Cara Membuat Radio Streaming atau Stasiun Radio Internet

Apakah anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja Stasiun Radio Internet atau ingin membuat sendiri radio online anda sndiri? Dalam tutorial saya akan mencoba menjelaskan cara kerja-nya dan menunjukkan kepada anda bagai lmana cara membuat radio streaming anda sendiri.

Sebenarnya, untuk membuat radio online ini cukup mudah, dan kamu bisa membuat stasiun radio sendiri untuk melakukan broadcast hanya dalam waktu sekitar 10 menit (Hahahah...).

Cara Kerja Radio Online

Sebelum membangun stasiun radio online, akan saya coba jelaskan dulu secara singkat tentang cara kerjanya. Syaratnya kamu harus memiliki pemutar musik (tentu saja). Ubtuk ini saya menggunakan Winamp, silahkan install dulu jika kamu belum punya dan putarlah musik seperti biasa. Kamu juga WAJIB mempunyai koneksi internet yang cepat. Supaya radio-online bisa didengarkan tanpa buffering. Melalui plugin (nanti akan saya jelaskan juga cara meng-installnya), Winamp akan mengirimkan playlist ke server broadcast (bisa di PC atau web sever yang lain dengan koneksi yang lebih besar), dan server akan mengirimkan musik ke audio player pendengar yang kemudian re-encoding ke format yang lebih baik.

Perhatikan! Jumlah pendengar yang didukung, dibatasi oleh bandwidth yang keluar dan bitrate dari lagu yang sedang kamu streaming. Jadi, jika kamu streaming di kualitas 128 kbps dan bandwidth kamu 256 kbps, kamu hanya mampu mendukung: 256/128 = 2 pendengar. :)
Audio Player
Program saya gunakan adalah Winamp, oddcast DSP untuk penyiaran ke server dan layanan Icecast untuk server broadcast radio. Selain Icecast, kamu juga dapat menggunakan Winamp Shoutcast itu sendiri sebagai plugin dan server, tetapi saya lebih memilih untuk melakukan siaran dengan bantuan server eksternal. Sedangkan format audio lebih enak memakai Vorbis karena lebih ringan dan memiliki kualitas jauh lebih baik daripada format MP3.

Cara Membuat Stasiun Radio Internet

Langsung kita mulai saja tutorialnya. Silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Download software

Siapkan dulu Program/Software yang dibutuhkan:
  1. Pemutar audio WinAmp: rilis terbaru yang saya pakai saat ini adalah WInAmp versi 5.63, yang bisa kamu unduh installernya dari sini
  2. IceCast : Untuk versi Windows Setup terakhir masih versi 2.3.2 download
  3. oddCastDSP : saya masih memakai versi oddCast 2.0.15, download dari sini atau cek versi terbarunya di sini.

Konfigurasi Icecast Sebagai Server

Jalankan dan klik "Edit Cofiguration" pada menu "Configuration". Sebuah jendela notepad akan muncul dengan bebebrapa pilihan konfigurasi. Konfigurasi saya adalah:

<icecast>
    <limits>
        <clients>100</clients>
        <sources>2</sources>
        <threadpool>5</threadpool>
        <queue-size>524288</queue-size>
        <client-timeout>30</client-timeout>
        <header-timeout>15</header-timeout>
        <source-timeout>10</source-timeout>
        <burst-on-connect>1</burst-on-connect>
        <burst-size>65535</burst-size>
    </limits>
  <authentication>
        <source-password>hackme</source-password>
        <relay-password>hackme</relay-password>
        <admin-user>admin</admin-user>
        <admin-password>hackme</admin-password>
    </authentication>

    <hostname>localhost</hostname>
    <listen-socket>
        <port>8000</port>
    </listen-socket>

    <fileserve>1</fileserve>

    <paths>
        <basedir>./</basedir>

        <logdir>./logs</logdir>
        <webroot>./web</webroot>
        <adminroot>./admin</adminroot>
        <alias source=”/” dest=”/status.xsl”/>
    </paths>

    <logging>
        <accesslog>access.log</accesslog>
        <errorlog>error.log</errorlog>
        <loglevel>4</loglevel>
<!— 4 Debug, 3 Info, 2 Warn, 1 Error —>
&nbsp;       <logsize>10000</logsize> <!— Max size of a logfile —>
    </logging>

    <security>
        <chroot>0</chroot>
    </security>
</icecast>
Kamu bisa copy paste kode di atas di notepad (yang satunya dengan konfigurasi), pastikan kamu mengganti teks berwarna abu-abu "hackme" dengan password lebih aman.

Setelah konfigurasi server selesai, simpan file dan tutup. Klik "Start server" dan listboxes di bawah ini harus diisi dengan berbagai informasi, seperti ini:

Server untuk radio streaming sudah siap.

Mengatur Oddcast sebagai Broadcaster

Server kamu sekarang sudah siap untuk broadcast, tetapi belum ada musik atau lagunya alias masih kosong meskipun sudah on-air. Jadi sekarang kita akan mengisinya dengan lagu-lagu. Untuk itu diperlukan plugin oddcast untuk Winamp sebagai broadcaster.

