16.10.14

Cara Cek Repositori di IGOS Nusantara

Logo IGOS Nusantara IGOS NusantaraAnda pengguna baru IGOS Nusantara? Sebagai pengguna baru, seringnya kita akan mencoba memasang berbagai paket ke dalam sistem.

Tak jadi masalah kalau kita akan menggunakan paket aplikasi itu untuk waktu yang lama. Tapi akakn jadi masalah ketika anda hanya berniat 'mencoba-coba'

Akibat yang paling terasa saat kita menasang paket ini adalah ukuran repositori lokal di IGOS Nusantara anda membengkak.

Untuk memersihkan daftar repositori ini anda perlu daftar repositori yang ada terlebih dahulu. Untuk melakukannya, anda bisa mencari terlebih dulu apa saja repositori yang tersimpan dengan menggunakan perintah:

$ ls -l /etc/yum.repos.d/

Dari situ anda bisa memilih repositori mana yang sudah tidak anda butuhkan dengan menghapus konfigurasi lainnya, dan sisakan hanya yang namanya ign*.repo.

Untuk menghapus atau membersihkan repositori bisa menggunakan perintah:

cd /etc/yum.repos.d
rm bum*
rm google*
rm adobe*
rm local*
rm media


Catatan: bum*, google*, adobe*, dst adalah repositori yang anda dapatkan sebelumnya.

New Topic: Kali NetHunter

Mempunyai minat yang lumayan di bidang olah grafis digital gara-gara pernah kuliah salah jurusan. Mempunyai minat menulis di bidang Teknologi Informasi khususnya Desain Website berbasis Blogger, Web Hosting dan tetek bengek Cloud Computing meski tidak mahir. Saat ini menjadi lebih tertarik untuk menulis yang berkaitan dengan produk Apple Inc.


Kalau butuh, bisa kontak saya via e-mail di halaman ini atau boleh add friend di Facebook

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
EmoticonEmoticon