Cara Menggunakan Google Hangouts Meet di PC dan di Android - KnoAcc!

Ads 720 x 90

Cara Menggunakan Google Hangouts Meet di PC dan di Android

KnoAcc.Org - Sejak diberlakukan work from home (WFH) demi mencegah penyebaran pandemi covid-19, aplikasi untuk rapat daring atau telekonferensi menjadi salah satu layanan yang paling dibutuhkan. Bahkan aplikasi chatting WhatsApp pun ikut meningkatkan jumlah partisipan grup call menjadi 8 orang.

Salah satu layanan video conference yang cukup banyak digunakan sejumlah perusahaan selain Zoom adalah Google Hangouts Meet yang kini namanya menjadi Google Meet saja. Fitur telekonferensi Google Meet milik raja IoT Google ini sebenarnya merupakan platform video conference berbayar. Namun, selama pandemi Covid-19 masih merebak, Google memberikan layanan ini secara gratis kepada masyarakat hingga 30 September (sebelumnya berakhir 1 Juli) untuk membantu WFH maupun Mahasiswa yang kuliah mandiri.

Beberapa pengguna sepertinya masih bingung dengan cara penggunaan aplikasi rapat daring ini. Berikut ini ada dua cara menggunakan Google Meet baik di PC mauoun di ponsel/tablet Android.

Cara Melakukan Telekonferensi Dengan Google Meet

Sebelumnya, Google Meet terintegrasi dengan G Suite dan hanya pemilik akun G Suite saja yang bisa mengadakan rapat online. Dengan digratiskannya layanan Google Meet kini sudah makin mudah.

Google Meet tak cuma bisa dimanfaatkan oleh upara karyawan yang sedang work from home. Para mahasiswa dan pelajar juga bisa menggunakannya untuk KBM online. Begini cara melakukan telekonferensi atau rapat daring menggunakan Google Meet baik dari PC maupun aplikasi ponsel

Melaui PC

Penggunaan Google Meet di personal computer (PC) dapat dilakukan dengan membuka alamat hangout.google.com atau buka Google Meet dari Gmail.

Di halaman tersebut, pengguna akan diminta untuk mengklik menu di bagian atas; “percakapan baru +”. Kemudian pengguna akan diminta untuk memasukkan dan memilih nama atau alamat email yang ingin dihubungi maka pengguna langsung bisa mengetik pesan untuk dikirim. Selain pesan instan, pengguna juga bisa melakukan panggilan video satu persatu atau sekaligus ke beberapa orang.

Berikut langkah demi langkahnya:

1. Ketik alamat https://meet.google.com/ lewat browser (Chrome, Firefox, Edge atau Safari, bebas). Atau klik langsung di sini.

2. Klik pilihan menu ’Join or Start a Meeting’

3. Tulis judul meeting atau kode rapat agar tidak ada partisipan yang salah masuk ruang rapat. Kamu juga bisa mengosongkan kolom ini jika tidak dibutuhkan, biasanya pembuat ruang rapat.

4. Situs akan meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon melalui browser yang sedang kamu gunakan.

5. Setelah diberi izin, langsung saja klik opsi “Join Now” untuk bergabung dalam ruang rapat daring baru atau “Present” untuk melakukan presentasi lewat tampilan layar personal computer (PC)

6. Jika ruang rapat virtual sudah siap, silakan undang partisipan lainnya dengan menyalin dan mengirim tautan telekonferensi yang diberikan melalui aplikasi perpesanan.

Untuk mengundang peserta rapat daring juga bisa dengan hanya menambahkan alamat email peserta, Google Meet akan secara otomatis mengirimkan tautan rapat ke alamat email (gmail) calon peserta.

Ponsel atau Tablet Android

Selain melakukan rapat melalui PC, kamu juga bisa ikut bergabung atau membuat sebuah rapat daring Google Meet dengan ponsel atau tablet.

