 6.9.5 atau yang lebih baru. Panghilan video melalui fitur LINE Group Call hingga sebanyak 200 orang ini jiga bisa diakses melalui komputer.

Karena banyaknya peserta dalam video call, LINE pun berusaha mempermudah pengguna untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara. Ketika salah satu peserta video call berbicara, terdapat simbol bar hijau untuk menandai profil orang tersebut.

Ditilik dari segi tampilan, LINE menyediakan dua macam tata letak. Yaitu membuat orang yang sedang berbicara tampak lebih besar atau membuatnya sama besar.

Untuk berganti antar dua tata letak ini, pengguna cukup mengetuk ikon panah yang berada di sudut kiri atas layar panggilan.

Bagi kamu yang penasaran cara melakukan panggipan video di LINE dengan fitur fitur yang disediakan, berikut ini tata caranya:

Bagaimana Cara Melakukan Video Call di LINE?

Ikuti langkah dibawah untuk melakukan group video call di LINE:

  1. Buka percakapan grup pilihanmu.
  2. Tekan tombol telepon ( 📞 ) di pojok kanan atas.
  3. Pilih video call.
  4. Keempat teman yang bergabung akan segera tampak di layar, sementara lainnya (kalau grup melebihi empat orang) akan tampak gambar profilnya di sisi kanan layar.
Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Bagaimana Menambah Efek Wajah di Group Video Call?

Untuk menambahkan efek wajah di Group Video Call LINE, begini caranya:

  1. Di layar percakapan group video call, tekan tombol wajah ( ☺︎ ).
  2. Di bagian bawah layar akan muncul 6 pilihan efek. Pilih salah satu.
  3. Saat kamu memilih, efek tersebut akan muncul di bagian layar yang menunjukkan wajahmu.
Bisa kami perhatikan pada gambar berikut.

Bagaimana Cara Mengatur Posisi Layar Group Video Call?

Untuk mengganti posis layar saat melakukan panggilan video grup, lakukan seperti ini:

  1. Tekan tanda panah di bagian kiri atas layar untuk mengubah posisi layar. Kamu bisa membuat salah satu wajah teman lebih besar daripada yang lain (mungkin yang paling cantik/ganteng?)
  2. Drag & drop gambar profil teman ke layar video teman lain untuk menukarnya.
Bisa dilihat sesuai gambar di bawah ini.

Persaingan fitur panggilan video di aplikasi chatting ini memang menarik. Skype yang sebelumnya merupakan raja panggilan suara dan panggilan video, posisinya semakin terancam. Sedangkan WhatsApp, yang memiliki pengguna terbanyak, terhitung lambat mengembangkan fitur ini.

Dengan rilis fitur baru ini, pengguna WhatsApp dan Google Duo makin punya pilihan dan pengguna LINE rasanya tak perlu berpindah aplikasi jika ingin melakukan video conference.

Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter