Download Google Installer V2 APK Terbaru untuk Semua Android

Beberapa negara memiliki kebijakan yang sangat ketat untuk pemakaian aplikasi yang dikembangkan di wilayah lain. Salah satu negara tersebut adalah Cina. Industri internet Cina tidak mengizinkan warganya menggunakan Google Apps semisal YouTube, Gmail, Maps, Docs, Snapseed, dll. Meskipun diperbolehkan memanfaatkan penggunaan pencarian Google, tetapi terbatas. Facebook dan situs sosial lainnya juga diblokir di negara Tirai Bambu. Dengan pemblokiran total dari semua aplikasi Google, sangat sulit untuk memakai beberapa aplikasi yang mengandalkan Google Apps.

OS Android yang dikembangkan untuk China tidak terpasang Google Apps, oleh karena itu cukup sulit untuk men-download GAPPS. Varian Android OS yang dikembangkan di China pada berbagai perangkat seperti Xiaomi MIUI, Oppo ColorOS, Meizu, Alcatel, Gionee, OnePlus Hidrogen OS, LeEco, Huawei, ZTE dll memiliki App Store mereka sendiri.

Penting untuk dicatat, aplikasi Google Play sebenarnya tidak dilarang oleh otoritas di Cina. Namun hanya sedikit produsen telepon di China yang melakukan pra-pemasangan. Justru karena Google yang melarang semua aplikasi gratis dan aplikasi premium yang mempunyai fitur in-app purchase (pembelian dalam aplikasi) untuk dipakai pengguna China. -- Bisa jadi sebagai aksi balas dendam atas pemblokiran terhadap beberapa layanan milik Google.

Nah, solusi terbaik untuk menggunakan semua aplikasi Google di Smartphone produksi China tanpa banyak kesulitan, yang kamu butuhkan hanyalah mengunduh Google Installer Apk kemudian memasangnya di ponsel. Kamu pun bisa menikmati layanan Google dalam semua aplikasi buatan Google.

Download dan Pasang Google Installer Apk (Gapps)

Di sini saya akan memberikan panduan lengkap untuk memasang Google Installer di Ponsel Cina kamu.

Fitur Utama Google Installer:

  1. Semua Google Apps.
  2. Google Play Store.
  3. Play Service lain.
  4. Mendukung Android 4.0+
  5. Kerangka Kerja Google.
  6. Sinkronisasi data Google.

Pertama, unduh file Google Installer APK di bawah:

Kemudian lakukan pemasangan dengan cara berikut ini:

  • Buka menu PengaturanTentang Telepon → Ketuk 7 kali pada Build Number. Ini akan mengaktifkan Opsi Pengembang.
  • Di Opsi Pengembang → Izinkan Lokasi Mock, aktifkan.
  • Di ponsel Android Anda, buka PengaturanKeamananSumber Tidak Diketahui (Aktifkan).
  • Sekarang cari file apk yang diunduh di penyimpanan dan pasang.
  • Buka aplikasi. Anda akan melihat  tap lingkaran biru di atasnya.
  • Klik pada lingkaran kuning.
  • Sekarang instal Google Services Framework di smartphone Anda.
  • Ketuk tombol Merah  di layar. Terima Ketentuan dan izinkan semua izin.
Yess! Sekarang ponsel Android kamu siap untuk menggunakan Google Apps.

Sebagai saran, sebaiknya terlebih dahulu menginstal Layanan Google Play dan Aplikasi terkait lainnya dan kemudian baru memasang aplikasi Maps dan Play Store.

Gunakan Google Installer Meizu untuk ponsel buatan Meizu. Kamu bisa mengunduh melalui link di bawah ini:

Langkah-langkah instalasi sama saja untuk semua perangkat ROM Cina.

Kamu juga bisa memakai ES Explorer untuk mencari file APK dan mengunduh aplikasi Google Play Store dan Aplikasi GMS lainnya.

Langkah-langkah untuk Menginstal Pemasang Google di Xioami MIUI 8 & MIUI 9

Untuk ponsel buatan Xiaomi berikut ini ada 2 metode pemasangan di setiap versi OS.

