25.7.17

Kenali dan Pahami Fungsi Codename Hape Xiaomi

Xiaomi mempunyai banyak varian dengan penanaman yang sangat mirip. Kemiripan ini terkadang membuat bingung penggunanya. Bahkan banyak juga yang bingung saat ingin membeli hape android keluaran Xiaomi. Misalkan saja antara Redmi Note 4X dengan Redmi 4X atau Redmi Note 4 Snapdragon. Bahkan ada juga ang memperdebatkan apakah Redmi 3 Pro itu sama dengan Redmi 3 Prime, misalnya. Lalu, adakah cara yang untuk membedakannya? Tentu ada. Yakni dengan melihat code name atau kode nama yang diberikan pada ponsel-ponsel Xiaomi.

Fungsi Codename Pada Hape Xiaomi


Kode nama atau Codename Xiaomi sebenarnya diberikan untuk keperluan pengembangan, baik itu OS MIUI maupun keperluan pengembangan lainnya. Pemberian codename biasanya didasarkan atas kesamaan hardware yang dibenankam. Dengan mengetahui codename-nya, anda bisa dengan mudah membedakan atau memastikan apakah dua device dengan pebamaan yang berbeda adalah ponsel yang sama. Dengan melihat nama kode yang di sematkan, anda juga bisa memastikan lebih jauh lagi, apakah firmware atau rom yang anda unduh sesuai dengan ponsel anda, apakah bisa di pasang pada ponsel tersebut atau tidak, dan seterusnya.

Tahukah anda, bahwa produsen ponsel lain juga menggunakan codename untuk keperlun pengembangan softwarenya? Jadi mengenali ponsel dengan codename ini adalah hal lumrah dan bukan cuma Xiaomi saja yang melkukannya. Misal: Oneplus one punya kide Bacon, dan dan Lenovo A6000 punya nama kode Kraft. Bahkan codename sudah digunakan sebelum ponsel murah Xiaomi booming. Ingat dengan hape buatan Samsung bernama Galaxy Mini? Galmin juga punya codename, yakni Tess.

Fungsi lainnya yang paling akrab dengan opreker adalah agar tidak salah melakukan flashing firmware. Karena resiko jika sampai salah firmware, bisa saja ponsel malah mati total. Pada prakteknya, kadang opreker juga bisa memakai firmware ponsel yang berbeda jika mereka tahu bahwa ternyata dua ponsel tersebut punya codename yang sama.

Daftar Codename (Nama Kode) Hape Xiaomi


Untuk ponsel Xiaomi sendiri, sudah banyak yang dirilis hingga saat artikel ini di posting. Masing-masing hape Xiaomi tersebut punya code-nya sendiri sejak Redmi 1s. Hanya Redmi 1 yang belum punya nama kode. Berikut adalah daftar code nama masing masing-masing dengan format penulisan: Nama Ponsel - Nama Kode.

Codename Hape Xiaomi Tipe Redmi s/d tahun 2016


Redmi 1 - N/A
Redmi 1S - Armani
Redmi 2/A/Prime - Thomas (lihat catatan tambahan dibawah)
Redmi 3/3 Pro/3 Prime - Ido
Redmi 3S/3X/3S Prime - Land
Redmi Note 1S/1CT/1CU - Gucci
Redmi Note 3G - lcsh92_wet_jb9
Redmi Note 4G - Dior
Redmi Note 2 - Hermes
Redmi Note 3 MTK - Hennessy
Redmi Note 3 Pro - Kenzo
Redmi Note 3 SE - Kate
Redmi Pro - Omega
Redmi Note 4 - Nikel

Codename Hape Xiaomi Tipe Mi s/d tahun 2016


Mi 1/S - Mione_plus
Mi 2/C/S/SE - Aries
Mi 2A - Taurus
Mi 3W - Cancro
Mi 3TD - Pisces
Mi 4 - Cancro
Mi 4i - Ferrari
Mi 4c - Libra
Mi 4s - Aqua
Mi 5 - Gemini
Mi Note - Virgo
Mi Note Pro - Leo
Mi Pad - Mocha
Mi Pad 2 - Latte
Mi Max - Hydrogen
Mi Max Pro - Helium

Daftar Codename diatas adalah ponsel yang dikeluarkan hingga tahun 2016. Sementara saat ini sudah ada beberapa Codename Xiaomi Terbaru 2017 untuk hape yang baru dirilis, yakni:

Codename Hape Xiaomi Tipe Redmi tahun 2017


Redmi 4a - Rolex
Redmi 4 - Prada
Redmi 4 Prime - Markw
Redmi 4x - Santoni
Redmi Note 4x - Mido

Codename Hape Xiaomi Tipe Mi tahun 2017


Mi 5s - Capricorn
Mi 5s Plus - Natrium
Mi 6 - Sagit

Catatan tambahan untuk Xiaomi Redmi 2: memiliki lebih banyak variasi codename, jika anda bergabung dengan komunutas pengguna Redmi 2, mubgkin lebih kebal dengan istilah ekor 11, ekor 17, ekor 19 dst. Yaitu 2 angka setelah "HM20148--", misalnya: HM2014811 berarti ekor 11. Dua angka dibelakang menandakan jaringan duplex yang dipakai. Berikut informasi beberapa kode untuk Redmi 2:

Redmi 2 Biasa & Prime = HM2014811/17/18/21 (wt88047)
Redmi 2 A/Enhanced - HM2014812/13/16 (wt86047)
Redmi 2 Pro - HM2014819

Nama kode Redmi 2 di dalam kurung dipakai untuk proyek pengembangan firmware atau ROM open source seperti Cyanogen Mod (sekarang LineageOS), Ressurrection Remix dan Custom ROM berbasis Andoid Open Source Project (AOSP) lainnya.

Nah, itulah fungsi sebenarnya code name Xiaomi selain untuk membedakan varian dan tipe ponsel. Semoga daftar kode nama Xiaomi diatas juga bisa membantu anda dalamm mengenal ponsel xiaomi yang anda miliki maupun saat ingin melakukan flashing ROM yang sesuai.
Disqus Comments