Sabtu, 26 Mei 2018

Kulit dan Bibir Kering Saat Puasa? Ternyata Begini Cara Mengatasinya

Jika Kamu mengalami kulit dan bibir kering menjalankan ibadah puasa bisa, bisa jadi karena tidak memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur maupun berbuka.
Bila keadaan tersebut dibiarkan, maka kekeringan akan bertambah parah dan dapat menyebabkan kelainan kulit lebih lanjut. Terutama pada mereka yang mengidap penyakit eksim.

Solusinya, sangat dianjurkan untuk minum air putih, minimal delapan gelas perhari. Delapan gelas tersebut dapat dibagi-bagi: dua gelas saat berbuka, empat gelas sebelum atau sesudah salat tarawih, dan dua gelas pada saat sahur. Dengan begitu, Kamu bisa mengatasi bibir kering saat puasa karena kebutuhan cairan tercukupi. Selain itu, orang yang berpuasa pun harus memperhatikan keseimbangan makanan, yaitu dengan memperhatikan empat sehat lima sempurna.

Di luar makanan sangat disarankan untuk menggunakan sabun dengan ph seimbang atau yang mengandung pelembap jika ingin membersihkan bagian tubuh agar kulit tidak kering. Hindari penggunaan sabun antiseptik terutama jika Kamu memiliki kulit kering semisal penderita eksim. Gunakan juga pelembab kulit dan tabir surya jika melakukan kegiatan di luar ruangan. Dengan begitu Kamu bisa mengatasi masalah kulit kering saat puasa.

Satu hal lagi yang perlu Kamu tahu, ada hal yang perlu dihindari ketika bibir mengalami kekeringan saat berpuasa, yaitu membasahi bibir dengan menggunakan ludah atau air liur. Hal tersebut akan menjadikan bibir semakin kering, pecah-pecah dan gatal. Sebab, ludah atau air liur mengandung air dan enzim-enzim yang bisa menyebabkan iritasi pada bibir. Bukannya mencegah bibir kering, menggunakan air liur untuk membasahi bibir malah memeperparah keadaan.

Dengan mengikuti tips tersebut, kulit dan bibir kita dapat terhindar dari masalah kekeringan. Dengan begitu Kamu tidak tergganggu dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan-mu

Disqus Comments