Casing Belakang Mi 8 Explorer Sebenarnya Tidak Transparan

Xiaomi baru saja mengumumkan ponsel flagship terbaru, Mi 8 Explorer Edition yang dibekali dengan sensor sidik jari tertanam di layar beserta teknoloki pengenalan wajah iPhone X-esque 3D. Dan yang menarik adalah desain panel belakang yang hitam "transparan" menunjukkan bagian dalam ponsel.

Woow, ide panel belakang transparan bisa jadi adalah inovasi yang cukup berani. Meskipun demikian, panel belakang transparan ini ternyata tidaklah benar! Kenyataannya, bisa jadi panel belakang Mi 8 hanya terlihat seperti benar-benar transparan.

Tentang palsunya casing belakang Mi 8 pertamakali di ungkap oleh Chengming Alpert, yang memberikan beberapa alasan kenapa casing belakang Mi 8 Explorer Edition tidak benar-benar tembus pandang. Dalam tweet bersambungnya, Dia mengklaim bahwa "posisi Snapdragon 854 tidak mungkin ada di sana; penempatan masing komponen di sekitarnya juga terlalu jauh jaraknya; tidak terlihat adanya grafit/pipa/kabel untuk pendingin."

Alpert juga mengaktakan terdapat trik "tipuan mata" pada desain panel bagian belakang Mi 8. Namun Xiaomi menyangkalnya dalam deskripsi produk yang jika diterjemahkan secara kasar, menyebutkan komponen Mi 8 yang transparan tidak memperlihatkan semua secara aktual setiap komponen didalam ponsel.
"The transparent back on Mi 8 Explorer Edition is indeed made of transparent glass, and there isn’t a sticker with a picture on it. The parts that you see on the back upper half, for example, are parts of the actual mainboard.”

Melihat Mi 8 Explorer Edition, bisa dimaklumi jika ada yang skeptis, setidaknya, jika membandingkan beberapa ponsel transparan sebelum Mi 8. Tidak ada satupun yang memperlihatkan bagian dalam ponsel sebanyak yang (diklaim) ditampilkan oleh Mi 8 Explorer. Lihat saja ponsel transparan lain U12 Plus. Tentu, tampilan U12 Plus mungkin tak semenarik milik Mi 8 Explorer, tetapi komposisi yang terlihat benar-benar nyata. Komponen yang diperlihatkan tertata tak se-teratur dan se-rapi yang ditampilkan pada panel transparan Mi 8 Explorer Edition.

Jadi, seharusnya Xiaomi seharusnya tidak seharusnya berbohong bahwa "panel belakang Mi 8 transparan". Benar bahwa casing belakang berbahan kaca, dan Xiaomi mengklaim "tidak ada trik tersembunyi" di sini. Tetapi, sangat mungkin bahwa "bagian dalam" yang terlihat adalah flashy sticker atau penutup plastik 3D yang dibentuk menyerupai komponen sebenarnya. Dugaan ini sangat mungkin dan lebih masuk akal, lihat saja bagian dalam ponsel Xiaomi sebelumnya seperti Mi 5, terdapat lapisan pelindung berbahan plastik yang menutupi papan motherboard dan komponen sebenarnya pada bagian belakang ponsel tersebut.

Mungkin, suatu saat akan ada ponsel yang benar benar mempunyai dalaman yang tertata sangat rapih sehingga memungkinkan desain ponsel yang menonjolkan bagian dalam ponsel (baca: tranparan) seperti halnya desain untuk tampilan luarnya. Sayangnya, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition sangat mungkin tidak termasuk dalam kategori ini.

Find out more here

Komentar dan Pendapat Sembunyikan

Disqus Comments