Rabu, 14 Maret 2018

6 Cara Mudah Perkuat Sinyal Wi-fi Smartphone Anti Lemot

Meski punya smartphone canggih, kamu bakalan mati gaya jika tidak punya koneksi internet. Benar kan? Apalagi aplikasi-aplikasi yang belakangan hadir untuk smartphone Android atau iOS makin membutuhkan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Tak heran keberadaan jaringan seperti 4G LTE menjadi penting untuk smartphone. Meskipun smartphone-smartphone di pasaran sudah mendukung jaringan 4G, nyatanya kebanyakan orang masih mengandalkan jaringan Wi-fi ketika berada di tempat-tempat tertentu.
,
Tapi bagimana kalau sinyal Wi-fi di smartphone kamu mendadak jadi bermasalah dan lemot? Bisa jadi karena kamu belum membaca 5 cara termudah memperkuat sinyal Wi-fi di smartphone berikut ini.

1. Hapus jaringan Wi-fi yang tersimpan.


Bagi kamu yang hobi menggunakan Wi-fi di berbagai tempat seperti kafe, perpustakaan, kantor, atau kampus, smartphone akan menyimpan banyak sekali daftar nama Wi-fi yang pernah terhubung

Banyaknya jaringan Wi-fi yang tersimpan di smartphone kamu ternyata juga dapat berpengaruh terhadap kinerja sinyal Wi-fi. Oleh karena itu kamu perlu menghapus daftar jaringan Wi-fi lama yang mungkin sudah tak terpakai lagi agar sinyal Wi-fi yang terhubung ke smartphone bisa bekerja lebih baik lagi.

2. Jauhkan dari perangkat elektronik lainnya.

Perangkat elektronik tertentu seperti televisi, radio, komputer, atau microwave juga menghasilkan gelombang elektromagnetik. Hal ini yang bisa mengakibatkan sinyal Wi-fi (yang juga gelombang elektromagnetik) ke smartphone terganggu, sehingga tidak dapat diterima secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari smartphone kamu.

3. Jauhi Orang yang Menyalakan Mobile Hotspot

Sinyal Wi-Fi juga saling mengganggu antara pemancar satu dengan lainnya. Apalagi jika saling berdekatan dan memakai channel frekuensi sama. Jika kamu sedang ngopi-ngopi cantik, terkadang ada juga orang disekitar kamu yang memancarkan hotspot mobile untuk temannya dengan alasan susah terhubung. Tindakan ini justru memperparah keadaan. Terutama untuk orang yang berdekatan denganya.

Jadi silahkan pindah tempat yang agak jauh dari mobile hotspot dan usahakan memcari tempat yang lebih dekat dengan pemancar hotspot dimana kamu terhubung.

4. Update radio ke versi terbaru.


Memperbarui firmware secara berkala pada smartphone juga penting dilakukan. Selain digunakan untuk memperbarui antar muka, update firmware juga bisa melakukan perbaikan internal. Salah satunya adalah perbaikan pada radio konektivitas atau yang biasa disebut dengan Baseband. Baseband merupakan struktur koneksi nirkabel pada perangkat smartphone, mulai dari sinyal selular, jaringan data, hingga koneksi Wi-fi.

5. Lepas pelindung smartphone.

Pelindung smartphone yang banyak beredar di pasaran memang sangat membantu melindungi smartphone kamu dari kerusakan fisik. Namu ada kalanya pelindung smartphone justru menghalangi sinyal lantaran antena Wi-fi di smartphone tertutup olehnya. Kamu bisa mencoba melepas pelindung smartphonemu ketika jaringan Wi-fi tiba-tiba bermasalah.

6. Gunakan custom kernel.


Kalau tips yang ini khusus buat kamu yang sudah mahir dan tahu resiko yang menanti.

Jika smartphonemu (biasanya ponsel android) menyediakan custom kernel, kamu bisa mencoba menggunakannya agar dapat menerima sinyal Wi-fi lebih maksimal. Custom kernel akan memberikan banyak perbaikan dan tweak untuk dapat meningkatkan sinyal seluler smartphone kamu maupun kekuatan sinyal Wi-fi.

Untuk menemukan kernel yang tepat dan sesuai dengan tipe smartphonemu memang butuh pengetahuan lebih. Dan untuk melakukannya termasuk gampang-gampang mejen. Secara umum kamu bisa mencari dan menemukan custom kernel di berbagai forum seperti forum XDA

Performa smartphone makin maksimal dengan dukungan koneksi internet yang bagus.
Disqus Comments