Tips dan Cara Install Google Apps (GAPPS) untuk Custom ROM

Untuk Versi GAPPS terbaru silahkan cari di alamat download gapps, karena artikel ini saya tulis tahun 2015 dan tidak relevan untuk saat ini (2018).

Namun Jika OS kamu sudah belum update lebih tinggi dari Lollipop 5.0 kamu masih bisa memakai gapps dalam artikel ini. Lenih jelasnya silahkan kamu lihat catatan pada bagian update

Ketika menginstal ROM kustom setelah sukses melakukan rooting ponsel android kemudian baru sadar telah kehilangan semua aplikasi bawaan dari Google dari smartphone kamu? Problem ini biasa terjadi jika meng-install Custom ROM yang tidak memasukkan inti aplikasi bawaan google dalam Flashable zip installernya. ROM semacam MIUI dan Colos OS dan juga Cyanogen ROM based aslinya memang tidak mempunyai inti aplikasi yang di gunakan GAPPS.

Ada solusi sederhana untuk masalah itu: Download Google Apps (GAPPS) dan flash GAPPS pada ponsel setelah melakukan instalalasi ROM kustom dan ponsel android kamu akan memiliki ROM baru dan kembalinya layanan Google yang sebelumnya hilang seperti Gmail, Google Docs, Google Voice Search, Google musik, Google backup, Google Play Store, Google Maps, YouTube, Google Search dan banyak lagi.

Yang perlu kamu perhatikan adalah:
1. Pastikan sudah mempunyai custom recovery terinstall di ponsel.
2. Sebaiknya lakukan back-up ROM kamu yang sekarang, baru install GAPPS.
3. Jika kamu meng-instal bersamaan dengan ROM baru. Ada beberapa cara, (1). Sebaiknya lakukan flashing GAPPS langsung setelah ROM baru terpasang jika memakai ROM AOSP based, (2) Pasang GAPPS setelah selesai reboot jika BUKAN ROM AOSP.
Untuk melakukan Flasing ikuti langkah-langkah berikut:
1. Download paket GAPPS dari di bawah. Sebaiknya gunakan PC.
2. Letakkan file GAPPS di sdcard, ingat jangat di ekstrak.
3. Reboot ponsel kamu ke recovery mode. Tombol kombinasi Recovery mode berbeda tergantung pada perangkatmu, sebagai contoh: untuk ponsel mediatek umumnya menggunakan tombol Power dan tombol volume up. sedangkan ponsel cipset qualcomm menggunakan tombol power dan tombol volume down
Beberapa tipe juga mnggunakan tombol kombinasi Power + Volume Down + Volume UP secara bersamaan. 4. Setelah masuk dalam Recovery, cari menu "install Zip from SD Card", kemudian lanjutkan dengan "choose zip from SD card", cari dan pilih file GAPPS zip yang kamuletakkan di sdcard sebelumnya.
5. Konfirmasi kamu akan melakukan flashing dan tunggu hingga selesai.

Sebaiknya kamu melakukan flashing paket Google Apps setelah flashing ROM kustom terlebih dahulu. Setelah ROM bisa booting ke system, reboot kembali recovery mode dan lakukan langkah diatas. Wuuuyaahh! Sekarang kamu sudah memiliki GAPPS terpasang di ponsel.

Download GAPPS

Berikut adalah list GAPPS yang bisa kamu download sesuai dengan versi OS Android kamu.
Android 5.0 (LL)

gapps-lp-20150222-signed.zip

Android 4.4.x (KK)

gapps-kk-20140606-signed.zip

Android 4.4.x (KK Minimal Gapps)

gapps-kk-20140105-signed.zip

Android 4.3.x (JB)

gapps-jb-20130813-signed.zip

Android 4.2.2 (JB)

gapps-jb-20130812-signed.zip

Android 4.1.x (JB)

gapps-jb-20121011-signed.zip

Android 4.0.3-4 (ICS)

gapps-ics-20120317-signed.zip

Android 2.3.x (GB)

gapps-gb-20110828-signed.zip

Update:

GAPPS dihalaman ini masih bisa dipakai untuk Custom ROM dengan versi Android Kitkat kebawah. Namun untuk perangkat dengan sistem operasi lebih baru bisa mengunduh dari situs download gapps yang sudah disediakan mulai GAPPS Android 4.x. Sesuaikan dengan Versi OS Android yang menjadi dasar pengembangan ROM, Arsitektur OS dan juga Tipe Chipset yang dipakai. Jika kamu belum tahu atau belum mengerti, silahkan baca artikel tentang menentukan arsitektur dan SDK android sebagai bahan tambahan referensi.

Find out more here

Komentar dan Pendapat Sembunyikan

Disqus Comments