Lightroom Mobile Premium

Adobe Lightroom CC Premium MOD

Aplikasi Lightroom CC Premium Mod terbaru 2019. Semua fiturbtelah terbuka, tidak perlu membayar biaya langganan (subscriber).
Update game PUBG Mobile

Berita terbaru dan terupdate PUBG Mobile

Android 10 Custom ROM

Android 10 resmi dirilis Google.
Beberapa developer sudah mempublish Custom ROM berdasarkan Android 10.

Magisk Systemles Interface

Sebuah cara baru untuk melakukan root ponsel android tanpa harus kehilangan fitur perbankan.

11 Penyunting Video Gratis Populer Terbaik dan Open Source 2019

KnoAcc.Org — Saya pernah membahas daftar Video Editor terbaik, tetapi baru untuk platform Android dan distro Linux saja. Dalam daftar yang tersebut terakhir terdapat juga beberapa software propietary. Sehingga sepertinya diperlukan untuk membuat daftar yang secara khusus membahas penyunting video yang kode sumber-nya terbuka untuk umum (open source) namun dengan menambahkan juga pernati lunak untuk platform selain Linux. Jadi topik kali ini adalah daftar editor video gratisan yang juga pasti berguna untuk kalian yang bukan pengguna Linux.

Editor Video Populer Terbaik yang Gratis dan Open Source

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa daftar ini tidak saya urutkan berdasarkan kriteria tertentu. Entah dari yang terbaik-terburuk maupun sebaliknya. Saya juga tidak akan memberikan cara instalasi penyunting video di dalam artikel ini karena memang hanya berupa daftar saja. Kalian bisa mencari informasi lanjutan di situs resmi masing-masing program ini melalui tautan yang akan saya sertakan.

Simak beberapa penyunting video berikut:

1. Kdenlive

Fitur unggulan:

- Multi-track Video Editing
- Mendukung semua format audio/video dengan bantuan FFmpeg libraries.
- Pembuat judul 2D
- Antarmuka dan shortcut yang bisa disesuaikan.
- Proxy editing untuk membuat proses lebih cepat.
- Pencadangan otomatis.
- Pratayang garis-waktu
- Efek-efek keyframeable
- Audiometer, Histogram, Waveform, dll.

Tersedia dalam platform: Linux, macOS and Windows.

Kdenlive adalah video editor bersumber terbuka (dan gratis pastinya) yang mendukung semua platform, baik itu Windows, Mac OSX, maupun distro-distro Linux.

Jika memakai Mac, kamu mesti meng-compile secara manual kemudian memasangnya. Namun, untuk yang memakai Windows, proses pemasangan lebih mudah. Cukup menjalankan file EXE yang diunduh, Kdenlive langsung terpasang.

2. LiVES

Fitur unggulan:

- Frame and sample accurate editing
- Edit video secara real-time
- Dapat dikendaliak menggunakan MIDI, keyboard, Joystick.
- Multi-track support.
- VJ keyboard control ketika dimainkan.
- Plugins supported

Kompatibel denhan berbagai efek ruang kerja, projectM, LADSPA audio, dan lainnya.

Platform tersedia untuk: Linux dan macOS. Untuk Windows juga agan segera tersedia.

LiVES adalah penyunting video FOSS yang menarik. Kamu bisa melihat kode sumber-nya di GitHub. Untuk saat ini l. Untuk saat ini baru tersedia untuk Linux distro dan macOS, sedangkan untuk platform Windows masih dalam tahap pengembangan dan akan muncul dalam waktu dekat. Semoga saja bisa dirilis di akhir 2019.

3. OpenShot

Fitur unggulan:

- Mendukung hampir semua format video.
- Ruang kerja animasi key-frame
- Dukungan multi-track.
- Integrasi desktop (dukungan drag and drop)
- Pratayang transisi video secara real timwith real-time.
- Judul animasi 3D dan efek
- Timeline yang canggih dengan dukungan drag/drop, penarikan, penggeseran, pembesaran, dan pelekatan.

Platform yang tersedia: Linux, macOS juga Windows.

OpenShot adalah video editor populer dan kode sumbernya tersedia untuk publik. Tak seperti lainnya, OpenShot menawarkan installer DMG untuk Mac OSX. Jadi, kamu tidak perlu untuk meng-compilesendiri untuk memasangnya.

Jika kamu termasuk penggemar open source dan punya Mac sendiri, OpenShot bisa jadi pilihan yang sangat pas.

4. VidCutter

Fitur Utama:

- Keyframes viewer
- Pemotong, pembagi, dan menambahkan klip lain.
- Dukungan untuk format video/audio yang umum dipakai.

Platform tersedia: Linux, macOS dan Windows.

VidCutter ialah penyunting video sumber terbuka untuk pemakaian dasar. Ini memang tidak banyak menawarkan fitur-fitur terlalu banyak, namun tetap punya kemampuan untuk menangani pekerjaan umum semisal penggabungan dan pemotongan video It’s under active development as well. Tentunya masih tetap dikembangkan secara aktif.

Untuk Linux, penyunting video ini juga tersedia di Flathub. Sedangkan untuk Windows dan Mac OS kamu sudah bisa memasangnya dengan paket installer di rilis terbaru dalam format DMG dan EXE.

5. Shotcut

Fitur unggulan:

- Mendukung hampir semua format audio/video umum dengan bantuan FFmpeg libraries.
- Panel dockable/undockable yang banyak.
- Intuitive UI
- Sinkronasi JACK transport
- Dukungan stereo, mono, and 5.1 surround audio.
- Waveform, Histogram, dll.
- Mudah digunakan jika ingin memakai monitor ganda.
- Versi portable juga ada.

Platform: Linux, macOS dan Windows.

