What?

Google Camera Akan Mendukung Pemotretan Wide-Color, Sebagus Apa?

KnoAcc.Org — Kamera ponsel pintar semakin kesini semakin baik dan lebih baik, tiap tahun selalu berkembang menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Dan sepertinya Android masih memimpin dalam hal kualitas jepretan dari ponsel harian yang kita punya, yang kita pakai sehari-hari. Sayangnya, semua kamera ponsel pintar berbasis Android ini punya satu kekurangan pada satu sisi yang penting, yakni rentang warna gambar hasil jepretan.

Meskipun sebagian ada yang mendebatkan tentang apakah kamera yang tersemat pada ponsel-ponsel flagship lebih mampu menangkap foto-foto dengan hasil lebih memuaskan secara visual daripada jepretan kamera ponsel iPhone keluaran mutakhir, iPhone tetaplah punya keunggulan dalam hal kemampuan untuk menangkap rentang warna yang lebih lebar dibanding kamera ponsel Android manapun. Tapi tampaknya kondisi itu bisa dirubah oleh ponsel keluaran terbaru Google; Google Pixel 4.

sRGB gamut vs. P3 wide-color gamut. via XDA Developers

iPhones menangkap gambar dalam gamut P3, dimana rentang warnanya lebih lebar 25% dibanding ruang warna sRGB yang dipakai dalam ponsel-ponsel Android. Apple, sudah mendukung ini sejak dirilisnya iPhone 7 sekitar tahun 2016 lalu, dan Google baru saja mengumumkan akan mendukungnya dalam tiga tahun kedepan. Saat ini, ketika melihat foto hasil kamera iPhone (iPhone 7 keatas) dari ponsel Android, jika kamera iPhone menangkap warna diluar rentang sRGB, layar ponsel Android tidak mampu menampilkan warna yang lebih samar itu dengan baik, alih-alih menampilkan warna itu kedalam rentang warna yang lebih dekat dalam ruang warna sRGB. Sebenarnya hal ini diakibatkan oleh kekurangan Android dalam pengelolaan warna oleh aplikasi penampil gambar, namun adalah masalah ini juga dibarengi dengan kekurangan (yang lebih menentukan) dalam hal lebar rentang warna yang mampu diolah mengingat pengolahan warna juga dibutuhkan agar bisa menampilkan foto dengan rentang warna yang lebar.

Untuk saat ini, ada rentang warna yang tidak dimanfaatkan dengan baik dalam ekosistem Android dimana itu dipakai oleh kompetitor utamanya, Apple, sudah mengadopsinya kedalam platform mereka, yang sudah berjalan hampir 3 tahun.

Dan baru bulan lalu Google mengumumkan bahwa foto dengan rentang warna yang lebih lebar akan didukung di Android, namun tidak memberikan waktu yang pasti kapan akan diimplementasikan. Tetapi, tahun lalu kita sudah melihat contoh foto dari hasil foto Pixel 3 terdapat profil warna untuk tampilan P3 di dalamnya, yang mana punya gamut wide-colors (warna-lebar) seperti yang dipakai oleh device Apple untuk menangkap sebuah gambar. Ini bisa jadi harapan bahwa Pixel 3 akan mendukung pengambilan gambar dengan warna-lebar, namun Google sepertinya menarik kembali fitur ini saat dirilis dan malah tetap menggunakan gamut warna sRGB yang sudah kuno untuk mengambil gambar.

Sebenarnya bukan karena masalah sensor yang tidak mendukung, hampir semua sensor kamera untuk ponsel mampu menangkap warna diluar rentang gamut warna sRBG. Melainkan hanya butuh kondisi atau ekosistem (dalam hal ini OS Android) dimana aplikasi mampu untuk mengolahnya. (Sedikit off-topic, Google sebenarnya mampu, namun malah mempersulitnya).

Sebelumnya, dalam sebuah review tentang layar Pixel 3 di situs XDA Develoers ¹, berspekulasi bahwa kemungkinan besar Google Pixel 4 yang segera rilis akan mendukung penangkapan foto warna-lebar, dan sekarang sepertinya sudah hampir terbukti bahwa Google memang sedang mengusahakan untuk mendukung fitur ini.

Baru-baru ini, angota senior XDA cstark27 menemukan baris kode dalam aplikasi Google Camera yang memungkinkan untuk pengambilan gambar untuk warna gamut-lebar P3 dan meng-kompile-kan satu versi G-Cam yang punya kemampuan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Gambar yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan, mampu menangkap warna diluar rentang warna sRBG, dan mampu menampilkan profil warna Display P3 yang pernah terlihat pada bocoran foto hasil kamera Pixel 3 tahun lalu. Berikut ini adalah perulangan cepat yang mebandingkan antara jepretan dalam sRGB dan jepretan dalam gamut P3 yang baru:

*GIF working space is sRGB, with the sRGB image converted to P3 and assigned back into sRGB to showcase the color difference on non-wide-color displays. Link to stills with proper profiles (must view on monitor with wide-color gamut support on properly color-managed application)

Perbedaannya cukup mendasar dalam perbandingan di atas, tetapi foto bunga yang diambil dengan P3 terlihat lebih terlihat nyata dengan warna kontras yang tinggi diantara putik-putik dan bayangannya. Perbedaan akan lebih terlihat dalam foto yang lebih kaya warna. Langkah selanya adalah bagaimana Android mengadopsi dukungan prolific untuk menampilkan gambar-gambarbdengan rentang warna yang lebih lebar ini dalam pengelola warnanya.

Aplikasi galeri milik Samsung adalah satu-satunya yang relevan dalam pengelolaan foto-foto ini; tak ada sarupu aplikasi sosial media di Android yang mampu menampilkan foto warna-lebar dengan baik yang dibagikan oleh pengguna dari device Apple. Google Photo juga diatur untuk menggunakan pengelolaan warna, mempunyai dukungan untuk ini dalam beberapa tahun terkhir, namun selama ini Google merilis dan menariknya kembali kepada pengguna secara acak.

Dengan trmuan cstark27’s dan and pengumuman dari Google mengenai wide color photography, kita bisa menduga bahwa Google akhirnya mulai mebinfkatkan dukungan untuk warna-lebar dan kemungkinan akan mengumumkan secara luas nanti ketika merilis kamera baru Google Pixel 4 yang radical tahun ini..

What?

You Might Also Like:

Disqus Comments