18.11.17

Fitur Keren Android Oreo yang Belum Ada pada Nougat

Google resmi mengumumkan penerus Android Nougat tepat pada 21 Agustus 2017 lalu. Nama biskuit populer Oreo resmi diadopsi sebagai nama sistem operasi Android 8.0 tersebut. Mengusung banyak pembaruan juga fitur menarik, terbersit tanya apakah Android Oreo lebih baik dari Android Nougat?

Tentu. Sebagai bukti jawaban tersebut, berikut penjelasan terperinci yang terbagi dalam dua skala, yakni peningkatan skala kecil (minor update) dan peningkatan skala besar (major update).

Peningkatan minor

Android Oreo data membawa perubahan tampilan. Walau tak drastis, nyatanya cukup membuat tampilan Android Oreo jadi lebih segar. Tampilan yang mengalami perubahan adalah Home Screen, Notifikasi, App Drawer, Menu Setting, Menu Storage, dan Menu Battery.

Bukan cuma menawarkan perubahan tampilan, Android Oreo pun membawa sejumlah fitur menarik. Beberapa merupakan fitu baru, tapi ada juga pembaruan fitur lama dengan peningkatan kemampuan sehingga menjadi lebih baik dari Nougat. Beberapa fitur tersebut antaranya:

Autofill

Pada pembaruan kali ini, Android menghadirkan fitur baru bernama Autofill. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan data dari setiap form yang pernah anda isi, seperti data username, password, alamat (atau tiang listrik favorit?) dan lain sebagainya. Jadi ketika anda mengisi form dengan format yang sama, sistem akan menampilkan beberapa informasi yang telah tersimpan sehingga form akan terisi secara otomatis, tidak perlu menulis ulang.

Kamu juga perlu tahu: Ada pembaruan, Google Chrome Perangi Situs Jahat dan akhirnya UC Browser di usir dari Playstore karena diduga mencuri data pengguna.

Fitur ini sebnarnya bukan hal baru. Mengingat fitur yang sama sudah ada namun terbatas pada web browser Chrome. Kini, Google berhasil mengimplementasikannya ke tingkat system agar semua aplikasi Android bisa memanfaatkannya. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat pergi ke menu settings » system » languages & input » advanced » input assistance » autofill service.

Smart Text Selection

Android juga memperbarui kinerja Text Selection. Kini fitur Text Selection pada Android Oreo dapat mengenali format text dan memberikan beberapa opsi. Semisal ketika anda memilih text dengan format alamat, fitur Text Selection akan memberikan opsi untuk membuka Google Maps.

Contoh lainnya, ketika anda memilih karakter dengan format nomor telepon, Text Selection akan memberikan opsi khusus untuk langsung menelepon nomor tersebut. Sudah dipastikan bahwa Text Selection milik Android Oreo jauh lebih canggih dari pada fitur yang sama pada Android Nougat.

Picture-in-picture

Pada awalnya fitur Picture-in-picture hanya tersedia pada Android TV, kini Android berhasil menghadirkan fitur bermanfaat ini pada semua perangkat baik smartphone maupun tablet. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini berbeda dengan fitur Split Screen.

Adanya fitur Picture-in-picture membawa pengalaman multitasking yang begitu menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan fitur ini anda bisa menonton atau streaming video sambil melakukan kegiatan lainnya. Fitur ini merupakan fitur baru dan yang belum atau tidak tersedia pada Android Nougat.

Emoji

Tak cukup sampai di situ, Android Oreo juga memberikan pilihan emoji yang jauh lebih banyak dan lebih variatif daripada Android Nougat. Mulai dari emoji ekspresi wajah, emoji binatang, emoji kendaraan, dan masih banyak lainnya. Hal ini terdengar sangat menarik, apalagi bagi pengguna yang sering menghabiskan waktu untuk chatting dan berinteraksi di media sosial.

WiFi Aware

Fitur WiFi Aware atau biasa disebut dengan Neighbor Awareness Networking (NAN) memungkinkan perangkat untuk saling terhubung satu sama lain tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga ataupun access point. Fitur ini sangatlah berguna sebab pengguna dapat mengirim dan menerima data dengan lebih cepat serta lebih praktis.

Peningkatan mayor

Beberapa fitur pada peningkatan minor di atas sebenarnya sudah memberikan pengaruh besar terhadap pengalaman komputasi, Tetapi nyatanya peningkatan Android Oreo lebih dari itu semua. Android Oreo juga memberikan pembaruan yang terbukti belum tersedia pada versi Android sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah:

Background Limit

Daya tahan baterai jadi sisi yang selalu ditingkatkan oleh Android. Oleh sebab itu, mereka menanamkan fitur bernama Background Limits untuk meminimalisir kebutuhan baterai smartphone.

anda tahu aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang jadi biang kerok borosnya baterai smartphone. Untuk itu dengan adanya fitur ini, aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu akan dibasmi secara otomatis. Sejatinya, fitur ini belum tersedia pada Android Nougat secara eksplisit dan hanya tersedia jika mengaktifkan menu Pilihan pengembang.

Notification option

Notifikasi atau pemberitahuan juga menjadi salah satu bagian yang diperhatikan oleh Google. Pengguna Android Oreo bisa mengelola notifikasi lebih leluasa. Seperti (misalnya) menunda nontifikasi selama 15 menit, 30 menit, satu jam, atau bahkan hingga dua jam. Selain itu, pengguna juga bisa menggolongkan notifikasi berdasarkan channel tertentu.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan quick preview notifikasi dengan cara menahan icon aplikasi. Dengan fitur mengintip ini, pengguna Android Oreo tidak akan melewatkan notifikasi yang masuk. Lagi-lagi fitur ini belum ada pada Android Nougat.

Audio option

Android Oreo tak lupa memberikan pembaruan untuk audio. Pada Android Oreo, pengembang (pembuat aplikasi) diberikan hak khusus untuk mengelola audio dari setiap aplikasi yang mereka buat.

Selain pilihan yang lebih leluasa untuk pengembang, dengan adanya beberapa smartphone yang mulai meninggalkan jack audio, untu pertama kalinya Android membekali sistem operasinya dengan Qualcomm apTx, sehingga dapat dipastikan pengguna Android Oreo bisa memanjakan diri dengan audio Bluetooth berkualitas tinggi.

Fitur-fitur Android Oreo yang disebut diatas Tiang listrik banget kan?

Disqus Comments