Ketik "BFF" di Facebook Berubah Menjadi Hijau Tanda Akun Anda Aman?

Kamu sudah membaca status yang merajalela di dinding media sosial Facebook teman atau bahkan mungkin Kamu termasuk orang yang membagikan status semacam ini?

Silahlahkan cek ... apakah akun fbmu aman ?
Marc Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun anda aman di facebook. Ketik BFF di komentar, Jika terlihat hijau akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang.

Apakah kalian terjebak ikut mengetik kata "BFF" dan beberapa saat kemudian berubahlah huruf menjadi hijau. Biasanya diikuti dengan gambar animasi dua tangan bertepuk seolah-olah melakukan tos. Kamu dengan leganya merasa akun aman, tak perlu mengganti kata sandi. Sementara yang keluar warna hitam merasa panik. Dengan segera mengganti password. Ketika dicoba lagi, ternyata tidak berubah juga. Mengapa tidak berubah. Padahal tidak ada pengaruhnya karena hurufnya yang tidak berubah disebabkan dia memakai "FB lite" atau memakai fitur tampilan ringan Facebook.

Salah satu akun penyebar Hoax

Pesan ini yang merajalela ini bisa dimaklumi sebab dilengkapi dengan foto Mark Zuckerberg, yang menjadi sugesti beberapa pengguna yang awam untuk percaya. Karena saya sudah tidak tahan lagi melihat status yang makin mengggila ini, ditambah lagi ada klarifikasi dari grup Indonesia Hoaxes Community, yang menyatakan bahwa itu hoaks berdasarkan dari status seorang temannya Michael Steven. Akhirnya saya buat saja postingan ini. Oh iya, selain itu juga ada link yang menguatkan dari situs anti hoax dunia www.thatsnonsense.com.

Jadi, kenapa ketikan BFF berubah menjadi hijau? Ada beberapa kata dan termasuk di dalamnya BFF (kepanjangan dari Best Friend Forever) adalah termasuk kata-kata atau kalimat yang dianggap spesial oleh Facebook. Sehingga setelah mengetik kata-kata tertentu secara otomatis warna huruf itu akan berubah. Bahkan disertai dengan animasi setelah pengetikan. Saat kata atau kalimat tersebut diklik, animasi itu akan keluar.

Tentu kamu masih ingat dengan kata Happy New Year yang berubah warna bukan? Nah kata BFF juga merupakan salah satu dari kata-kata spesial dimaksud. Kata-kata lainnya diantaranya:

  • Congrats atau congratulations
  • xoxo
  • You're the best
  • You got this
  • Semoga sukses

Jangan lupa diperhatikan animasi yang keluar. Setiap kata atau kalimat mempunyai warna dan animasi yang berbeda. Kamu juga bisa mencobanya sendiri di dinding linimasa kamu.

Kesimpulannya? Ketikikan kata "BFF" di Facebook yang berubah menjadi hijau BUKAN penanda akun Facebook Kamu aman. Ini adalah hoax.

Disqus Comments