Buka aplikasi Winamp, dan buka bagian "DSP / Effect" dari preferences dan klik "oddcast DSP v3". kamu akan melihat jendela pop up oddcast, seperti di bawah ini:

Klik "Add Encoder" dan encoder baru akan ditambahkan di dalam kotak di bawah ini. Klik kanan dan pilih "Configure". Sebuah dialog akan muncul, meminta berbagai informasi. Untuk "Type Encoder" pilih "OggVorbis" (atau MP3 juga bisa), ini akan membuat file kamu dimainkan dengan format Vorbis.

Beberapa pendengar mungkin tidak bisa mendengarkan streaming kamu, apabila audio player pendengar versi "tuwir". Karena tidak memiliki codec yang tersedia. Sedangkan pendengar bisa menikmati lagu kamu jika memakai audio player baru. Karenq umumnya sudah mendukung format audio Vorbis.

Untuk "Quality" Saya isikan -2, itu adalah kualitas terendah, menghasilkan bitrate sekitar 30 kbps dengan kualitas yang lumayan bagus. Kamu juga bisa melakukan percobaan dengan menggunakan nilai 0 atau 2, jika lebih dari 6 akan berlebihan menurut saya (karena 6 berkualitas layanknya sebuah CD Aidio), sehingga kamu bisa mendukung pendengar lebih banyak jika kamu memiliki bitrate yang lebih rendah untuk lagu itu.

Untuk "IP Server" masukkan IP dari server kamu yang menjalankan Icecast (isi"localhost" jika kamu menjalankan pada PC kamu sendiri). "Port Server" isikan seperti yang kamu masukkan dalam konfigurasi, isikan "8000" jika kamu menggunakan PC sendiri, dan "Encoder Password" isikan sesuai konfigurasi (semoga bukan kata "hackme").

Saya juga menggunakan mono, karena koneksi saya hanya memiliki bandwith kecil dan agar tidak terlalu jelek ketika di putar. Jika sudah maka akan terlihat seperti ini:

Broadcast via oddCast
Klik OK dan kemudian klik "Connect".

Memulai Broadcast Radio Online

Jika kamu melakukan step by step datas dengan benar, mestinya encoder sekarang sudah terhubung ke Icecast dan sudah mulai streaming. Coba lihat gambar berikut:
Stasiun Radio Internet Siap

Jika kamu ingin menjadi penyiar (berbicara di radio) secara live dan tak hanya memutar lagu saja. cukup klik tombol Recording Live, secara otomatis akan menyiarkan apa pun yang kamu katakan. Tentu harus nenggunakan microphone atau apa saja yang bisa kamu pakai sebagai audio input. Klik sekali lagi untuk kembali ke musik normal

Catatan: saya memang belum menguji yang broadcast live, tetapi sangat mungkin bisa jalan mengingat lagu yang saya putar bisa didengarkan. Jika ada masalah kamu bisa komentar di sini

Mengetes Radio sudah On-air

"Source Level Stats" dari Icecast juga mestinya berubah-ubah untuk mebg-udara-kan streaming radio kamu, dan akan terlihat seperti ini:

Stasiun Radio Internet
Coba kamu tes dengan mengkoneksikan dengan audio player lain. Bukan yang dipakai untuk memutar lagu. Alamatnya
http://localhost:8000/stream.ogg
Contoh untuk Winamp : klik Open URL).

Jika sudah dapat dimainkan dengan baik. Sekarang kamu dapat mmempublikasikan radio online kamu untuk dimainkan dengan Winamp atau audio player lain yang pendengar gunakan (tidak bisa diputar dengan BROWSER) ke alamat IP Public kamu dengan format

http://alamat-ip-public-pc:8000/stream.ogg
Jika kamu tidak tahu alamat ip publik kamu, kunjungi http://www.whatismyip.com/

Jika jika kamu ingin melakukan streaming pada jaringan LAN saja, silahka melihat "Client Address" pada tab "Details" dari Local Area Connection untuk mendapatksn alanat IP pc kamu

Trouble shoot

Jika ada notifikasi error, swamplingman menyarankan agar Anda memberikan pengguna Anda hak akses penuh untuk folder Icecast dan Winamp.

Catatan: Sebelum mem-broadcast musik atau apapun secara online, pastikan kamu memiliki hak untuk melakukannya, jika tidak, kamu bisa saja dituntut dengan tuduhan pelanggaran hak cipta (hadewh...).

Jika muncul masalah koneksi, mungkin karena NAT atau firewall yg tidak mengizinkan orang lain (komputer lain) untuk terhubung ke komputer Anda.

Untuk memperjelas: Kamu (dari jaringan internal) hanya dapat terhubung ke stasiun menggunakan IP internal kamu (musalnya 192.168.1.12). Sedangkan pendengar dari internet hanya dapat terhubung menggunakan IP dari whatismyip.com dan hanya jika kamu sudah di-forward ke port 8000. Kamu bisa menanyakan pada administrator jaringanmu atau kunjungi www.portforward.com untuk pemahaman lebih lanjut, karena masalah ini berada di luar cakupan tutorial yang saya buat kali ini

Disqus Comments