19.11.17

Rilis Cuma Selisih 2 Bulan Antara Vivo V7 dengan V7+, Bedanya Apa Sih?

Vivo, jenama asal Tiongkok yang mendulang popularitas akhir-akhir ini di Tanah Air baru saja meluncurkan ponsel V7. Padahal, September 2017 mereka baru merilis ponsel V7+ yang harganya lebih mahal sekitar Rp1 juta.

Skin “Vivo Selfie Goddess” untuk Hero “Eudora” dari gim Mobile Legends: Bang Bang yang dapat dinikmati pengguna Vivo V7 secara gratis © Vivo Indonesia

Pihak Vivo tidak khawatir kalau kedua ponsel tersebut saling memakan porsi pasar. "Mereka bisa memilih sesuai karakter pribadi dan juga kemampuannya masing-masing," kata Edy Kusuma, Brand Manager Vivo Mobile Indonesia, saat peluncuran Vivo V7, di Jakarta, Kamis (16/11).

V7 yang dibanderol Rp3,799 juta hadir dengan bentuk dan spesifikasi kelas menengah. Ditawarkan dengan dua pilihan warna, yaitu hitam dan emas, Vivo V7 akan tersedia di gerai Vivo seluruh Indonesia per 18 November 2017.

Sedangkan Vivo V7 sudah bisa dipesan secara daring di 10 toko resmi Vivo seperti JD.ID, DinoMarket.com, Lazada, Blibli, Elevenia, Akulaku, Bhinneka, Tokopedia, Shopee, dan MatahariMall.com.

Hingga 30 November 2017, konsumen yang melakukan pembelian Vivo V7 melalui toko daring resmi tersebut akan mendapatkan hadiah tambahan seperti Bluetooth speaker, dan kuota 10GB/bulan hingga tiga bulan dengan harga Rp45 ribu untuk pra bayar dan Rp50 ribu untuk pasca bayar dari Telkomsel.

Kembali ke September, Vivo telah lebih dulu meluncurkan ponsel V7+. V7 serupa dengan V7+ hanya saja dibanderol harga lebih murah dengan selisih sekitar Rp1 juta.

Silahkan Cek Harga Vivo V7 atau Harga Vivo V7+ di Lazada

Apa saja perbedaan V7 dan V7+? Berikut kami sarikan untuk Anda.

1. Bodi dan layar

Vivo V7 memiliki dimensi bodi metal dan ukuran layar yang lebih kecil dari saudaranya, meski angkanya tipis.

Bodi V7 memiliki dimensi 149,3 x 72.8 x 7,9 mm dengan bobot 139 gram. Sedangkan V7+ 155,9 x 75,8 x 7,7 mm dengan bobot 160 gram. Saat digenggam, kami merasa V7 terasa lebih nyaman karena bagian belakang bodi yang lebih berisi dan melengkung, ketimbang bentuk mengotak tipis yang dimiliki V7+.

Layar keduanya memiliki selisih 0,29 inci saja, di mana V7 dengan 5,7 inci berbanding 5,99 inci. Layaknya ponsel terkini, konsep layar 18:9 diusung keduanya sehingga dapat berikan pandangan yang luas dan terlihat penuh.

Bentuk layar seperti ini diklaim Vivo dapat berikan tampilan 12,5 persen lebih banyak dari ukuran layar 16:9 yang sebelumnya diusung oleh ponsel-ponsel Android lain.

Namun layar jenis IPS yang dimiliki keduanya masih resolusi HD+ (720 x 1440 piksel) saja belum Full HD 1080p. Saat ditanyakan dalam acara yang sama, Eric Ye selaku Product Director Vivo Indonesia menjelaskan alasannya.

"Kami melakukan penelitian pelanggan sebelum meluncurkan ponsel, hasilnya layar dengan resolusi HD 720p masih mumpuni untuk berikan pandangan yang baik. Selain itu karena ponsel ini menargetkan kelas mulai menengah maka penggunaan resolusi HD juga dapat menekan agar harga tetap terjangkau."

Perbandingan bagian muka Vivo V7 (kiri) dengan V7+ (kanan)© Yoseph Edwin /Beritagar.id

2. Spesifikasi

Dari segi dapur pacu, keduanya berbagi spesifikasi yang sama. Sebut saja prosesor delapan inti dari Qualcomm berjenis Snapdragon 450 1,8GHz, RAM 4GB, kamera belakang 16MP dan kamera depan 24MP dengan konfigurasi yang sama, serta sama-sama berjalan di FunTouch OS berbasis Android Nougat 7.1.2.

Yang membedakan hanyalah segi memori internal di mana V7 dibekali memori berkapasitas 32GB sedangkan V7+ 64GB. Namun keduanya mendukung kartu memori hingga 256GB.

Baterai juga menjadi pembeda, dengan selisih sekitar 200mAh, baterai V7+ lebih besar yakni 3225mAh sedangkan V7 3000 mAh. Selain itu audio V7+ lebih mahir dengan dukungan cip audio Hi-Fi AK4376A 32-bit sehingga dapat memberikan keluaran suara yang lebih berkualitas.

Perbandingan bagian belakang Vivo V7 (kiri) dengan V7+ (kanan)© Yoseph Edwin /Beritagar.id

3. Nilai tambah

Resmi bekerjasama dengan Moonton selaku perusahaan pemegang lisensi gim Mobile Legends: Bang Bang, Vivo khusus berikan skinterbaru "Vivo Selfie Goddess" yang di-desain ekslusif bagi para pengguna Vivo V7 di Indonesia. Skin yang ditujukan untuk karakter "Eudora" ini sudah dapat dinikmati pengguna Vivo V7 secara gratis.

Selain itu, untuk memaksimalkan pengalman bermain, Vivo membuat fitur khusus bernama Game Mode. Fitur ini bisa diaktifkan melalui menu Pengaturan (Setting) dengan menggeser tuas ke kanan. Setelah diaktifkan, fitur ini bisa mencegah beragam notifikasi agar tak langsung muncul saat permainan berlangsung.

Bermain Game Mobile Legends? Ada 10 Tips Agar Pemula Cepat Jadi Mythic.

Akan ada jendela kecil di bagian atas layar yang menampilkan notifikasi atau panggilan masuk. Pengguna bisa melihat dan melakukan kontrol jika ingin menolak atau mengabaikan panggilan masuk.

Didirikan pada tahun 2009, dan dimiliki oleh perusahaan induk yang sama dengan OnePlus dan OPPO, Vivo berhasil masuk daftar 10 vendor ponsel pintar teratas di dunia pada tahun 2015. Kemudian 5 besar tahun lalu. Peningkatan yang cukup pesat dalam industri ponsel pintar global.

Dalam beberapa kuartal terakhir, Xiaomi berhasil menggantikan posisi pemain baru yang ambisius ini di belakang Samsung, Apple, Huawei, dan OPPO dalam penjualan ponsel pintar global.

Meski demikian, terlihat Vivo terus membombardir kehadirannya di Asia dan akan meluas ke seluruh dunia melalui kerjasama resmi dengan Piala Dunia Rusia 2018 mendatang.

sumber: beritagar.id
Disqus Comments