Cara Cari Arah Kiblat Tanpa Aplikasi di Smartphone

Kiblat merupakan arah salat bagi umat Muslim. Adapun kiblat mengarah pada Ka'bah yang ada di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

Arah kiblat memang mudah dijumpai saat sedang berada di masjid atau musholla. Namun, ketika berada di tempat yang tak memiliki penunjuk kiblat, tentu cukup sulit untuk mengetahuinya.

Terlebih, jika memang sudah menunjukkan waktu salat. Solusi yang biasanya dilakukan adalah dengan memasang aplikasi penunjuk kiblat di smartphone.

Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Alasannya, aplikasi akan menghabiskan memori smartphone yang kadang tak sedikit.

Untungnya, masih ada cara lain untuk mengetahui arah kiblat tanpa perlu memasang aplikasi apapun.

Cukup melalui layanan bernama Qibla Finder dari Google, kamu dapat menemukan arah salat langsung cukup melalui peramban internet saja. Mau tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka situs Qibla Finder melalui peramban internet. Alamat lengkapnya adalah qiblafinder.withgoogle.com. atau klik di sini. Mulai Lakukan Kalibrasi Kompas

2. Setelah itu, kamu harus memberikan akses GPS dan kamera untuk mulai menentukan arah kiblat.

3. Sebelum menentukan arah kiblat, biasanya kamu diminta untuk melakukan kalibrasi kompas. Tinggal Arahkan Smartphone ke Arah Kabah

4. Untuk melakukan kalibrasi, kamu dapat membuat angka delapan atau ikuti perintah yang ditampilkan.

5. Nah, nantinya kamun tinggal mengikuti arahan yang diminta. Pastikan kamu sudah mengarah pada titik putih yang berada di tengah-tengah sebagai penanda paling akurat.

Jadi, asalkan ponsel kamu punya fitur kompas (sensor magnetik) dan koneksi internet, kamu bisa dengan mudah menentukan arah kiblat tanpa bantuan aplikasi apapun.

Disqus Comments