14.11.17

iPhone X punya Segudang Masalah, Alasan untuk Tidak Membelinya?

Mungkin akan ada yang bilang bahwa banderol iPhone X yang setara sepeda motor bebek tak jadi masalah dengan dengan kualitas yang ditawarkan. iPhone X yang di luncurkan 12 September lalu dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis neural engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya dan segudang fitur menarik lainnya.

Tingginya harga iPhone X, memang tak jadi masalah bagi Apple Fanboy (sebutan pengguna 'garis keras' perangkat Apple), namun apa lacur, ternyata banyak masalah yang muncul ke permukaan sejak iPhone X resmi di luncurkan dan kini mulai di jual di Asia Tenggara. Tak sedikit Apple Fanboy yang mengeluh mengingat nilai kocek yang harus dirogoh.

Tak Sesuai Harapan, Hadirnya iPhone X ternyata Penuh dengan Masalah

Apa saja sih masalah yang merundung ponsel cerdas terbaru Apple? Berikut ini masalah-masalah yang mendera iPhone X yang cukup layak untuk jadi alasan untuk batal membeli iPhone X. Agar tak di bilang anti Apple atau omdo, saya sertakan juga artikel dari sumber yang kredibel.

Face ID iPhone X Bisa Dijebol

Sumber: http://www.moneycontrol.com/news/technology/yet-another-iphone-x-face-id-fail-this-time-vietnamese-tech-experts-crack-it-with-a-mask-2437093.html

Saat meluncurkan iPhone X pada September silam, Apple mengklaim Face ID paling aman. Mereka sempat mengatakan topeng wajah buatan Hollywood sekalipun tidak mampu membobol fitur keamanan tersebut.

Tapi pada kenyataannya, Face ID dapat dengan gampang ditipu dengan topeng wajah hasil cetak 3D buatan perusahaan keamanan cyber asal Vietnam, Bkav. Ini dibuktikan mereka dalam sebuah video pengujian singkat berdurasi satu setengah menit.

Terlihat hanya dalam hitungan detik, iPhone X sudah terbuka kuncinya. Durasi yang sama ketika Face ID memindai muka orang asli.

Dalam videonya, Vice President Blav Ngo Tuan Anh sempat menjelaskan bahwa topeng yang dipakai pengujian merupakan hasil penggabungan cetak 3D dengan gambar 2D dan make up. Selain itu mereka melakukan memprosesan khusus di pipi dan sekitar wajah.

Untuk melihat lebih jelas bagaimana proses uji yang dilakukan Bkav, berikut videonya

Layar iPhone X Muncul Garis Hijau

Sumber: https://www.macrumors.com/2017/11/10/iphone-x-green-line-on-display/

iPhone X yang baru sepekan dirilis pun menghadapi persoalan yang serupa dengan Pixel 2 milik Google.

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa mereka mendapati garis hijau di pinggiran layar OLED iPhone X. Kendati di-restart, garis hijau tersebut tidak hilang.

Pantauan laman 9to5Mac di halaman dukungan Apple, sudah 35 orang pengguna yang telah melaporkan masalah tersebut. Laman 9to5Mac memprediksi kemungkinana masih banyak pemakai iPhone X lain yang mendapati garis hijau di ponselnya. Tapi mereka belum mengirim pengaduan di situs Apple.

Lewat akun Twitter-nya, Apple Support sendiri sempat menanggapi keluhan garis hijau ini yang dikicaukan salah satu pengguna. Mereka menanyakan apakah sang pengguna tadi telah memperbarui iOS 11.1.1. Tapi sejauh ini, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, AS itu belum merespon secara resmi terkait masalah tersebut.

iPhone X Speaker Pecah

Sumber: https://www.engadget.com/2017/11/13/iphone-x-crackling-speaker-issue/

Sejumlah pengguna iPhone X melaporkan ada masalah pada speaker di ponsel miliknya yang kerap terdengar pecah atau kresek-kresek.

Meski bukan terbilang masalah yang besar, sejumlah pengguna mempertanyakan kualitas speaker yang dibenamkan Apple di iPhone X. Apalagi fanboy harus merogoh kocek yang tak sedikit untuk memboyong ponsel ini.

Tapi masalah ini tak dialami semua pengguna iPhone X, walau tak juga bisa dibilang sedikit. Pengguna yang apes akan mengalami suara semacam kresek-kresek di ponselnya ketika menaikkan volume.

Namun speaker kresek-kresek bukan pertama kalinya dialami iPhone X. Sebelumnya, pengguna iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga mengeluhkan hal yang sama. Untungnya, hanya perlu update software untuk menuntaskan masalah tersebut.

Belum ketahuan apakah Apple akan menggunakan solusi yang sama untuk iPhone X. Tapi kabar beredar kalau masalah speaker di iPhone X bersumber dari komponennya. Sehingga satu-satunya cara untuk memperbaiki adalah dengan melakukan penggantian.

iPhone X Ternyata Tak Tahan Cuaca Dingin

Sumber: https://www.usatoday.com/story/tech/columnist/baig/2017/11/10/apple-readying-fix-iphone-x-becomes-unresponsive-cold/852141001/

Beberapa pengguna iPhone X juga mengeluhkan kalau ponsel baru mereka tidak dapat berfungsi dengan baik dalam cuaca dingin. Pihak Apple mengakui isu tersebut dan berjanji segera melakukan perbaikan.

Beberapa pembeli iPhone X komplain di media sosial kalau layar sentuh ponsel itu menjadi tidak responsif atau tidak akurat dalam kondisi dingin. Ini bisa menjadi masalah besar seiring cuaca dingin yang mulai melanda Amerika Serikat.

Apple membenarkan masalah ini. "Kami menyadari layar iPhone X untuk beberapa waktu tidak responsif terhadap sentuhan dalam lingkungan yang dingin," sebut Apple seperti dikutip dari USA Today.

iPhone X adalah iPhone pertama yang menggunakan layar jenis OLED, menyajikan tampilan lebih cemerlang. Namun demikian, layar semacam ini lebih susah diproduksi di mana Apple mempercayakannya pada Samsung.

Nah itulah masalah-masalah cukup serius yang menjadi alasan bagi peminat iPhone X membatalkan keinginan untuk memiliki ponsel premium ini. Namun, jika anda tak mempermasalahkan hal yang disebut diatas, apalagi jika anda salah satu fans setia dari produk-produk Apple, anda boleh mulai berburu iPhone X ke Singapura dan Malaysia.

Jadi, Bagaimana menurutmu, apakah layak membeli iPhone X?

credit gambar teaser: techradar.com

Disqus Comments