Review Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A Terbaru Lengkap

Review Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A Terbaru Lengkap

Inovasi yang dilakukan Xiaomi patut diacungi jempol, mereka telah merilis smartphone murah yang memiliki desain premium dan performa powerfull, yaitu smartphone “Xiaomi Redmi 4A”. Bisa dikatakan smartphone ini merupakan versi murah dari Redmi 4 standar, jadi jangan heran apabila spesifikasinya lebih rendah. Walaupun begitu, Redmi 4A tetap bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi, akses internet, dan kebutuhan mobile lainnya yang dijamin akan memanjakan penggunanya.

Layar 5 inci telah terpampang pada bagian depan dan didalamnya telah tertanam processor Quad Core 64-Bit yang berpadu dengan chipset generasi terbaru dari Qualcomm. Sedangkan untuk sektor kamera, Xiaomi Redmi 4A mengandalkan kamera depan 5 Megapixel dan dibagian belakang telah terpasang sensor beresolusi 13 Megapixel. Lalu ada pula baterai berkapasitas besar dan dukungan 4G LTE berkecepatan tinggi. Nah bagi sobat yang penasaran ingin mengetahui spesifikasi lengkap dan harga Xiaomi Redmi 4A, silahkan simak informasi berikut ini.

Meskipun Xiaomi membanderolnya dengan harga USD$74 jika rupiahkan harga Xiaomi Redmi 4A sekitar 970 Ribuan. Sayangnya smartphone ini belum dilengkapi fitur Fingerprint Sensor, karena Xiaomi harus menekan harga jualnya, sehingga menghilangkan beberapa fitur yang kita jumpai pada Redmi 4 standar. Meski berbalut bodi metal, harga Xiaomi Redmi 4A tetap dibanderol murah.
Namun Harga murah ini sepertinya hanya isapan jempol. Sebab dalam kenyataannya harga
Smartphone ini bisa anda dapatkan dengan harga kisaran 1,5 juta rupiah untuk varian 2/16 dan 1,2 jutaan untuk varian 2/32. Harga Xiaomi Redmi 4A tersebut bukanlah harga resmi, karena smarpthone ini masuk ke Indonesia melalui distributor. Meskipun masih jauh lebih murah dibandingkan Redmi 4 ataupun Redmi 4 Prime.

Bodi dan Layar Redmi 4A


Xiaomi Redmi 4A memiliki bodi berbalut metal yang tampak elegan dan mewah. Ukuran bodinya tergolong ramping dengan dimensi tinggi 139.5 mm, lebar 70.4 dan tebal hanya 8.5 mm saja. Sementara beratnya juga ringan yakni hanya 131.5 gram saja. Untuk pilihan warna, tersedia warna Rose Gold dan Gold yang siap dipilih sesuai selera.

Luasan layar 5 inc dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen melengkapi Xiaomi Redmi 4A yang mempunyai resolusi 720 x 1280 pixels dengan tingkat kepadatan ~294 ppi menjadikannya nyaman dan layak untuk menonton film/video HD. Meskipun layar tersebut belum mengadopsi kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen yang sebelumnya dipakai Redmi 4 standar dan Redmi 4 Prime.

Kapasitas penyimpanan Redmi 4A


Dengan kapasitas penyimpanan internal tersisa sekitar 25 GB untuk varian (RAM 2 GB ROM 32 GB) rasanya sudah cukup besar untuk menyimpan file file multimedia baik lagu berupa mp3 maupun video clip. Jika dihitung kasar, momori internal yang tersisa mampuenampung 25 film dengan durasi 2-3 jam dengan kualitas HD (720p). Sedangkan untuk varian RAM 2 GB ROM 16 GB sisa kapasitas penyimpanan internal sekitar 10 GB juga masih cukup.

Jika kapasitas penyimpanan masih belum cukup, anda bisa menambahkan memori tambahan hingga 256 GB pada slot microSD yang di sediakan.

Performa Hardware dan Software Redmi 4A


Redmi 4A dibekali prosesor be-cipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan CPU Cortex-A53 Quad-core dengan masing-masing into bekerja pada frekuensi 1,4 GHz. Cukup gegas dalam half pengolahan data. Dngan di dukung RAM 2 GB aplikasi game mainstream bisa dimainkan dengan lancar tanpa kuatir nge-lag karena GPU yang di sematkan sudah menggunakan Adreno 308 yang masih terbilang mumpuni menangani pengolahan grafis.

Meskipun ada sedikit keraguan mengingat OS MIUI 8 yang dipakai sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow. Tetapi masih lebih baik dibandingkan Lollipop dalam hal manajemen RAM. Apalagi ROM MIUI terkenal dengan kustomasi tampilan dan banyaknya aplikasi bawaan yang (kadang) tidak terpakai dan ikut membebani kinerja prosesor dan memakan RAM.