Shotcut juga termasuk salah satu software open source populer yang tersedia untuk semua platform. Antarmuka untuk penyuntingan video yang manis juga jadi daya tarik.

Yang patut dipertimbangkan dari sisi fitur adalah, program ini menyediakan hampir semua yang kamu butuhkan. Mulai dari perbaikan warna video hingga penyisipan transisi video. Disediakan juga versi portable untuk Windows, sebuah hal yang mengesankan.

6. Flowblade

Fitur unggulan:

- Kotrol lini waktu tingkat lanjut.
- Penyuntingan multi-track
- G’mic tool
- Semua audio/video format umum didukung dengan bantuan FFMpeg libraries

Platform tersedia: Linux, BSD, macOS dan Windows.

Jika kamu cuma butuh penyunting video open source untuk semua platform yang cukup denganmempunyai fungsi dasar aja, Flowblade menjadi salah satu yang saya rekomendasikan. Halaman open source mereka di Sourceforge mungkin seperti terlihat terabaikan, tetapi sebenarnya masih aktif dalam pengembangan.

7. Avidemux

Fitur kunci:

- Trim
- Cut
- Mendukung filter
- Mendukun major video format.

Platform: Linux, BSD, macOS and Windows.

Untuk kamu yang membutuhkan penyunting video dasar cross-platform yang bersumber terbuka, ini menjadi salah satu dari rekomendasi saya. Software ini hanya menawarkan kebutuhan dasar video editor seperti memotong video, menyimoannya, menambahkan beberapa filter dan beberapa kegunaan dasar lainnya. Halaman resmi mereka di Sourceforge mungkin seperti terabaikan, tetapi sebenarnya masih aktif dikembangkan.

8. Pitivi

Fitur kunci:

- Dukungan untuk semua format video dengan bantuan GStreamer Multimedia Framework
- Advanced timeline independent of frame rate
- Efek animasi dan transisi.
- Audio waveforms
- Pratayang pemotongan real-time

Platform: hanya Linux

Penyunting video open source lagi yang juga tersedia hanya untuk Linux saja. Punya UI yang ramah pengguna dan fitur yang ditawarkan pun bisa membantumu dalam melakukan penyuntingan tingkat lanjut.

Kamu bisa memasangnya memakai Flatpak atau mencari kode sumbernya di situs resmi mereka. Seharusnya Pitivi juga bisa ditemukan pada repo hampir semia distro.

9. Blender

Fitur penting:

- VFX
- Modeling tools
- Animation dan Rigging tools
- Draw in 2D or 3D

Platform: Linux, macOS and Windows.

Blender adalah sepaket software pembuatan 3D yang komplit. Dan yang mengejutkan adalah: semua fitur dan kemampuan yang handal itu bisa didapatkan secara gratis! Kode sumbernya bahkan tersedia untuk dipelajari oleh siapapun.

Yang pasti, Blender bukanlah pilihan untuk pengguna sembarangan. Namun demikian, software ini jelas merupakan satu diantara program opensource terbaik yang tersedia untum semua platform, baik itu Windows, Linux dan macOS. Kamu bisa juga mengunduh dan memasangnya dari Steam.

10. Cinelerra

Platform: Linux

Cinelerra juga penyunting video yang cukup populer di dinia open source. Program ini pun punya beberapa pencabangan(dengan kata lain: versi yang berbeda). Saya sendiri tak begitu yakin apakah ini adalah sesuatu yang bagus. Tetapi kamu bisa memilih fitur-fitur berbeda yang cocok untuk kebutuhanmu pada masing-masing versi tersebut.

Pencabangan yang saya maksud diantaranya: Cinelerra GG, CV, CVE, dan HV. Semua versi tersebut mempunyai basis pengguna sendiri-sendir berdasarkan preferensi pribadi. Kalau saya, lebih merekomendasikan untuk mencoba Cinelerra GG.

11. NATRON

Fitur andalan:

- VFX
- Powerful Tracker
- Keying tools untuk kebutuhan produksi
- Shadertoy dan alat G’mic
- Dukungan plugin OpenFX

Platforms: Linux, macOS dan Windows.

Jika kamu cenderung ke VFX dan gambar bergerak, NATRON adalah pilihan yang bagus sebagai alternatif Blender. Tentu saja, untuk mebandingkan fungsi keduanya (cocok atau tidak), kamu mesti mencobanya sendiri.

Kamu bisa mendapatkan EXE installer untuk windows dan DMG installer untuk Mac. Jadi cukup mudah untuk memasang NATRON. Silahkan kunjungi halaman GitHub mereka untuk mencari petunjuk lain.

Tambahan

Muncul satu proyek pembuatan video editor yang cukup menarik bernama Olive dan masih dalam tahap pengembangan. Karena masih baru dalam tahap pengembangan awal, tidak saya masulkan dalam daftar. Namun sepertinya proyek baru ini cukup menjanjikan. Tunggu saja.

Untuk Penyunting Video Profesional?

Jujur, saya bukanlah ahli editing video. Pengalaman saya baru terbatas pada penyuntingan video untuk YouTube, jadi saya masih butuh pandangan dari editor video yang sudah ahli dan berpengalaman. Alangkah baiknya jika saya bisa mendapatkan pendapat kamu yang sudah expert dibidang ini.

Kira-kira mana yang paling bagus untuk kebutuhan profesional? Apakah penyunting video opensource diatas cukup bagus untuk para ahli? Atau barangkali kamu punya penyunting video kesukaan kamu sendiri yang belum saya sebutkan?

Baiklah, setelah sekarang kamu mengetahui beberapa editor video open source paling populer yang sudah disebutkan di atas, kira-kira mana yang paling kamu ingin pakai? Silahkan bagikan juga pendapat kamu di kolom komentar.

Load more