Ternyata 16 VPN Ini Membocorkan Data Penggunanya, Mana Saja?

Peningkatan kekhawatiran atas privasi data telah menyebabkan lebih banyak perusahaan berinvestasi dalam VPN dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, beberapa jaringan ini ternyata gagal untuk benar-benar melindungi data perusahaan dari sumber luar, sebagaimana disebutkan dalam laporan ternaru dari The Best VPN.

Dari 74 VPN yang dianalisis dalam laporan, 16 diantaranya mengalami kebocoran data. Kebocoran DNS, kebocoran WebRTC dan IP, dan kebocoran ekstensi Chrome merupakan yang paling umum, menurut laporan tersebut.

"Kebocoran VPN (VPN Leaks) karena berbagai alasan," kata laporan itu. "Masalah server DNS dan konflik WebRTC API dapat menyebabkan lokasi Anda sebenarnya terpapar jelas. Masalahnya adalah hal ini sering menyerang ketika Anda tidak mengharapkannya."

Setiap VPN yang dikaji dalam laporan itu menjalani proses deteksi kebocoran yang ekstensif, The Best VPN pun mencatat, di mana perusahaan membuat koneksi dengan server mereka dan menggunakan enam alat pihak ketiga yang berbeda untuk mengungkapkan alamat IP.

Mnurut laporan, berikut 16 VPN yang diketahui memiliki kebocoran data:

  1. Hoxx VPN (versi gratis & berbayar)
  2. Hola (versi gratis)
  3. VPN.ht (versi berbayar)
  4. SecureVPN (versi berbayar)
  5. DotVPN (versi gratis)
  6. Speedify (versi gratis)
  7. Betternet (versi gratis)
  8. Ivacy (versi gratis)
  9. Touch VPN (versi berbayar)
  10. Zenmate (versi gratis)
  11. Ace VPN (versi berbayar)
  12. AzireVPN (versi berbayar)
  13. BTGuard (versi berbayar)
  14. Ra4w VPN (versi berbayar)
  15. VPN Gate (versi gratis)

Mencari untuk mengganti VPN Anda? Laporan ini juga menyebutkan lima layanan VPN bebas kebocoran untuk melindungi privasi Anda dengan lebih baik:

  • ExpressVPN
  • NordVPN
  • Privasi Sempurna
  • CyberGhost
  • Trust.Zone

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan VPN populer, lihat panduan ini dari situs CNET .

Menurut laporan dari The Best VPN, 16 VPN umum membocorkan data Anda.Bisnis dapat beralih ke ExpressVPN, NordVPN, Privasi Sempurna, CyberGhost, atau Trust.Zone untuk VPN yang paling andal, menurut laporan VPN Terbaik.

Disqus Comments