Cara Daftar/Registrasi Akun dengan Aplikasi Email Sekali Pakai

Setiap situs atau web yang ada di internet sebagian besar pasti punya fitur registrasi. Utamanya jika situs tersebut menawarkan layanan tertentu. Misalnya saja, kamu berkunjung ke situs yang mensyaratkan untuk punya akun sebelum dioerbolehkan untuk mengunduh konten atau jika punya akun akan lebih sedikit iklan yang tampil dan lain sebagainya.

Untuk mendaftar, hampir pasti butuh akun email untuk registrasi. Namun hal ini jadi dilema sebab kamu mungkin kuatir jika mendaftar dengan alamat email pribadi akan di serbu spam atau email sampah bahkan phising mail. Toh belum tentu kamu akan mengunjungi situs tersebut secara reguler.

Kecuali kamu berniat mengunjungi atau mendapatkan konten dari situs itu, kamu bisa memakai layanan email sementara untuk membuat akun. Email sepweri ini juga biasa disebut swbagai tempmail, 10minutemail, throwaway email, fake-mail atau trash-mail. Dengan begitu kamu tidak perlu pusing dengan mailbox yang penuh email sampah. Karena alamat email ini bisa kamu buang setelah mendapatkan akun.

Bukankah penyedia alamat email populer seperti Gmail dan YahooMail juga bisa dipakai? Okay, kamu bisa membuat alamat email dari sana dan membuangnya. Tapi bukankah registrasinya terlalu ribet? Nah, yang saya bicarakan kali ini adalah email sekali pakai tanpa perlu memberikan informasi pribadi atau syarat apapun. Jadi kamu bisa melindungi data pribadi kamu.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan email sementara yang bisa kamu buang setelah dipakai? Sudah pernah dengar tentang TempMail? Jika iya, kamu tinggal memasangnya dari playstore. TempMail adalah salah satu penyedia layanan email sementara alias disposable. Masih ada kok beberapa penyedia lain yang memberikan fasilitas serupa walaupun TempMail tetap yang paling populer

Daftar aplikasi email sekali pakai

Untuk ponsel Android, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat akun disposable email dengan mudah, diantaranya adalah:

TempMail

Temp Mail menyediakan akun anonymous, gratis, aman, dan alamat email sementara yang bisa dibuang. Kamu juga bisa memakainya untuk mendaftar Facebook, Twitter atau Instagram. Versi gratisnya akan akan mengarahkan ke situs web untuk melihat email konfirmasi/verifikasi akun yang masuk.

Kamu bisa mengunduh aplikasi TempMail terbaru di playstore atau TempMail PRO di sini

SpamBox - Anonymous Tempmail

Unduh aplikasi SpamBox Anonymous di sini

Instant Email Address

Unduh Instant Email Address di sini

temp mail 100 domains

Unduh aplikasi mail 100 domains di sini

Temporary, diaposable email - Mailsucker.net

Unduh aplikasi mailsucker di sini

Trash Mail

Unduh aplikasi Trash Mail di sini

Selain aplikasi diatas, masih banyak lagi aplikasi serupa yang bisa kamu dapatkan di Playstore.

Cara memakai email sementara untuk registrasi akun

Meskipun beda aplikasi, langkah-langkah untuk melakukan registrasi bisa dibilang sama seperti saat mendaftar akun dengan email asli. Dimana poin utama untuk mendaftar adalah link verifikasi email atau kode vwrifikasi agar akun yang didaftarkan bisa aktif. Mudahnya seperti ini:

  1. Buka aplikasi TempMail atau mail sementara lainnya dan copy alamat email yang diberikan
  2. Buka situs dimana kamu akan membuat akun dan isi halaman registrasi seperti biasa
  3. Pada bagian/kolom alamat email isikan dengan alamat email sementara yang kamu copy sebelumnya
  4. Tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi email masuk pada aplilasi email sementara kamu
  5. Buka aplikasi dan lihat isi email yang dditerima.
    • Jika ada kode verifikasi, salin dan isikan ke kolom kode verifikasi di halaman registrasi situs (mis: facebook)
    • Jika yang terkirim adalah link untuk verifikasi, klik saja link tersebut.
  6. Sekarang tinggal mengatur akun yang baru kamu daftarkan
Dengan begini, kamu tidak akan pusing dengan email spam yang memenuhi inbox email asli/utama kamu. Prifasi kamu juga terjaga karena tidak ada informasi apapun dalam alamat email sementara dan bisa kamu buang.

Apakah aman memakai email sementara?

Jika kamu bertanya apakah aman, saya akan jawab TIDAK meskipun aplikasi yang saya sebutkan diatas bilang AMAN. Kenapa? Bayangkan jika alamat email yang kamu gunakan umtuk mendaftar diketahui orang lain. Dan kemudian orang lain tersebut bisa mendapatkan alamat yang sama dari aplikasi penyedia alamat email sementara yang sama. Dia bisa meminta pasword recovery danembajak akun kamu bukan? Tetapi, menurut saya ini bukan masalah mengingat tujuan kamu membuat akun ini juga untuk hal-hal tak penting. Bukan begitu kisanak?

Find out more here

Komentar dan Pendapat Sembunyikan

Disqus Comments