Lightroom Mobile Premium

Adobe Lightroom CC Premium MOD

Aplikasi Lightroom CC Premium Mod terbaru 2019. Semua fiturbtelah terbuka, tidak perlu membayar biaya langganan (subscriber).
Update game PUBG Mobile

Berita terbaru dan terupdate PUBG Mobile

Android 10 Custom ROM

Android 10 resmi dirilis Google.
Beberapa developer sudah mempublish Custom ROM berdasarkan Android 10.

Magisk Systemles Interface

Sebuah cara baru untuk melakukan root ponsel android tanpa harus kehilangan fitur perbankan.

Install Armbian Linux pada STB Indihome (HG680P) Menjadi Mini Komputer (SBC)

KnoAcc.Org — Sebelumnya, sempat terpikir untuk meminang Single Board Computer (SBC) yang murah, sepertinya enak bermain-main di komputer desktop tetapi dimensinya super kecil. Waktu lagi awal-awal booming dulu, di forum-forum, Raspberry Pi begitu menghoda. Rasanya akan terasa wah jika bisa menggunakan Raspberry. Sayangnya, sampai hari ini, masih belum tahu sepeti apa rasa Raspbery. Sementara SBC yang mungkin layak dicoba sebagai pengganti (karena harganya relatif murah) yaitu Orange Pi. Namun selain tutorial dan forum Orange Pi di Indonesia masih jarang, niatan untuk memiliki SBC masih maju-mundur cantik.

Hingga akhirnya muncul Set Top Box (STB) Indihome yang di-unlock dan bisa di pasang berbagai OS untuk mengganti OS Android propietary Telkom. Umumnya, OS Android dalam STB digantikan dengan OpenWRT untuk keperluan manajemen user dan bandwith di usaha RT/RW net. Kemudian muncul juga OS Linux Armbian yang makin populer belakangan. Sebagian besar untuk menjadikannya sebagai server Hotspot dengan Mikhmon didalamnya.

Instal Armbian di STB HG680P

Jika kamu pemakai OS Jendela veteran, mungkin akan merasa gamang jika mendengar kata Linux. Jangan kuatir, sebenarnya, tampilan beberapa distro Linux tak jauh beda dengan OS Jendela. Sulit memang menghilangkan prasangka bahwa memakai distro Linux itu sulit.

Balik lagi, STB HG680p bisa dijadikan layaknya SBC versi murah meriah dengan memasang Armbian. Dengan memasang Armbian S905x pada STB Indihome, bisa membuatmu lebih familiar dengan distro Linux dengan cara yang lebih hemat.

Bagaimana cara instal Armbian di STB HG680p? Hingga saat ini, sebenarnya sudah banyak tutorial yang dibagikan di internet. Tulisan ini lebih ditujukan sebagai catatan saja walaupun demikian bisa kamu jadikan referensi alternatif tutorial yang telah kamu baca sebelumnya.

Persiapan

Berikut adalah hal-hal saya gunakan dan sebaiknya kamu persiapkan jika ingin mencobanya:

  1. STB HG680 P. Jika kamu tidak pernahk langganan Indihome, kamu bisa beli di marketplace dengan kisaran harha 160 ribu-an hingga 200 ribu-an.
  2. Monitor. Sebaiknya yang punya port HDMI. Bisa juga menggunakan TV LED, yang penting ada port HDMI
  3. Keyboard dan Mouse tentu saja.
  4. Komputer (Desktop PC) atau laptop. Tak punya? Pinjam.
  5. Micro SD alias sdcard. Usahakan class 10. Dan jangan lupa adapternya
  6. Cardreader jika memakai Komputer.
  7. Koneksi Internet
  8. System Image Armbian. Misalnya saja Ubuntu Bionic Desktop. Pilih salah satu dari sini: Armbian Amlogic S905x.
  9. Alat untuk melakukan flashing (instal) Armbian ke microsd, bisa memakai etcher

Langkah-Langkahnya:

  • Gunakan laptop/komputer yang terhubung dengan internet untuk mengunduh Armbian yang diinginkan dan tool etcher.
  • Dalam hal tutorial ini coba unduh Armbian 5.91 Aml s905 Ubuntu Bionic Desktop. Sebaiknya jangan gunakan yang versi server agar ada tampilan layaknya layar desktop OS Jendela, kalau pakai Armbian server, nanti malah bingung.
  • Pasang tool etcher yang sudah diunduh, dan lakukan flashing Armbian ke microsd yang sudah dipersiapkan. Ingat, pindahkan semua file yangbada didalam microsd sebelum flashing.

Proses Flash Armbian ke Mikrosd Dengan Etcher

Tunggu hingga proses Validating Flash di Etcher benar-benar selesai.

  • Setelah proses validasi selesai, nyalakan STB seperti biasa jika sudah di-unlock. Kalau belum silahkan unlock dengan Pulpstone Android. Pasang aplikasi Terminal Emulator dari APKpure setelah STB menyala.

Instal Terminal Emulator di STB Lewat APKPure

  • Masukkan microsd yang sebelumnya sudah di-flash Armbian ke slot microsd di STB Indihome.
  • Buka aplikasi Terminal Emulator dan ketik reboot update agar STB melakukan upgrade partisi system dengan file yang ada di microsd.

Ketik reboot update di Terminal Emulator

  • STB akan booting ke armbian, kemudian ikuti terus langkah-langkah seperti memasukkan user dan password root.

Login : root, Password : 1234

Tahap instalasi selesai.

Boot STB ke Desktop Armbian

Agar bisa masuk ke tampilan desktop

cara instal armbian s905x di stb hg680p
Tampilan layar upgrade

Selamat kalau sudah tampil desktop enviromentnya. Armbian yang terpasang pada STB Indihome bisa kamu pakai untuk belajar mengetik, browsing atau menikmati hiburan layaknya mini komputer. Tentu dengan memasang paket-paket pemutar multimedia semisal [VLC Media Player](https://www.catetan.pw/linux/how-to-install-vlc-media-player-on-centos-8/).

Selamat menikmati SBC murah meriah.

Load more