28.4.17

Situs Telkomsel Diretas, Tampilan Penuh Caci Maki Minta Internet Murah

Situs milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkomsel, diserang oleh cracker (peretas topi hitam) tak dikenal. Tampilan website Telkomsel saat dicari dari google menunjukkan Judul dan Deskripsi laman yang aneh.
diretas telkomsel jadi telkomnyet
Halaman utama situs Telkomsel dirubah judulnya menjadi FUCK TELKOMNYET!. Sementara dibagian bawahnya (deskripsi) tertulis kata-kata tuntutan dari cracker:
Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal. Babi! Makan aja susah, apalagi beli kuota internet. Monyet! Murahin harga kuota internet, Nyet!

Situs Telkomsel sendiri tak bisa diakses masuk pagi ini. Saat mencoba mengakses dari browser Puffin Mobile pun ada peringatan 501: Certification Error. Begitupun saat di akses dari browser Chrome.
501 telkomsel invalid certificatesertifikat tidak sah
Update: Dengan browser Chrome, Pukul 08:30 sudah bisa menampilkan laman login, meskipun sertifikat keamanan masih invalid (tidak sah)

Hingga saat saya menuliskan temuan ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Telkomsel terkait peretasan tersebut. Termasuk apakah ada pencurian data sensitif pelanggan atau tidak.

Telkomsel sendiri merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Telkomsel didirikan bersama antara PT Telkom dengan Indosat pada tahun 1995 dan meluncurkan kartu Halo pada tanggal 26 Mei 1995 sebagai layanan paska bayar.

Disqus Comments