Metode 1. Menggunakan Installer APK (ROM China)

Unduh terlebih dulu Google Installer untuk MIUI 9 di bawah:

Pasang setelah kamu mengunduh file apk diatas dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Aktifkan pilihan Sumber Tak Dikenal di ponsel kamu. Buka PengaturanPengaturan TambahanPrivasi dan Aktifkan Sumber Tidak Dikenal.
  2. Cari Google Installer apk dan ketuk untuk menginstalnya.
  3. Setelah file diinstal, ikon baru dengan bahasa Mandarin tersedia di daftar aplikasi kamu.
  4. Sekarang buka aplikasi tadi untuk memulai proses instalasi. Halaman baru akan terbuka di layar dengan lingkaran biru. Ketuk dan instal file Google di ponsel Anda. Ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit.
  5. Setelah semua file terpasang pada ponsel, Kamu akan melihat aplikasi Google Play Store di ponsel kamu. Sekarang kamu bisa menginstal aplikasi favorit kamu seperti Gmail, Youtube, Chrome, langsung dari Google Play Store.

Metode 2. Menggunakan Xiaomi App Store (Internal ROM)

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu AlatUnduhan → Ketuk tiga titik di sudut kanan atas → Pengaturan → Batas Ukuran Unduh → Pilih Tidak terbatas.
  2. Luncurkan Mi App Store. Cari dengan kata kunci "Google" padakolom pencarian. Temukan ikon Google Installer kemudian klik Install.
  3. Tunggu hingga Mi App Store selesai mengunduh Google Installer dan memasangnya secara otomatis.
Ada kemungkinan kamu akan mendapatkan pesan agar memperbarui Google Play Service (Layanan Google Play) saat pertamakali menggunakan aplikasi Playstore. Ikuti saja sesuai instruksi.

Install Google Play Store and G-Apps

Setelah Google Service Framework terpasang, ponsel kamu kini sudah bisa memasang aplikasi Playstore dan memanfaatkan fitur-fitur dari layanan milik Google yang terdapat dalam semua Aplikasi Google. Kamu juga bisa memasang Layanan Google Play yang dibutuhkan oleh sebagian besar aplikasi Android semisal Snapchat, Tinder maupun Facebook.

Google Installer Alternative

Selain yang dipaparkan diatas, masih ada lagi Toko Aplikasi gratisan yang bisa memasang applikasi dari Google Play Store tanpa harus memasang paket GAPPS maupun Akun Google. Toko aplikasi ini adalah Yalp Store.

Mayoritas pengembang custom ROM membuat ROM bisa dipakai meskipun tanpa dukungan Google Mobile Services Suite berhubung aplikasi-aplikasi ini sesungguhnya tidak begitu ramah terhadap baterai dan performa ponsel secara keseluruhan. Dengan memakai Yalp Store sebagai alternatif, kamu bisa download APK dan pasang update langsung dari Google Play Store tanpa harus install Google Apps maupun GMS suite.

Silahkan unduh Yalp Store apk di bawah ini:

Kemudian pasang di ponsel android kamu.

Kamu pun bisa download Google Apps satu per satu dengan Yalp Store untuk perangkat kamu untuk menghindari habisnya ruang disebabkan oleh Aplikasi Google yang tidak dibutuhkan. Jika ingin, kamu pun bisa login ke Google Account kamu atau gunakan saja akun palsu yang disediakan Yalp Account untuk mengakses Play Store.

Kesimpulan

Postingan di atas seharusnya bisa memberi kamu pencerahan tentang bagaimana cara memasang GApps jika kamu punya ponsel Android yang memakai ROM China maupun Custom ROM apapun.

Saya harap tulisan ini cukup membantu untuk memperjelas dan melengkapi artikel lain tentang GApps yang pernah saya tulis sebelumnya. Silahkan tinggalkan komentar di bawah atau tanyakan apa saja jika masih ada yang belum jelas.

Disqus Comments