What?

Cara Mudah Meningkatkan Grafik dan Performa Game PUBG Mobile

KnoAcc.Org — Pemain game PUBG mobile memang tidak banyak mengeluhkan performa game dalam permainan jika dibandingkan dengan yang bermain game PUBG di PC. Namun, lain cerita jika ponsel yang kamu punya adalah ponsel 'kentang' alias ponsel Android kelas rendah.

Lobby game PUBG Mobile

Game PUBG mobile memang bisa berjalan dengan lancar di sebagian besar ponsel android kelas menagah, meskipun dengan pembatasan FPS agar bisa berjalan tanpa kendala. Sebab jika dipaksa memakai FPS tinggi akan mengalami frame drop atau biasa dikenal dengan istilah nge-frame. Yakni kondisi ketika game terasa seperti tersendat atau patah-patah.

Tencent games, sebagai pengembang memang menyadari hal ini sehingga meluncurkan versi ringan yakni "PUBG mobile Lite" untuk menjembatani keinginan pemilik ponsel kelas rakyat jelata untuk ikut menikmati performa permainan yang bagus. Versi ini meningkatkan performa PUBG mobile dibandingkan dengan versi reguler. Sayangnya, versi ini tak begitu populer dikalangan penikmat game. Belum lagi waktu rilis update-nya yang bisa berbulan-bulan.

Jika kamu punya ponsel android murah dan masih ingin memakai PUBG Mobile reguler, kamu bisa memakai sebuah aplikasi bernama PUB GFX+ yang bisa mewujudkan keinginan kamu untuk menikmati game PUBG Mobile tanpa lagi pada ponsel kentang milikmu...

Saya akan membahas tentang bagaimana memanfaatkan PUB GFX+ tool untuk meningkatkan performa permainan dan juga kualitas grafis PUBG Mobile.

Meningkatkan performa PUBG Mobile pakai PUBG GFX+ tool

PUB Gfx+ adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh anggota senior forum XDA; Abhinandan Trilokia. Aplikasi yang bisa dipakai secara gratis ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan kualitas grafis PUBG Mobile pada ponsel Android. Meskipun ponsel kamu sebenarnya mampu untuk mengolah grafis tinggi, nyatanya pengaturan ini tidak disediakan oleh developer pada pengaturan game. PUB GFX+ akan membuka beberapa settingan grafis yang terkunci. PUB GFX+ akan membuka beberapa settingan grafis penting yang terkunci tersebut.

Pengaturan dalam aplikasi

Fitur PUB GFX+

Fungsi utamanya memang untuk meningkatkan PUBG mobile performance. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur keren yang membuat kamu mampu merubah file konfigurasi dalam game. Kamu bisa merubah beberapa settingan berikut untuk (setidaknya) meningkatkan kualitas grafis dan performa permainan PUBG mobile kamu:

  • Merubah resolusi hingga 1080p
  • Membuka pilihan grafis HDR yang tidak muncul
  • Merubah pengaturan pilihan gaya grafis, yang sebenarnya tidak terkunci, tetapi lebih mudah jika mengatur dari aplikasi ini.
  • Memanipulasi kualitas bayangan dan resolusi bayangan dalam game.
  • Membuka pembatasan FPS untuk semua device hingga 60 fps
  • Mengaktifkan atau mematikan fitur Anti Aliasing
  • Memilih tingkat AF (Anistropic Filtering)

Pilihan-pilihan pengaturan di atas bisa membantumu untu mendapatkan performa terbaik atau kualitas grafis terbaik pada ponsel android kamu. Tentu untuk mendapatkan settingan terbaik, kamu mesti bereksperimen beberapa kali. Rekomendasi saya, sebaiknya kamu memilih satu diantara 2 opsi, yakni; antara kualitas grafis tinggi atau peningkatan performa game. Jika kamu memilih untuk memaksimalkan keduanya, saya kuatir ponsel kamu akan meledak. 😋 Jadi pilih dengan bijak.