Pertama, kamu harus sudah punya aplikasi Google Met di ponsel/tablet kamu. Jika belum, unduh dan pasang terlebih dahulu melalui Google Playstore. Jika sudah terpasang, buka aplikasi Google Meet. Kamu akan diminta untuk mendaftar (Sign Up ) menggunakan email. Gunakan alamat Gmail. Setelah mendaftar, kamu bisa langsung melakukan rapat daring berupa group chat maupun telekonferensi.

Berikut langkah-langkah untuk membuat ruang rapatmu sendiri:

1. Pada layar utama Google Meet, klik ikon (+) di bagian pojok kanan bawah dan pilih “New Video Call”

2. Selanjutnya, tambahkan partisipan rapat daring. Selainnalamat email, kamu busa mengundang dengan menambahkan nomor ponsel calon peserta rapat. Untuk calon peserta yang diundang melaui nomor ponsel, undangan telekonferensi akan dikirim melaui pesan singkat (SMS), jika menggunakan email, undangan akan dikirim melalui gmail.

3. Tunggu hingga semua orang yang diundang masuk ke dalam ruang rapat virtual yang kamu buat.

Langkah di atas biasanya akan dipakai untuk pemimpin rapat (mis: bos, tim leader, guru/dosen). Nah, lain lagi jika kamu adalah partisipan (misalnya: karyawan, mahasiwa atau pelajar) yang diundang oleh penyelenggara rapat daring.

Untuk bergabung dalam sebuah telekonferensi, kamu cukup klik tautan yang diberikan, baik lewat email ataupun pasan singkat. Setelah itu, kamu akan secara otomatis bergabung dalam video conference Google Meet.

Sebagai catatan: Orang yang tidak diundang ke dalam conference atau yang tidak memiliki akun G Suite, ketika ingin bergabung harus mendapatkan persetujuan dari partisipan yang telah bergabung. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyusup ke dalam rapat (seperti dalam kasus aplikasi Zoom) yang sedang diselenggarakan.

Tips Google Meets

Berikut ini tips yang bisa kamu pakai demi lancarnya kegiatan rapat daring yang kamu ikuti.

1. Koneksi jaringan lancar. Hal terpenting adalah memastikan koneksi internet yang kamu pakai lancar tanpa kendala. Sebab, Google Meet membutuhkan bandwith data yang lumayan besar. Agar saat melakukan telekonferensi video tidak putus-putus sebaiknya gubakan jaringan WiFi. Jika memang terdesak, kamu bisa menggunakan Google Meet dari ponsel yang menggunakan provider yang punyansinyak paling stabil.

2. Lakukan di tempat pribadi. Jika kebetulan di tempat umum, perhatikan lingkungan sekitar ketika akan memulai video call. Hindari memilih tempat yang ramai, cobalah untuk sedikit menjauh dari tempat bising. Jika memang sulit mencari tempat yang sepi, kamu bisa mengunakan headset agar tetap mendengar lawan bicara dalam Google Meet.

2. Melakukan panggilan grup. Tidak cuma berdua, Google Meet juga bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu video conference. Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100 ribu penonton dengan satu domain saja. Jangan khawatir, Google Meet bisa otomatis menghasilkan kode agar orang dapat melakukan panggilan melalui komputer, ponsel atau dari perangkat apapun yang tersambung dengan koneksi internet.

3. Aktikan fitur teks. Meski layanan Google Meet ini adalah video conference, kamu juga bisa mengetik pesan saat conference call sedang berlangsung. Setidaknya bisa membantu peserta berada di lokasi bersinyal buruk atau tempat ramai. Fitur teks otomatis juga berfungsi untuk menampilkan teks secara real-time layaknya subtitel film. Tombol untuk mengaktifkan teks atau menonaktifkan teks berada di bagian bawah jendela aplikasi.

4. Tampilkan presentasi secara realtime. Berbeda dengan aplikasi video conference lainnya, Google Hangouts Meet bisa menampilkan presentasi secara langsung saat sedang melakukan video conference. Caranya, lihat di pojok kanan bawah pada layar Google Hangouts Meet, pilih “Presentasikan sekarang”. Kamu memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, presentasikan satu jendela saja.

Tetap di rumah, tetap aman, tetap bekerja dan belajar meski rebahan DiRumahAja

Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter