Panduan Lengkap Cara Membuat Video Timelapse di Android

Jika kamu termasuk makhluk sosial media, bisa jadi sudah sering melihat video timelapse. What?? Itu lho, Video yang bergerak sangat cepat. Video timelapse adalah video yang dibuat dengan menggabungkan ratusan bahkan ribuan foto yang diambil terus menerus dengan jeda waktu tertentu.

Yang menjadi Obyek video ini biasanya berupa pemandangan berupa awan atau jalanan. Obyek rekaman akan terasa dramatis dan terlihat lebih menggugah ketika ditampilkan dalam video timelapse. Tapi, sebenarnya bukan hanya video pemandangan saja yang bisa dibuat timelapse, video apapun bisa dibuat menjadi timelapse.

Umumnya, untuk membuat timelapse menggunakan software editing video untuk PC semisal buatan Adobe. Pun jika kamu berniat membuat timelapse video di ponsel Android juga bisa. Ini tak lepas dari semakin canggihnya teknologi smartphone. Sekarang siapapun bisa membuat video timelapse langsung memakai smartphone.

Di Android sendiri sudah cukup banyak aplikasi yang bisa dipakai sebagai alat untuk membuat video timelapse. Salah satu aplikasi yang dapat diandalkan ialah Hyperlapse buatan perusahaan Siftware ternama Microsoft. Yap! Microsoft yang terkenal dengan OS Windows.

Cara Membuat Video Timelapse Di Android

Membuat video timelapse di Android cukup mudah. Bahkan lebih mudah daripada menggunakan software PC. Syaratnya, kamu harus sudah memasang aplikasi Hyperlapse. Kamu bisa mengunduhnya di Google Playstore. Kamu juga bisa mengunduhnya dari sini

Apabila kamu sudah punya aplikasi Hyperlapse, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini untuk membuat video timelapse:

  1. Buka dulu aplikasi Hyperlapse
  2. Akan ada dua pilihan yang ditawarkan, yakni Import dan Record. Import untuk mengedit video yang sudah ada, dan Record untuk merekam video baru langsung dari aplikasi. Untuk mudahnya, dalam tutorial ini gunakan saja opsi Import
  3. Selanjutnya, pilih video yang tersimpan di media penyimpanan Android kamu. Kemudian sentuh tanda centang dibagian kanan layar
  4. Tunggu saja hingga proses import selesai. Lamanya proses ini tergantung dari durasi video itu sendiri. Semakin lama durasi video, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan.
  5. Setelah proses selesai, kamu bisa menentukan kecepatan video Timelapse. Caranya dengan memilih antara 2x, 4x, hingga 8x. Pilih sesuai keinginan kamu. Setelah itu sentuh tombol centang lagi. Kamu juga bisa ber-eksperimen sebelum memamerkan hasil edit video timelapse kamu.
  6. Saat muncul notifikasi “All done! What’s next?”. Itu berarti video timelapse telah sukses dibuat.

Kamu bisa langsung share video tersebut ke sosial media atau menambahkan caption, subtitle dan teks watermark dengan menggunakan aplikasi VivaVideo Pro atau Kinemaster Pro.

Ternyata cara membuat video timelapse ini tak serumit yang dibayangkan. Bisa dibilang untuk membuatnya justru sangat praktis sebab kamu tidak memerlukan bantuan PC sama sekali, hanya bermodalkan smartphone Android dan aplikasi Hyperlapse.

Lagipula, proses pembuatannya pun tidak ribet. Cukup sentuh tombol ini, itu, selesai. Tidak membutuhkan skill dan teknik khusus rumit. Anak SD juga bisa jika memakai aplikasi Hyperlapse buatan Microsoft. Aplikasi ini termasuk salah satu yang terbaik diantara aplikasi pembuat video timelapse lainnya. Tentu saja yang paling penting adalah gratis!.

Find out more here

Komentar dan Pendapat Sembunyikan

Disqus Comments