Dukungan Konektifitas dan Jaringan Redmi 4A


Untuk terkoneksi dengan internet, Redmi 4A sudah bisa menggunakan jaringan 4G LTE secara resmi tanpa harus melakukan patch lagi seperti ponsel yang tidak lulus TKDN seperti Redmi Note 3 dan Redmi 3. Slot kartu SIM mampu menampung 2 kartu, micro SIM dan nano SIM.

Jika anda kebetulan ingin menggunakan jaringan Wi-Fi, Redmi 4A mampu terhubung dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Konektivitas Mampu bertukar data/file menggunakan Wi-Fi Direct. Fitur Hotspot juga tersedia untuk berbagi data anda dengan teman yang sedangkan fakir quota.

Rekomendasi Aplikasi Hemat Quota

Fitur lainnya yang bisa anda gunakan adalah
Bluetooth v4.1 untuk berbagi file yang mendukung A2DP sehingga bisa digunakan untuk terhubung dengan bluetooth Headset stereo. Fitur infra red juga ada, yang bisa and a manfaatkan sebagai remote control (dengan menggunakan mi remote atau aplikasi pain).
Dan tentu saja port microUSB v2.0 untuk koneksi data dan charging baterai.

Rekomendasi: Tips Charging Smartphone

Sensor accelerometer, sensor gyro, sensor proximity dan compass juga di sediakan untuk melengkapi fitur GPS dengan dukungan A-GPS dan GLONASS.

Kamera dan Multimedia Redmi 4A


Kamera belakang mempunyai rwsolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 dilengkapi autofocus dan LED flash. Sementara bagian depan juga tersemat kamera dengan resolusi maksimal 5 MP cukup bagus untuk keperluan swafoto. Hasil foto standard saja tidak begitu mempesona jika menggunakan kamera bawaan OS MIUI.

Kamera Redmi 4A juga sudah mampu merekam Video kualitas Full HD 1080p@30fps.

Rekomendasi: Video Editor Tanpa Tanda Air

Daya Tahan Baterai Redmi 4A


Baterai terpasang paten dan tidak bisa di copot (Non-Removable) dengan material Lithium Polymer berkapasitas 3.120 mah. Lebih kecil daripada dengan seri Redmi 3 maupun Redmi 4 standard.

Rekomendasi: Tips Cerdas Hemat Baterai

Harga Xiaomi Redmi 4A di Indonesia
Rumor yang beredar bahwa Redmi 4A bakalan dijual dengan harga tak sampai 1 juta mentah. Kenyataannya, di berbagai Situs jual beli Online saat review ini di tulis, masih berkisar antara 1,5 juta hingga 1,6 jutaan. Di Situ's jual neli lazada harga paling murah Rp. 1.620.000 bebas ongkir. Sementara di situs Shoope dibanderol dengan harga paling murah Rp. 1.460.000 juga gratis ongkir. Sedangkan di bukalapak dan tokopedia meskipun harga termurah kurang dari 1,5 juta belum termasuk ongkir yang jika dihitung masih tetap di kisaran 1,5-1,6 jutaan.

Perlu anda perhatikan, bahwa varian Redmi 4A 2/16 di hargai kisaran 1,1 - 1,2 jutaan. Namun dengan kapasitas ROM 16 GB RAM (memori internal tersisa 10 GB) dengan harga termurah di situs Shopee Rp. 1.190.000

Untuk perkiraan harga Redmi 4A diatas bisa bertahan hingga 3 bulan kedepan (Juli 2017) yang akan kemungkinan akan turun hingga mencapai kisaran 1,4 juta RAM 2 GB ROM 32 GB (2/32) dan 1 jutaan untuk varian 2/16 mengingat di bulan tersebut akan bermunculan ponsel-ponsel yang lebih baru lagi.

Sedangkan harga di konter hape saat ini hampir sama dengan selisih sekitar 50-100 ribuan lebih mahal dari toko online. Namun jika anda beruntung bisa mendapatkan harga di bawah 1,5 juta untuk Redmi 4A (2/32) sedangkan untuk varian Redmi 4A (2/16) masih belum dijumpai.

Jika di bandingkan dengan harga ponsel produksi Samsung dan Oppo, dilihat dari performa dan spesifikasi yang didapat lebih baik dengan harga yang setara. Toh selisih harga jika dijual kembali hanya turun sekitar 100-150 ribuan dari harga baru saat ini. Harga jual kembali lebih stabil, hampir sama dengan ponsel Samsung. Berbeda dengan Oppo yang jika dijual harga bisa turun hingga 500an ribu. Kesimpulannya, Xiaomi Redmi 4A jadi ponsel idaman bagi pemburu ponsel murah yang take kalah gahar dengan ponsel premium.

Share this:

Disqus Comments