Cara Hapus Aplikasi Bawaan Gak Guna di Android Tanpa Root

Sebagai pengguna ponsel Android, kamu pasti pernah merasa bingung dengan jumlah aplikasi bawaan yang terpasang di dalam smartphone. Saking banyaknya aplikasi ini, ruang yang tersedia pada ponsel seringkali terpangkas untuk update aplikasi-aplikasi tak penting tersebut.

Soalnya aplikasi bawaan yang terpasang ini menginstal update terbaru di Google Play Store tanpa kamu ketahui. Padahal, aplikasi atau gim tersebut sangat jarang kamu gunakan, khususnya aplikasi bawaan atau bloatware.

Jika dulu vendor tidak mengizinkan pengguna meng-uninstall bloatware, kini kamu dapat melakukan hal tersebut dengan mudah dan tanpa melakukan rooting pada perangkat Android. Kini, kamu tidak perlu lagi repot mengaktifkan Super-User terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Uninstall Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Sudah penasaran bagaimana membuang aplikasi tak berguna bawaan vendor tanpa root? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Step hapus aplikasi bloatware

1. Sebelum memulai, silahkan mengunduh dan memasang aplikasi CCleaner via Google Play Store.

2. Buka aplikasi dan tap tombol menu (tiga garis di pojok kiri atas) aplikasi untuk munculkan pilihan, dan pilih App Manager.

3. Pilih tab System dan tap pada aplikasi bloatware yang ingin kamu hilangkan dari ponsel android kamu.

4. Klik tombol Uninstall untuk melanjutkan. Tunggu hingga proses un-install aplikasi bloatware selsesai. Prosesnya cukup cepat kok.

Ingat, menghapus aplikasi bawaan kemungkinan bisa menyebabkan beberapa masalah terhadap sistem Android. Jadi pertimbangkan baik-baik aplikasi mana saja yang benar-benar tidak berguna untuk kamu, dan hindari membuang aplikasi inti yang dibutuhkan Sistem Operasi Android.

Bagaimana, cara menghapus aplikasi bawaan/bloatware ini sangat mudah bukan?

Butuh CCleaner Versi Pro Terbaru? Cek di sini

Baca Juga

Android Bloatware Tips

Disqus Comments