10 Fitur Baru Android 11 Berdasarkan Rilis Developer Preview 4 - KnoAcc!

Ads 720 x 90

10 Fitur Baru Android 11 Berdasarkan Rilis Developer Preview 4

KnoAcc.Org - Minggu kemarin, Google secara mengejutkan mengumumkan bahwa mereka menunda perilisan Android 11 Beta dan mereka malah merilis Android 11 Developer Preview 4 sebagai gantinya.

Inilah daftar fitur baru di Android 11 rilisan Developer Preview 4

Jika kamu mempunyai ponsel Google Pixel, Android 11 DP4 ini bisa kamu cicipi dengan mengunduh dari tautan ini kemudian memasangnya di ponsel kamu. Nah, buat kamu yang tidak punya dan penasaran apa saja fitur baru yang tersedia di update kali ini, berikut adalah detail lengkapnya:

1. Select button di menu recent apps

Tambahan menu pilih di recent apps. (image: XDA-Developer)

Jika sebelumnya kamu pernah mendengar bahwa Google menambahkan opsi tombol “screenshot” dan “share” di menu recent apps. Maka di Android 11 Developer Preview 4, mereka menambahkan sebuah tombol baru yakni “Select”.

Dengan menekan tombol tersebut, kamu dapat menandai semua teks dan gambar yang dapat dipilih.

2. Mode Picture-in-picture kini bisa diatur ukurannya

Luas tampilan PIP bisa diatur. (image: XDA-Developer)

Jika kamu adalah pengguna yang sering memanfaatkan fitur Picture-in-picture (PIP) di versi Android 9 dan Android 10, maka di Android 11 Developer Preview 4 kamu bisa mengubah ukuran jendela dari fitur tersebut.

Catatan: Fitur jendela PIP resizable ini sebenarnya sudah bisa dinikmati di beberapa player video semisal VLC Multimedia Player atau MX Player Pro.

3. Bentuk ikon baru (Hexagon dan Bunga)

Ada bentuk ikon baru selain teardrop yakni berupa hexagon dan kelopak bunga. (image: XDA-Developer)

Bukan cuma fitur baru yang ditanamkan oleh Google di Android 11 Developer Preview 4. Mereka juga menambahkan beberapa bentuk ikon baru untuk mempercantik tampilan pada layar ponsel kamu dan ada dua bentuk ikon baru yang bisa kamu pilih yakni hexagon dan kelopak bunga.

4. Quick Settings kini punya akses ke Wireless Debugging

Wireles debugging ditambahkan di panel Quick Setting. (image: XDA-Developer)

Jika sebelumnya kamu harus mengatur wireless debugging melalu panel settings, kini kamu bisa lebih cepat mengakses opsi tersebut dengan mengaksesnya langsung dari quick settings.

5. Aplikasi di Baris Saran kini bisa di hapus

Baris saran yang mengganggu kini bisa dihapus. (image: XDA-Developer)

Siapa diantar kamu disini yang merasa terganggu dengan barisan saran aplikasi yang di app drawer? Jika ada, kamu bisa mulai menghapusnya di Android 11 nanti!

6. Hybrid Hotseat: Menggantikan aplikasi yang hilang di dock

Otomatis mengganti ikon aplikasi yang hilang di dock launcher. (image: XDA-Developer)

Masih ada hubungannya dengan baris saran di app drawer. Jika nantinya aplikasi yang ada di dock kamu terhapus, maka aplikasi yang ada di baris saran (pada app drawee) akan menggantikannya secara otomatis

7. UI Kontrol Menu baru

Pembaruan tampilan kontrol UI. (image: XDA-Developer)

Perubahan tampilan bukan hanya hadir untuk ikon aplikasi di Android 11 saja, UI kontrol pun mendapatkan penyegaran tampilan loh!

8. Hadirnya menu “Schedules”

Ada menu penjadwalan untuk berbagai pengaturan. (image: XDA-Developer)

Mungkin inilah yang kalian tunggu, yakni menu schedule di Android 11. Menu ini nantinya akan mengatur seluruh pengaturan yang ada di menu settings seperti Do Not Disturb mode, Night Light, dark mode, dan lain-lain.

9. Battery Share kini jadi Reverse Charging

Mengganti nama pilihan Battery Share menjadi Reverse Charging.(image: XDA-Developer)

Tidak ada hal baru di sini, cuma perubahan nama dari battery share ke reverse charging. Fitur dan fungsinya tetap sama.

10. Ada Menu Tutorial di Pixel Launcher

Tutorial (image: XDA-Developer)

Selain schedule, Android 11 Developer Preview 4 memberikan semcam penambahan tutorial untuk Pixel launcher (khususnya bagian gesture). Jujur saja, ketika pertama kali menggunakan Android 10 dengan sistem gesture yang baru, saya sedikit mengalami kesulitan dan butuh waktu untuk dapat beradaptasi dengan baik.

Nah, itulah dia daftar hal baru apa saja yang ada di Android 11 Developer Preview 4. Kalau menurutmu, fitur Android 11 Developer Preview 4 mana yang paling menarik? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar

Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter