Cara Tingkatkan Kualitas Audio Redmi 4 Prime dengan Dolby Atmos

Cara Tingkatkan Kualitas Audio Redmi 4 Prime dengan Dolby Atmos

Beberapa bulan yang lalu, Xiaomi merilis Redmi 4 Series. Diantaranya, Redmi 4A, Redmi 4, dan Redmi 4A Prime selain Redmi 4 Prime. Redmi 4 Prime merupakan varian paling lengkap dari segi fitur yang dibenamkan diantara semua varian Redmi 4 series.
Dibekali dengan Chipset Snapdragon 25 dan Adreno 506 membuat Smartphone ini memiliki performa yang gak kalah dengan Redmi Note 3 Pro. Untukinformasi saja, Redmi 4A dan Redmi 4A menggunakan kode nama ROLEX sedangkan Redmi 4 dan Redmi 4 Prime menggunakan kode nama lain untuk membedakan firmare yang digunakan. Selengkapnya bisa dibaca artikel lain seperti cara root dan pasang TWRP atau melakukan flashing firmare di blog ini.

Untuk saat ini, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara memasang add-on Dolby Atmos agar kualitas audio Redmi 4 menjadi lebih nendang. Jadi, apa itu Dolby Atmos? Dolby Atmos ialah teknologi suround-sound. Dengan Dolby Atmos, tentu kualitas suara saat memutar musik menjadi lebih baik lagi. Termasuk suara saat memutar video atau film kesukaan pun menjadi lebih bisa dinikmati jika kualitas audio yang baik. Tetapi, ini baru bisa benar-benar dinikmati jika anda menggunakan Headset, apalagi headset yang berkualitas.

Ubahan Dolby Atmos ini sudah di ujicobakan pada Redmi 4 Prime dan tidak ada masalah. Jadi seharusnya bisa digunakan untuk modifikasi audio pada Redmi 4. Sedangkan untuk Redmi 4A maupun Redmi 4A (rolex) pun sangat mungkin bisa digunakan walaupun ada beda spesifikasi, mengingat Dolby Atmos ini juga bisa dipasang pada Redmi 3 Prime (ido). Tetapi silahkan lakukan Nandroid Backup terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan.

via Zippyshare

Untuk memasang modifikasi audio Dolby Atmos menggunakan TWRP Recovery jadi harus:

Sudah Unlock Bootloader, agar bisa memasang TWRP Recovery.
memasang TWRP untuk melakukan flashing Dolby Atmos.
Jangan lupa, unduh Uninstaller Dolby Atmos. Agar anda bisa mengembalikan audio seperti semula jika anda merasa tidak puas dengan kualitas audio setelah Dolby Atmos terpasang.
Unduh un-installer Dolby di sini.

Cara Install Dolby Atmos pada Xiaomi Redmi 4 Series

Setelah file zip Dolby Atmos 6.25 di atas anda unduh.
Salin file Dolby ke penyimpanan internal agar lebih mudah ketika meakka.
Reboot Rke TWRP dengan cara Mematikan Redmi 4 dan nyalakan kembali dengan menekan dan tahan Volume + + Volume - + Power.
Saat logo MI muncul lepaskan tombol Poeer sembari tetap menekan kedua tombol lainnya hingga muncul logo TWRP
Lepaskan semua tombol saat sudah masuk menu-menu TWRP.
Pilih menu Install dan arahkan ke lokasi file Dolby zip yang disalin sebelumnya.
Swipe indikator bar ke arah kanan untuk melakukan flashing.
Tunggu sebentar hingga proses pemasangan Dolby Atmos selesai.
Silahkan pilih menu Reboot to System.
Sebaiknya memilih menu wipe cache sebelum reboot, meskipun tak masalah jika tanpa wipe terlebih dahulu

Silahkan lihat apakah di Home screen Redmi 4 anda sudah ada ikon aplikasi Dolby Atmos. Coba buka dan lakukan pengaturan sesuai keinginan.

Ada yang tidak dimengerti? Tuliskan pertanyaan dikolom komentar. Atau sekedar meninggalkan jejak juga boleh. Oh iya, bagikan jika artikel Cara Meningkatkan Kualitas Audio Redmi 4 Prime dengan Dolby Atmos ini anda rasa bermanfaat.

Share this:

Disqus Comments