Cara Supaya Bisa Melakukan Pembayaran Play Store Via PayPal Di Indonesia

Google Play Store terus meluncurkan versi terbarunya. Setiap versi terbarunya yang muncul, Google Play Store selalu menawarkan fitur terbarunya. Salah satu fitur yang sangat menarik bagi pengguna Google Play Store yaitu adanya dukungan pembayaran via PayPal.

Berita ini sempat membuat saya cukup antusias ketika itu. Ini adalah sebuah kabar baik bagi para pengguna yang tidak memiliki kartu kredit. Tentu dengan tersedianya pilihan pembayaran via PayPal dalam aplikasi Google Play Store, setiap pembelian aplikasi dapat dilakukan dengan mudah.

Indonesia Tidak Bisa Membayar dengan Paypal

Namun sayangnya, pada saat saya check pada akun Playstore masih belum ada pilihan Paypal dalam opsi pembayaran. Mungkin kamu juga bertanya-tanya kenapa, ternyata dukungan untuk pembayaran via PayPal ini hanya meliputi 12 negara. Dan ternyata Indonesia tidak termasuk dalam daftar yang didukung untuk memakai fitur dimaksud. Padahal fitur pembayaran via PayPal ini sangat membantu para pengguna.

Jadi, hanya pengguna dari negara yang telah didukung saja yang boleh melakukan pembelian aplikasi di Google Play Store dengan PayPal. Baik itu pembelian aplikasi, buku digital, game, musik atau aplikasi berbayar lain yang ada di Google Play Store. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian. Yang termasuk dalam 12 negara fitur ini diantaranya: Amerika Serikat, Austria, Belanda, Belgia, Finlandia, Jerman, Irlandia, Italia, Prancis, Spanyol, Inggris dan Kanada itu, fitur tersebut juga tidak mendukung untuk pembelian perangkat selain Google Play Store.

Penggunaan PayPal saat ini sedang populer di seluruh dunia. PayPal dianggap sebagai sarana pembelian aplikasi secara online di Play Store dengan cara mudah. Dengan adanya PayPal, baik bagi pengguna ataupun developer sangat terbantu. Dengan menggunakan PayPal, penjualan aplikasi di Play Store mengalami kenaikan yang sangat drastis. Adanya kemudahan pembelian aplikasi menggunakan PayPal ini sangat membantu para pengguna.

Secara resmi hanya 12 negara tersebut (yang termasuk sangat beruntung) di atas saja yang dapat menikmati layanan ini. Tetapi, bukan hanya mereka yang dapat menikmati fitur ini di Play Store. Kita yang berada di Indonesia juga bisa. Caranya sendiri cukup mudah yaitu cukup dengan masuk atau login ke akun PayPal untuk melakukan transaksi. Dengan menggunakan fitur pembayaran via PayPal ini, pengguna tidak harus membayar via kartu kredit ataupun dengan memotong pulsa seperti yang sering saya (dan kamu) lakukan.

Membayar Playstore dengan Paypal di Indonesia? Begini Triknya.

Seperti yang sudah saya katakan diawal, ketika itu, saya pasrah saja ketika mengetahui bahwa pengguna di Indonesia tidak bisa memakai akun Paypal untuk membayar pembelian aplikasi di Playstore.

Namun selang beberapa waktu, ada kawan saya (orang Indonesia, tinggal di Indonesia) yang mem-posting screenshoot akun Playstore-nya. Dan dalam tangkapan layar tersebut terlihat pilihan pembayaran memakai Paypal!

Seketika itu saya langsung mengutuk kebodohan saya sendiri. Bukankah selama ini saya juga sudah sering 'mencurangi Playstore'? Maksudnya ketika ada permainan yang sudah dirilis di negara lain namun tidak tersedia di Indonesia kita masih bisa mengunduhnya dengan memakai VPN bukan?

Nah bukankah cara ini (menggunakan VPN) saat akan membeli aplikasi dari Playstore juga bisa dicoba? Senyum tipis, logikanya sih bisa.

Cara dan Syarat Menambahkan Paypal sebagai Alat Pembayaran pada Playstore

Sebelum memulai ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar trik ini berhasil dengan baik. Yang paling utama adalah akun VPN, sebaiknya menakai akun vpn premium. Apakah bisa memakai VPN gratisan? Boleh boleh saja, tetapi pertimbangkan lagi soal keamanannya.

Jangan memakai VPN asal-asalan. Coba gunakan aplikasi VPN Zenmate, kamu bisa membaca trik dan cara mendapatkan akun premium 1 minggu secara gratis.

Langkah-langkahnya

Berikut Langkah-langkah agar pilihan Paypal muncul di pilihan pembayaran Playstore:

  1. Jika sudah punya akun VPN, segera hubungkan data dengan VPN dan atur agar lokasi virtual pada salah satu dari 12 negara yang sudah disebutkan.
  2. Buka Pengaturan Telepon dan arahkan pada pengaturan Aplikasi. Cari aplikasi Playstore dan hapus data-nya, kemudian pilih hentikan paksa.
  3. Buka lagi aplikasi Playstore. Sekarang tinggal melihat bagian Negara dan profil pada menu Akun. Pastikan agar sesuai dengan lokasi/negara yang sudah kamu atur pada VPN.
  4. Jika sudah selesai, buka menu Metode pembayaran dan pilih Paypal sebagai metode pembayaran baru. Masukkan semua detil akun Paypal kamu yang diminta oleh aplikasi Google Playstore.

Kini, meskipun kamu berada di Indonesia kamu sudah bisa memakai akun Paypal sebagai pengganti pulsa operator maupun kartu kredit ketika membayar tagihan dari toko aplikasi milik Google ini.

Ternyata trik untuk bisa menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran Playstore bisa memakai trik yang sama dengan trik untuk membuka blokir aplikasi yang hanya dirilis pada region tertentu. Tetapi ingat, tetap hati-hati menggunakan aplikasi VPN. Karena tidak semua VPN bisa melindungi data sensitif milik penggunanya.

Find out more here

Komentar dan Pendapat Sembunyikan

Disqus Comments