Minggu, 25 Maret 2018

Bagaimana Cara Mengamankan Akun dan Data Facebook

Facebook mendapat sorotan untuk kasus kebocoran data pengguna dalam jumlah yang besar. Data ini kemudian diduga dipakai untuk memuluskan kepentingan politik. Pengguna Facebook pun panik dan takut data mereka akan diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan mereka. Dus, ajakan #DeleteFacebook (hapus Facebook) pun menyeruak dan menggema di internet.

Hebohnya kasus ini bukan tanpa alasan, keamanan data memang menjadi sorotan di jaman informasi ini. Lalu bagaimana caranya meng antisipasi untuk melindungi data pribadi dari pihak tak bertanggung jawab ini?

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (24/3/2018) setidaknya ada lima langkah penting yang perlu dilakukan untuk membuat data yang kamu miliki di akun Facebook menjadi lebih aman. Simak langkah-langkah pengamanan akun berikut

1. Download semua data Facebook kamu

Facebook memiliki fitur yang bisa pengguna pakai untuk mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing.

Caranya pun mudah, pada bagian pojok kanan atas (Facebook desktop) tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu "setting". Kemudian pada halaman "General Account Setting" kamu akan menemukan tombol "Download a copy".

Tombol ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas kamu selama di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi apa saja yang telah kamu posting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah kamu klik.

2. Ubah setelan privasi facebook kamu

Masih pada halaman setting, kamu juga bisa menemukan tombol "privacy". Di sini kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat profil kamu. Kamu pun bisa mengatur siapa saja yang dapat mengajukan permintaan pertemanan, melihat daftar teman, hingga melihat foto pribadi kamu.

Kamu bisa mematikan ke semua pengaturan dengan menekan tombol "edit" pada sisi kanan dan mengatur sesuai dengan keinginan.

3. Mengubah setelan linimasa dan "tagging"

Pada menu "setting" atau setelan, Facebook juga melengkapi pengaturan agar kamu bisa memilih siapa saja orang yang boleh melihat aktivitas kamu.

Ada beberapa pilihan di sini yakni setelan untuk linimasa dan setelan untuk "tagging".

Pada setelan untuk linimasa, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan kamu. Kamu bisa memilih apakah cuma kamu sendiri atau teman-teman terdekat kamu.

Sedangkan pada menu "tagging" kamu juga bisa mengubah sesuai keinginan siapa saja teman yang bisa menandai (tag) kamu pada postingannya.

4. Cek aplikasi pihak ketiga yang aktif

Bocornya 50 juta data Facebook dikarenakan oleh aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu kamu harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi kamu. (~Cambridge Analytica Disebut Curi Data 50 Juta Pengguna Facebook)

Caranya pun gampang, pada halaman setting di bagian bawah cari tombol "apps" atau aplikasi. Dengan mengklik tombol ini kamu bisa mememriksa aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi kamu.

Cek satu persatu aplikasi tersebut dengan cermat dan matikanlah aplikasi yang terlihat mencurigakan atau membahayakan.

5. Hapus akun Facebook Kamu

Ini adalah pilihan terakhir ketika kamu sudah mentok dan tidak mau lagi memakai media sosial ini. Untuk kamu yang ingin menghapus akun facebook secara permanen, cukup masuk pada menu "setting" kemudian pilih "download a copy of your Facebook data" seperti pada pilihan pertama.

Setelah itu kamu harus menuju halaman ini dan klik "delete my account" untuk menghapus akun Facebook. Untuk pilihan terakhir ini kamu meati memastikan bahwa semua data telah kamu backup (download) terlebih dahulu.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Cara Menghapus Akun Facebook.

Disqus Comments