19.9.17

Harga Xiaomi Mi 6 RAM 6GB, 64/128 GB dan Spesifikasi

Harga Xiaomi Mi6


Harga

Rp4.800.000 – Rp5.800.000

Status

Sudah dirilis (April 2017)

Bodi

145.2 x 70.5 x 7.5mm, 168 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz

GPU

Adreno 540

RAM

6 GB

Storage

64/128 GB

Layar

IPS 5,15 inci (1.920 x 1.080 piksel) ~428 ppi

Kamera

12 MP+12 MP & 8 MP

Baterai

3.350 mAh

Sistem Operasi

MIUI 8.0 (Android 7.1.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Konektivitas

Dual-band Wi-Fi, Bluetooth v 5.0, GPS, NFC, IR Blaster

Interface

USB Type-C 1.0

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, hygrometer

Lainnya

Fast charging, Splash resistant

Setelah sempat menjadi perbincangan hangat beberapa hari belakangan ini, akhirnya Xiaomi Mi 6 resmi dirilis di Cina. Sesuai dengan sejumlah rumor yang beredar sebelumnya, Xiaomi Mi 6 hadir mengusung spesifikasi mentereng dan desain bodi yang mewah. Ada sejumlah hal baru yang disematkan pada smartphone ini. Apa saja spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari Xiaomi Mi 6?

Desain konvensional, nyaman digenggaman

Dari sisi desain bodi, Xiaomi Mi 6 tidak banyak berubah dibanding generasi sebelumnya. Sebetulnya banyak yang berharap smartphone ini hadir dengan desain yang inovatif. Namun seperti yang bisa dilihat bahwa bezel atas dan bawah pada smartphone ini masih terlihat tebal. Pada bagian bawah layar masih ada tombol Home fisik.

Xiaomi membalut bodi smartphone ini dengan material logam. Satu hal yang menarik dari desain Mi 6 kali ini adalah penggunaan material stainless steel pada frame-nya. Material tersebut akan menambah kesan mewah serta kokoh dari smartphone ini. Xiaomi Mi 6 juga diklaim cukup nyaman dalam genggaman dan terasa lebih ramping berkat desain bodi belakangnya yang melengkung di keempat sisinya. Xiaomi Mi 6 juga bakal memilik versi yang berbalut material keramik.

Tanpa jack audio

Salah satu terobosan yang dihadirkan pada smartphone ini adalah dihilangkannya jack audio 3,5 mm. Sebagai penggantinya, Xiaomi juga menyediakan earphone bawaan berbasis USB Type-C. Sebelumnya, langkah ini telah ditempuh oleh Apple melalui iPhone 7 dan Motorola melalui produk Moto Z.

Keputusan Xiaomi menghilangkan jack audio pada Mi 6 sebenarnya agak nyeleneh. Pasalnya jika pun ingin tetap menyematkan lubang jack audio, ketebalan smartphone ini masih mencukupi. Selain itu Mi 6 juga bukanlah smartphone yang benar-benar tahan air yang bisa dibawa menyelam.

Splash resistant

Selama ini Xiaomi Mi 6 dikabarkan akan dibekali kemampuan anti air. Namun ternyata, smartphone ini hanya dibekali kemampu splash resistant (cipratan air), yang berarti bahwa perangkat tersebut berperingkat di bawah standar IP67 atau IP68. Jadi jangan sampai Anda membawa smartphone ini menyelam, karena bukan tak mungkin menyebabkan kerusakan.

CPU teratas dan RAM 6 GB

Xiaomi Mi 6 menjadi smartphone asal Cina pertama yang bisa menikmati chipset Qualcomm Snapdragon 835. Chipset yang berasitektur 10 nm ini memiliki prosesor octa-core (4x 2,45 GHz Kyro & 4x 1m9 GHz Kyro) dan GPU Adreno 540. Untuk mendukung kinerja dapur pacunya, Xiaomi menyematkan RAM sebesar 6 GB.

Terdapat dua varian internal storage, yakni varian 64 GB dan 128 GB. Kabarnya, skor AnTuTu Xiaomi Mi 6 mencapai 184.292 poin. Jika benar, maka skor ini mampu melebihi skor AnTuTu yang diraih Samsung Galaxy S8 yang hanya 171 ribuan poin saja.

Kamera ala iPhone 7 Plus

Tak hanya pada sektor dapur pacunya saja Xiaomi melampaui Samsung Galaxy S8. Pada sektor kamera, di atas kertas Xiaomi Mi 6 memiliki spesifikasi kamera yang lebih unggul dibanding Galaxy S8. Keunggulannya terletak pada kamera belakang yang menggunakan dual-camera dengan optical zoom beresolusi 12 MP. Konfigurasi kamera utama Mi 6 yakni satu kamera 12 megapiksel untuk mengambil gambar wide-angle dan satu kamera 12 megapiksel untuk keperluan telephoto.

Dengan menggunakan dual-camera, Xiaomi Mi 6 mampu menghasilkan efek bokeh yang cukup dramatis. Kamera utama Mi 6 juga telah dibekali fitur 4-axis OIS yang membuat hasil jepretan lebih stabil. Pada bagian depan, Xiaomi menyematkan kamera selfie beresolusi 8 MP.

Baterai fast charging

Xiaomi juga membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas cukup besar dan lebih besar dari smartphone yang dianggap sebagai pesaing terdekatnya seperti iPhone 7, Samsung Galaxy S8, Huawei P10, Vivo X9, dan OPPO R9s. Xiaomi Mi 6 memiliki baterai berkapasitas 3.350 mAh lengkap dengan fitur fast charging.

Harga Xiaomi Mi 6

Selain mengungkapkan spesifikasinya, Xiaomi juga menyampaikan banderol harga Mi 6 untuk pasar Cina. Untuk Xiaomi Mi 6 varian RAM 6 GB dan internal storage 64 GB dibanderol dengan harga 2.499 RMB atau sekitar Rp4,8 jutaan. Adapun untuk varian RAM 6 GB dan internal storage 128 GB, dijual dengan harga 2.899 RMB atau sekitar Rp5,6 jutaan.

Selain itu, Xiaomi Mi 6 juga bakal memiliki varian ceramic dengan RAM 6 GB dan internal storage 128 GB seharga 2.999 RMB atau setara dengan Rp5,8 jutaan. Harga ketiga model Xiaomi Mi 6 di atas merupakan banderol untuk pasar Cina.

Disqus Comments