9.9.17

Cara Pasang ROM MIUI 9 Untuk Lenovo A6000/plus/SE

Apa kabar Lenovo A6000? Lama tak ada kabar update OTA untuk smartphone ini bukan semakin sesak dada ini ketika mendengar kabar Update MIUI 9 yang dibagikan untuk semua device-nya?
Smartphone Xiaomi memang selalu dapat update meskipun ponsel produksi lawas sekalipun. Wuit, Lenovo A6000 anda pun bisa merasakan sensasi MIUI 9 yang baru saja dirilis. Apa bisa dipasang di Lenovo A6000 Plus dan A6000 SE? Bisaaaa...

Note: Untuk Lenovo A6010 juga ada MIUI 9, cara pasang dan Link unduhnya juga sudah ada di blog ini.

Bukan rahasia bahwa pemilik ponsel Lenovo dan lainnya juga terkadang kepincut untuk mengganti ROM bawaan dengan memasang ROM MIUI sejak MIUI 7 hingga MIUI 8. Kini, dengan rilisnya MIUI 9 yang terbaru pun bisa anda nantikan di situs developer Rusia.

Namun, bukan itu yang akan saya bagikan. Lebih baik (pendapat pribadi) memakai ROM MIUI 9 Global Beta hasil porting agan Difa Agung yang berbasis Android 4.4. Alasannya, dari pengalaman lebih ringan Android 4.4 daripada Android 5.1. Jika anda sudah tahu bagaimana cara mengganti ROM, silahkan langsung unduh ROM MIUI 9 untuk Lenovo A6000 berikut dan eksekusi lewat TWRP. Ingat, resiko tanggung penumpang.

Eh? Belum tahu caranya? Gampang, ikuti panduan singkat berikut:

Cara Memasang MIUI 9 Kitkat pada Lenovo A6000


Sebelum memulai, syarat utama untuk mengganti ROM (tak hanya ROM MIUI) adalah mempunyai Custom Recovery. Paling direkomendasikan adalah TWRP Recovery. Jika belum punya atau belum terpasang silahkan cari tutorial pasang TWRP Lenovo A6010 di blog ini.

Jika sudah terpasang, simak langkah-langkah berikut:

Pindahkan file miui_A6000Global_7.9.7_481c3edeb1_4.4.zip yang sudah anda download sebelumnya ke sdcard dan matikan ponsel anda terlebih dahulu

Nyalakan kembali Lenovo A6000 ke dalam mode recovery dengan cara menekan tombol Power + Vol down + Vol up secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo TWRP Recovery kemudian epaskan semua tombol.

Setelah muncul menu utama, sebaiknya pilih menu back-up untuk berjaga-jaga. Jika merasa tidak perlu langsung saja pilih menu Wipe dan geser slider ke arah kanan. Tunggu hingga selesai.

Lanjutkan dengan memilih menu Install dan arahkan ke lokasi file ROM MIUI 9 di sdcard anda, pilih, dan konfirmasi pemasangan dengan menggeser slider ke arah kanan. Tunggu proses instalasi selesai. biasanya cukup singkat, kurang dari 10 menit.

Pilih Reboot to System jika proses flashing sudah selesai. Biasanya, disinilah proses terlama, bahkan bisa sampai 15 menit lebih hanya untuk setup environment pertamakali. Jadi sabar saja.

Bagaimana, Cukup mudah bukan cara pasang MIUI 9 untuk Lenovo A6000 ini? Lalu bagaimana kesan anda ROM MIUI 9 7.9.7 Global by Difa Agung yang baru saja anda pasang? Apakah ada kendala atau malah lanjay habis? Jangan lupa tinggalkan jejak atau diskusikan pengalamanmu di kolom komentar.
Disqus Comments