Pengaturan Grafis Smooth dan FPS Ultra

Atur tingkat graphics rendering untuk meningkatkan kualitas grafis dengan mengaktifkan atau mematikan efek pencahayaan dalam game. Aku juga bisa mengatur pilihan untuk mem-boosting performa hardware dengan pilihan yang ada. Aktifkan dukungan untuk VULKAN dan OPENGL 3.1+, Dan juga pengoptimalan gaming shaders.

Jika kamu mempertanyakan kebijakan pengembang (Tencent games) yang tidak menyertakan pengaturan semacam ini dalam game sedangkan aplikasi pihak ketiga mampu melakukannya, jawabnya jelas. Pengembang game tidak tahu jenis ponsel macam apa yang akan kamu pakai, seperti apa sepsifikasi ponsel kamu, aplikasi apa saja yang kamu pasang dan berjalan di latar belakang. Karena semua itu mempengaruhi performa game. Contohnya aplikasi sosial media semacam Facebook sudah terkenal paling memakan sumberdaya ponsel, baik itu baterai maupun RAM dan ROM. Belum lagi aplikasi Google yang terpasang secara default dan tidak mau dihentikan. Selain demi kelancaran permainan itu sendiri, ini juga demi pengalaman bermain yang lebih familiar untuk gamer yang tidak mau ribet soal hal-hal detil semacam itu.

Bagaimana cara kerja GFX+? Apakah aman dipakai?

Ini sebenarnya aplikasi untuk memodifikasi file config (konfigurasi) game dalam ponsel kamu dengan cara yang simpel. Bandingkan dengan ketika kamu merubah/edit file config ini secara manual. Nah, biasanya pengembang game tidak mau kamu merubah-rubah file tertentu dalam game. Kecuali jika kamu tahu apa yang kamu lakukan dan tidak mengganggu dan merusak pengalaman bermain pemain lain. Satu-satunya penyebab kamu kena banned dalam game adalah ketika kamu memodifikasi file-file ini untuk nge-cheat. Sebut saja mod/hack semacam wall hack, sprint hack, bullet hack dan sebagainya. Yang semua perilaku curang itu membuat jengkel pemain lain.

Bagaimana dengan PUBG GFX+? Aplikasi kecil ini hanya merubah konfigurasi yang terkait dengan kualitas grafis dan performa game saja. Jadi secara teori aman untuk dipakai karena tidak mengganggu dan merusak permainan. Belum ada laporan pemakai aplikasi yang terbaru dan versi-versi sebelumnya kena banned. Namun, tetap saja kamu bertanggung jawab penuh jika akun kamu kena banned Tencent games ketika memakai aplikasi pihak ketiga.

Dimana bisa download APK PUB GFX+ tool?

Ada dua versi yang bisa kamu dapatkan dari playstore, PUB GFX tool and PUB GFX+ tool. Yang pertama (tanpa plus) adalah aplikasi gratis dengan fitur modifikasi terbatas yang sebenarnya sudah cukup untuk dipakai meningkatkan performa atau kualitas grafis pada beberapa tipe ponsel secara umum. Sedangkan PUB GFX+ tool menyediakan semua fitur modifikasi penting yang sudah disebutkan sebelumnya. Tentu saja yang terakhir tidak gratis alias harus membayar sekitar USD 1.5. Kamu juga bisa mendapatkan paid version ini secara gratis jika kamu juga menjadi anggota XDA labs. Ssttt, jika kamu bukan anggota XDA labs, kamu masih bisa mendapatkan PUB GFX+ versi berbayar secara gratis di sini.

Kesimpulan

Jika ponsel kamu sejenis ponsel kentang dan kesulitan untuk dapat memainkan game ini dengan smooth, kamu bisa memainkan versi LITE atau gunakan aplikasi ini untuk meningkatkan kualitas permainan game PUBG mobile secara keseluruhan. Tak ada yang menyangkal bahwa PlayerUnknown’s Battleground layak untuk digandrungi para gamer, Kenapa? Karena (versi mobile) game PUBG ini bisa kita mainkan secara GRATIS meskipun game ini adalah sebuah mahakarya (lebay) 😅

What?

You Might Also Like:

Disqus Comments