MIUI 12 Diumumkan Xiaomi, Ini Fitur-fitur Paling Gres MIUI - KnoAcc!

Ads 720 x 90

MIUI 12 Diumumkan Xiaomi, Ini Fitur-fitur Paling Gres MIUI

KnoAcc.Org - Xiaomi akhirnya mengumumkan MIUI 12 menjadi antarmuka paling gres dari dari Xiaomi untuk lini ponsel buatannya. MIUI 12 sekaligus merilis daftar ponsel mana saja yang pasti mendapat update kali ini.

MIUI 12 hadir dengan tambahan fitur baru atau perubahan dari sejumlah fitur MIUI 11. Perubahan pada MIUI 12 ini merupakan peningkatan dalam fitur fitur yang sebelumnya sudah ada pada MIUI 11. Seperti biasa, pabrikan ponsel dari China ini tampaknya tetap menitikberatkan pembaruan pada tampilan antarmuka agar semakin cantik dan menarik.

Resmi meluncur, ini fitur-fitur terbaru MIUI 12

Lantas apa saja fitur baru yang dihadirkan di MIUI 12 kali ini?

Animasi baru

Animasi di sini termasuk pergerakan dan transisi setiap ikon di MIUI 12. Bahkan hampir semua sistem animasi dirombak total di versi terbaru ini. Xiaomi pun berani mengklaim kehalusan transisi animasi ini sebamding dengan milik iOS.

Tak setengah-tanggung, mulai dari saat membuka aplikasi, rotasi layar, melihat status baterai, tampilan live wallpaper hingga ketika mengatur ulang ikon di homescreen pun mendapatkan pembaruan. Xiaomi tampaknya benar-bemar serius menggarap bagian ini demi menghadirkan nuansa yang benar-benar baru di MIUI 12.

Navigasi

Beranjak ke bagian Navigasi, MIUI 12 menjadi salah satu antarmuka yang mengadopsi navigasi gestur. Pada versi paling anyar ini, navigasi gestur akan bekerja dengan cara yang sama seperti halnya fitur gestur yang ada pada Android 10. Alasannya tentu karena MIUI 12 dikembangkan dengan Android 10 sebagai dasarnya.

Meski navigasi gestur ala Android 10 bukan hal yang baru, tetapi tetap menjadi hal baru bagi antarmuka MIUI mengingat MIUI 11 lebih banyak dikembangkan berdasarkan Android Pie.

UI yang lebih bersih

Setiap update MIUI, Xiaomi tampaknya berusaha memberikan tampilan yang lebih bersih pada UI versi terbarunya. Ini bisa dilihat pada apa yang terjadi di MIUI 12. Pada versi termutakhir, interface terlihat lebih bersih dengan jarak yang lebih lebar antar tulisan maupun antar gambar. Background juga pun dibuat lebih terang dari sebelum-sebelumnya.

Namun bagi yang tak terlalu suka dengan layar ponsel yang terang, Xiaomi juga masih mempertahankan Dark Mode sekaligus melakukan penyempurnaan menjadi Dark Mode 2.0 agar lebih baik.

Always On Display dan Live Wallpaper

Xiaomi sebelumnya sudah berjanji memberikan lebih banyak animasi di fitur Always on Display. Beberapa animasi yang ada terinspirasi dari planet Bumi, Mars dan Bulan. Jadi animasi ini muncul ketika pengguna membuka kunci layar, tampilan wallpaper itu akan makin membesar seperti mendekati planet yang dipilih. Ketika pengguna membuka sebuah folder aplikasi, tampilan planet pun akan terasa semakin dekat.

Fitur keamanan

MIUI 12 menghadirkan 3 fitur keamanan baru bernama Flare, Barbed Wire dan Mask System. Fungsi Flare adalah memantau izin dan informasi sensitif yang diakses aplikasi tertentu. Flare kemudian mengirimkan pemberitahuan ketika sebuah aplikasi menggunakan kamera, mikrofon atau lokasi GPS pengguna dengan warna yang berbeda sesuai dengan jenis izin yang diminta oleh aplikasi.

Sementara Barbed Wire bekerja khusus untuk memantau pemakaian izin yang diminta oleh aplikasi yang terpasang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menentukan sendiri batasan perizinan lokasi, mikrofon dan kamera dengan 3 pilihan; selalu izinkan, izinkan sekali saja dan tolak permintaan aplikasi.

Sedangkan fitur dari Mask System berfungsi mencegah aplikasi yang tidak terpercaya untuk mengakses informasi krusial pada ponsel seperti kontak, kalender, riwayat panggilan, dan bahkan IMEI. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat identitas palsu untuk menipu aplikasi tertentu yang mencoba mengakses informasi tanpa izin terlebih dahulu.

Multi window

Xiaomi membekali MIUI 12 dengan pilihan multitasking yang baru. Aplikasi pesan kini dapat dimunculkan dengan cara picture-in-picture ketika membuka aplikasi dengan layar penuh, seperti ketika bermain game atau ketika menonton video. Xiaomi bahkan menambahkan berbagai skenario bagaimana fitur ini akan bekerja; langsung dari panel notifikasi dan dapat mengubah ukuran jendela melayang itu.

AI Calling

Fitur AI Calling di MIUI 12 didesain untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran. Kata-kata yang diucapkan akan ditranskrip dalam bentuk teks. Pengguna pun bisa memilih respon yang diberikan ketimbang harus membalasnya secara lisan. Fungsi AI Calling MIUI 12 mirip dengan Screen Calling milik Google.

Fitur Fitness

Gyroscope di Xiaomi nantinya tak sebatas dapat digunakan untuk merekam langkah kaki saja, tetapi juga dapat membedakan aktivitas tertentu apakah sedang berlari, berjalan, bersepeda atau menaiki anak tangga. Xiaomi mengklaim kalau akurasi fitur ini mencapai 96% seperti tingkat akurasi Apple Watch.

Sleep Tracker

Kebanyakan fitur sleep tracker hanya tersedia pada perangkat wearable semacarm smartband atau smartwatch. Berbeda dengan MIUI 12, pengguna akan mendapatkan keuntungan fitur pelacak tidur ini. Nantinya, fitur ini akan memantau pergerakan pengguna ketika tertidur untuk menentukan kualitas tidurnya. Tidak hanya itu, fitur itu sendiri juga akan merekam waktu-waktu dimana penggunanya bermimpi atau mendengkur selama tidur.

Nah, dengan deretan fitur diatas, sepertinya memang sesuai dengan rumor yang sudah lama beredar. Xiaomi lebih banyak menggarap sisi tampilan dari MIUI termasuk didalamnya dengan menambahkan beberapa animasi yang makin halus. Tapi bukan hanya itu, fitur lain mulai dari efek transisi, navigasi hingga fitur keamanan untuk penggunanya juga tetap mendapat perhatian.

Jon Moekidi
Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter