Cara Termudah dan Paten Unlock 4G LTE Semua Xiaomi

Cara Termudah dan Paten Unlock 4G LTE Semua Xiaomi

Seperti yang sudah anda semua ketahui, bahwa tak semua ponsel 4G milik Xiaomi bisa menggunakan frekuensi 4G di Indonesia. Ini karena device/hape tersebut tidak memenuhi TKDN yang disyaratkan oleh pemerintah. Jika dulu masih repot jika ingin Unlock jaringan 4G LTE, kini semakin mudah. Cukup dengan sedikit trik, ponsel Xiaomi yang dikunci pada jaringan 3G saja, kini bisa di buka. Sehingga semua ponsel Xiaomi yang sebelumnya tidak bisa menikmati jaringan LTE, kini pun bisa.

Jadi apa triknya? Sebentar, saya jelaskan dulu sebelum anda melangkah lebih lanjut. Trik unlocking 4G terbaru ini sebenarnya muncul saat Xiaomi merilis beberapa device (di tahun 2017) yang sudah memenuhi TKDN yang disyaratkan pemerintah. Sudah bisa menebak arahnya? Oke, dengan beberapa ponsel yang sudah boleh menggunakan jaringan 4G, maka anda bisa mengakali device yang belum memenuhi TKDN supaya dikenali oleh system MIUI sebagai devices yang sudah memenuhi TKDN. Sederhana bukan?

Jadi bagaimana caranya? Baiklah, sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan anda sudah memliki hak akses root. Jika belum root, anda bisa mencari tutorial rooting di blog ini. Kalau saya, lebih merekomendasikan menggunakan Magisk Systemles Root. Silahkan dibaca dulu tutorial memasang Magisk.

Selanjutnya, setelah punya hak akses root, unduh build.prop editor di playstore. Jalankan dan izinkan jika muncul permintaan hak akses root dari build prop editor.

Buka file build.prop, dengan teks editor bawaan root explorer juga bisa. Tetapi lebih mudah lagi jika mengedit melalui kolom yang disediakan oleh build.prop editor.

Nah, disinilah anda bisa melakukan modifikasi agar device Xiaomi anda dikenali sebagai device yang sudah memenuhi TKDN. System OS MIUI mengunci otomatis pengaturan Prioritas LTE pada ROM Global dengan mengenali codename yang ada pada file build.prop.

Jadi, triknya adalah dengan merubah properti "ro.product.device" dan "ro.product.mod_device" asli dengan codename device yang diinginkan. Misalnya Redmi 3X dengan codename "land" bisa diganti dengan codename Redmi 4X "santoni". Maka, ganti kolom propertinya yang semula "land" menjadi "santoni". Atau jika ingin menyamarkan Redmi Note 3 Pro sebagai Redmi Note 4X, bisa menggunakan codename-nya "mido" sebagai ganti "kenzo".

Terakhir, simpan file build.prop dan silahkan restart ponsel anda agar system membuka kunci pengaturan jaringan secara otomatis.

Setelah menyala, buka "pengaturan kartu sim dan seluler" dan pilih kartu sim yang ingin menggunakan jaringan 4G LTE. Pada menu "Tipe Jaringan Prioritas", menu "Prefer LTE" atau "Prioritas LTE" pun muncul meskipun ponsel anda termasuk ponsel Xiaomi yang tidak lulus TKDN. Selamat ya...

Kini, tergantung apakah daerah anda sudah tercover 4G atau belum. Kini anda juga sudah bisa memaksa agar ponsel menggunakan jaringan 4G melalui menu test jaringan dengan melakukan dial *#*#4636#*#* karena pilihan jaringan yang sebelumnya hilang, sekarang sudah muncul kembali.

Trik Unlock 4G LTE Xiaomi ini bisa di pakai di semua ROM MIUI, baik itu ROM Global Stable terbaru maupun ROM Global Beta terbaru sekalipun. Bagaimana? Sangat mudah sekali kan? Anda tidak perlu menggunakan file zip apapun untuk unlock 4G LTE. Satu lagi, berapa kalipun anda melakukan update, anda tetap bisa kembali melakukan unlock jaringan 4G LTE lagi pada Xiaomi anda tanpa masuk TWRP recovery.

Jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar. Dan sebarkan ke teman-teman Anda supaya tidak ada lagi diskriminasi antar sesama ponsel Xiaomi.

Share this:

Disqus Comments