3 Jenis Aplikasi Android Buat Mudik Lebaran 2018 Kamu Lancar

Tak terasa, bulan Ramadhan tahun ini telah berjalan setengah bulan. Dua minggu-an lagi lebaran akan dirayakan. Menjelang Hari Raya Ied, masyarakat di Indonesia akan disibukkan oleh beragam kegiatan, Salah satunya mudik lebaran.

Mudik memang sebuah tradisi tahunan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Dengan beragam cara dan alasan, mudik lebaran selalu menjadi suatu hal yang diusahakan untuk dijalani.

Tahun ini, mudik pun diprediksi tetap menjadi aktivitas utama dipenghujung bulan Ramadhan. Jika kamu termasuk yang ikut pulang ke kampung halaman tahun 2018 ini, maka Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar mudik Lebaran makin lancar. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, Kamu bisa mempersiapkan perjalanan mudik dengan lebih mudah.

Beragam aplikasi mobile yang ada, akan Makin memudahkan rencana mudik lebaran tersebut. Sebelum itu, perhatikan dulu jenis aplikasi yang berguna saat mudik, agar kamu bisa memilah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

1. Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat dan Kereta Api

Jenis aplikasi penting pertama untuk mebantumu mudik dengan lancar ialah aplikasi pemesanan tiket dan hotel, apalagi jika kamu memilih transportation umum sebagai pilihan. Transportasi yang paling diburu masyarakat untuk mudik lebaran adalah kereta api dan pesawat, termasuk tahun 2018 ini.

Pemesanan tiket yang bisa dilakukan jauh-jauh hari membuat Anda harus sesegera mungkin memesan tiket sebelum kehabisan. Dari alasan inilah Anda sebaiknya memiliki aplikasi-aplikasi yang berkaitan pemesanan tiket secara online agar lebih mudah.

Beberapa aplikasi android yang melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api adalah tiket.com, Indonesia flight, KAI Accsess, Traveloka, PadiTrain dan PadiAir. Semua aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk membeli tiket pesawat dan kereta api secara online. Harga promo yang jauh dari harga standar pun bisa diapatkan jika memesannya jauh-jauh hari sebelum musim mudik lebaran tiba.

2. Aplikasi Android Penunjuk Arah dan Peta Lokasi

Bagi yang merencanakan mudik dengan kendaraan pribadi, pasti membutuhkan aplikasi pendukung jenis ini. Aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi merupakan aplikasi wajib bagi mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi. Dengan memasang aplikasi navigasi, bisa membantu untuk menentukan jalan terbaik yang bisa kamu tempuh dalam perjalanan ke kampung halaman.

Sudah pasti jalur mudik selalu ramai dan tidak pernah sepi hingga menimbulkan kecelakaan yang berakibat macet. Dengan aplikasi penunjuk arah ini kamu bisa menghindari kemacetan menggunakan jalur alternatif yang lebih lancar.

Beberapa aplikasi android yang menawarkan layanan penunjuk arah dan peta lokasi yaitu Google Map, Waze Social GPS Maps & Traffic serta LewatMana. Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Kamu cukup memasukkan tujuan pada fitur pencariannya. Secara otomatis, peta beserta rute perjalanan akan muncul di layar aplikasi.

Aplikasi Waze, memberikan informasi penting di jalanan yang akan Anda lewati secara real-time. Perjalanan mudik pun menjadi lebih lancar. Dengan aplikasi waze, Anda juga boleh berpartisipasi memberi informasi seputar keadaan jalanan dan lalu lintas yang telah dilewati pada pemudik lainnya. Sedangkan aplikasi LewatMana, kamu bisa memantau jalanan dengan video streaming yang terintegrasi dengan pantauan CCTV milik TMC Polda Metro Jaya secara real time ketika kamu masih berada di wilayah sekitaran Jakarta.

3. Aplikasi Untuk Memaksimalkan Perjalanan Kamu

Terakhir, aplikasi android yang bisa Anda jadikan andalan untuk mudik adalah aplikasi untuk memaksimalkan perjalanan. Namanya perjalanan, kita tidak ada yang tahu hal-hal yang ada di dalamnya, karena tidak selamanya perjalanan bisa lancar, termasuk saat mudik. Maka untuk itulah Anda memerlukan aplikasi yang bisa membantu memaksimalkan perjalanan mudik Anda menuju kampung halaman.

Aplikasi seperti Tips P3K yang menampilkan informasi mengenai pertolongan pertama untuk orang lain dan diri sendiri saat Anda benar-benar membutuhkannya saat dalam perjalanan. Aplikasi lain seperti DU Battery Saver mungkin bisa membantu membuat baterai smartphone jauh lebih hemat.

Disqus Comments