5 Aplikasi Maps Offline yang Wajib Kamu Install Saat Mudik Lebaran

Tak terasa, ibadah bulan puasa mendekati akhir dan Hari Raya Ied pun segera menyapa. Itu artinya musim mudik lebaran segera datang. Ritual mudik akan segera dilakuka nyaris secara serentak di Tanah Air. Bagi kami yang ikut mudik lebaran tahun ini, apa yang telah kamu persiapkan? Salah satu Hal paling penting adalah aplikasi maps untuk memantau situasi jalanan kala mudik lebaran.

Aplikasi Maps, biasanya memakai jaringan internet, apa yang bakal kamu lakukan bila sinyal hilang tiba-tiba, atau kamu masuk area blank spot alias tidak ada sinyal. Aplikasi itupun jelas jadi sia-sia, bukan? Untuk mengatasi ini, simak rekomendasi aplikasi maps yang bisa kamu gunakan tanpa internet.

1. Google Maps yang punya fitur ‘offline mode’

Tak dapat disangkal, Maps buatan Google adalah salah satu aplikasi terbaik untuk dijadikan penunjuk arah kemanapun kamu pergi. Hampir semua smartphone Android punya aplikasi Google Maps Karena sudah tertanam sejak awal. Namun tahukah kamu bahwa Aplikasi maps ini juga menyediakan fitur Offline Mode?

Fitur yang jarang diketahui ini memungkinkan kamu untuk mengetahui arah tanpa harus terhubung ke internet. Caranya dengan mendownload terlebih dahulu area yang akan kamu lewati untuk mudik lebaran ketikanterhubung dengan internet. Ini akan membantu kamu tidak tersesat ketika melewati daerah minim sinyal.

2. MapFactor GPS Navigation Maps bisa menyimpan peta suatu daerah

Aplikasi GPS offline gratis selain Google Maps adalah MapFactor GPS Navigation Maps. Aplikasi pemandu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengunduh dan menyimpan peta daerah yang jadi jalur mudik kamu. Jika sudah, secara otomatis kamu bisa mengakses peta tanpa koneksi internet. Ini sangat berguna jika kamu tiba tiba kehabisan kuota saat mudik lebaran. Tahu sendiri bagaimana repotnya mengisi pulsa dalam perjalanan.

3. Sygic juga bisa download peta secara gratis

Aplikasi satu ini sebenarnya merupakan aplikasi gratis-terbatas, GPS Navigation & Maps ialah Aplikasi peta offline buatan Sygic ini sangat cocok untuk kamu yang hobi traveling. Fitur tambahannya sangat banyak, namun kamu perlu membeli jika menginginkan fitur yang lebih kompleks.

Namun, jika hanya untuk keperluan mudik, rasanya fitur dasar aplikasi peta offline ini sudah cukup. Kamu bahkan bisa mengunduh beragam peta dari berbagai wilayah di dunia untuk kamu download secara gratis. Sehingga Kamu bisa memakai aplikasi maps ini tanpa koneksi internet selama mudik.

4. Karta GPS - Offline Navigation bisa download peta berbagai wilayah

Adalah Karta GPS - Offline Navigation, aplikasi pemandu buatan Karta Software Techologies ini juga bisa dioperasikan dalam mode offline. Kamu bisa melakukan navigasi jalur mudik tanpa perlu terhubung dengan internet. Secara umum, aplikasi ini sebelas-duabelas dengan Sygic, namun lebih terasa lokal punya.

Untuk bisa dipakai dalam mode offline, bkamu juga mengunduh terlebih dahulu area Peta tujuan mudik kamu dan jalur yang akan kamu lewati. Tersedia banyak wilayah di dunia yang bisa di-download gratis dari aplikasi ini, termasuk seluruh wilayah Indonesia.

5. Offline Maps & Navigation dilengkapi dengan 3D buildings

Terakhir adalah Offline Maps & Navigation. Aplikasi yang dibuat oleh Navigation. ini memiliki beragam fitur menarik selain penunjuk arah secara offline, seperti: multi-language, gps, speed limit, 3D buildings dan masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kamu jadikan "hiburan" selama dipandu oleh aplikasi navigator ini.

Masih banyak aplikasi peta offline maupun navigasi offline yang beredar. Namun aplikasi di atas bisa dibilang 5 terbaik dari kategori Offline Maps and Navigation. Dari kelima aplikasi diatas, sepertinya pilihan kamu tetap akan jatuh ke aplikasi yang pertama, namun aplikasi yang terakhir disebut bisa kamu jadikan pilihan jika kamu ingin "menikmati" panduan jalur mudik dengan tampilan yang menyenangkan.

Selamat Mudik! Selamat Lebaran 2018!

Disqus Comments