Google Perpanjang Gratisan Google Meet hingga September

Posting Komentar

KnoAcc.Org - Google resmi menggratiskan aplikasi video telekonferensi Google Meet. Semua yang memiliki akun Gmail kini bisa menikmati fitur premium secara gratis yang bisa dipakai untuk telekonfrensi hingga 100 orang dan waktu yang tidak dibatasi.

Google Meet kini bisa menampung 16 profil peserta telekonferensi dalam satu layar.

Layanan Google Meet yang sejatinya masuk dalam layanan premium gratis ini sudah digulirkan mulai 1 Maret lalu. Layanan ini awalnya direncanakan akan berkahir 1 Juli 2020.

Diperpanjang

Namun menurut Wakil Presiden Google, Javier Soltero, batas akhir masa gratis Hangouts Meet diperbarui hingga 30 September 2020. Setelah 30 September, pembatasan di akun-akun non-premium akan kembali dilakukan, seperti jumlah peserta dan lama waktu panggilan.

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mempercepat waktu peluncuran fitur-fitur baru untuk dapat lebih membantu pengguna," tutur Soltero.

Sebelumnya, Google Hangouts Meet hanya dapat diakses oleh pelanggan G Suite saja. Sehingga pengguna yang tidak berlangganan G Suite, tidak dapat menggunakan aplikasi video telekonferensi ini.

Kini, yang dibutuhkan untuk menggunakan Google Meet hanya akun Gmail saja. Perubahan ini dinilai langkah yang tepat bagi Google, untuk menggaet para pengguna baru. Terlebih jumlah pemilik akun Google dinilai lebih banyak daripada pelanggan G Suite.

Berbeda dengan Zoom yang dapat mengundang partisipan rapat melalui sebuah link atau tautan, Google Meet sebelumnya memiliki prosedur yang lebih rumit. Pengguna diharuskan untuk masuk ke akun Google mereka terlebih dahulu. Hal ini diklaim mampu menghilangkan risiko layaknya "Zoombombing", dimana peserta tak dikenal bisa masuk ke panggilan video.

Untuk mengurangi risiko keamanan lain, peserta meeting online yang ingin bergabung ke room pun harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Host Google Meet.

Ganti Nama

Google Meet ini sebelumnya dikenal dengan nama Hangouts Meet. Yakni layanan premium dari Google Hangouts. Google mengubah namanya menjadi Meet bagi pelanggan G Suite, bersamaan dengan penambahan kapasitas pengguna Google Meet.

Fitur milik Zoom dimana seluruh peserta meeting diletakkan di sebuah bingkai besar

Baru-baru ini, Google Meet juga hadir dengan fitur baru yang mendukung "tampilan galeri", dimana seluruh peserta meeting diletakkan di sebuah bingkai besar, layaknya tampilan milik Zoom. Fitur baru ini kini telah bisa dinikmati pada Google Meet versi PC maupun mobile.

Google juga mengkliam bahwa total penggunaan Google Meet dalam sehari meningkat 30 kali lipat sejak Januari. Jumlah penggunanya pun diklaim bertambah sebanyak 3 juta orang setiap harinya. Masih menurut Google, minggu lalu saja jumlah pengguna Google Meet dalam sehari telah mencapai angka 100 juta orang.

Jon Moekidi
Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email