What?

Cara Mudah Melihat Informasi Sensor Kamera yang Dipakai Ponsel Xiaomi

KnoAcc.Org – Hasil foto kamera yang akan didapatkan oleh pengguna perangkat seluler juga dipengaruhi oleh jenis sensor kamera yang dipakai. Tak terkecuali, termasuk perangkat-perangkat Xiaomi.

Xiaomi selama ini dikenal selalu menawarkan produk-produk dengan harga yang relatif terjangkau. Namun tetap mampu menawarkan spesifikasi perangkat yang sangat mumpuni jika disandingkan dengan produk vendor lain di kelas yang sama. Dengan strategi tersebut, Xiaomi pun berhasil menarik hati para pengguna seluler di Indonesia.

» Mobile fotografi: Mengambil Foto RAW dengan Camera Mi 6 Tanpa Root

Bahkan, spesifikasi yang digunakan bisa jadi melebihi spesifikasi ponsel lain dengan harga yang hampir setara. Salah satu komponen yang diandalkan mengalahkan ponsel dari produsen lain adalah sensor kamera ¹ yang disematkan.

Yang unik, Xiaomi diketahui memakai sensor kamera yang berbeda dalam satu tipe ponsel buatannya. Ada yang menggunakan sensor buatan Sony yang terkenal dengan kualitasnya, ada yang menggunakan sensor buatan Omnivision, dan ada juga sensor buatan Samsung. Terasa seperti adu untung ketika membeli ponsel buatannya.

Nah, inilah sebab munculnya satu pertanyaan yang sering diajukan pemakai ponsel Xiaomi: "Bagai mana cara mengecek sensor kamera yang digunakan di perangkat Xiaomi tersebut?"

Cek Sensor Kamera Xiaomi Menggunakan Device Info HW

Device Info HW adalah aplikasi untuk mendeteksi hardware maupun software. yang dikembangkan oleh Andrey Efremov dan tersedia secara cuma-cuma di Google Play Store. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis, informasi mengenai perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam perangkat seluler yang disajikan lebih mendetail dibanding CPU-Z. ²

Saat mencobanya, aplikasi ini mendukung pendeteksian perangkat keras semisal LCD, touchscreen, kamera, sensor-sensor, memori, flash, audio, NFC, charger, Wi-Fi, baterai dan beberapa lainnya. Bahkan aplikasi ini menyediakan fitur test untuk beberapa jenis perangkat keras sehingga dapat mengecek apakah komponen yang ada bekerja dengan baik atau tidak.

Fitur Device Info HW

Untuk menggunakannya untuk cek sensor kamera Xiaomi, pengguna hanya perlu memasang ke ponsel Xiaomi melalui Google Play Store ³. Setelah terinstal, secara otomatis aplikasi akan mendeteksi perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam ponsel Xiaomi ketika dijalankan.

Namun, sebelum itu pengguna akan diminta untuk memberikan hak akses tertentu seperti internet, Wi-Fi, dan kamera, agar aplikasi dapat mendeteksi komponen di ponsel tersebut dengan baik.

Setelah terbuka, pada bagian General, pengguna dapat mengetahui nomor seri kamera yang digunakan di perangkat Xiaomi. Jika seri kamera menggunakan keterangan OV, artinya kamera menggunakan sensor buatan Omnivision. Jika IMX, berarti memakai sensor buatan Sony. Sedangkan S5K, artinya sensor buatan Samsung yang dipakai. Jika ingin lebih detil, masuk ke bagian Camera untuk memperoleh informasi spesifik. Jika seri sensor tidak muncul, ketuk pada baris Hardware untuk informasi sensor yang didukung.

Informasi Kamera pada ponsel Xiaomi

Sangat mudah sekali bukan? Punya cara lain yang lebuh mudah untuk mengecek sensor kamera Xiaomi? Silahkan bagikan pengalaman kamu pada kolom komentar di bawah.

Catatan kaki
¹ - Lihat wikipedia: Sensor Kamera
² - Alternatif lainnya yang lebih populer yang setara adalah AIDA64. Buka dari ponsel tautan ini.
³ - Instal dengan membuka tautan ini dari ponsel.
- Pada beberapa device membutuhkan akses root. Terutama pada tipe ponsel baru atau Android Oreo keatas.

What?

You Might Also Like:

Disqus Comments