Untung atau Rugi Jika Melakukan Unlock GSM 4G Andomax LTE series

Ponsel cerdas Andromax LTE series yang merupakan seri kebanggaan provider telekomunikasi Smartfren merupakan smartphone bundling pertama yang bisa melakukan VoLTE. Ponsel-ponsel seri LTE ini jadi buruan terutama bagi pengguna yang ingin memiliki ponsel 4G dengan harga bersahabat. Seri LTE Andromax tersrbut diantaranya: Andromax A, Andromax EC, Andromax ES, Andromax Q, Andromax QI, Andromax R, Andromax R2, Andromax E2 dan E2plus, Andromax B juga Andromax L.

Tahun lalu, saat saya membagikan teknik untuk unlock GSM 4G ponsel Smartfren, saya tidak menyangka akan begitu diminati, dan diburu. Karena sebenarnya banyak kerugian yang akan didapatkan oleh pemilik Andromax LTE series jika menggunakan provider lain. Mungkin untuk tahun lalu saat jaringan 4G LTE di Indonesia masih belum merata, bisa jadi solusi bagi pemilik yang di daerahnya masih belum dijangkau 4G Smartfren. Namun untuk saat ini rasanya sudah tidak begitu diperlukan.

Selain itu, sebenarnya apakah boleh melakukan unlocking jaringan Seri Andromax LTE agar bisa digunakan untuk operator GSM lain? Jawabannya: HARAM. Saya sendiri tidak menyarankan. Selain beberapa alasan kerugian yang akan di alami jika melakukan unlock 4G smartfren, pihak Smartften juga secara tegas menyatakan:

Dilarang melakukan pembukaan jaringan untuk operator lain secara paksa (unlock) pada perangkat Andromax. Hal tersebut akan mengakibatkan menurunnya kinerja perangkat (malfungsi), hilangnya garansi, dan layanan purna jual. Pelaku juga akan mendapatkan tuntutan secara hukum. - selengkapnya bisa di lihat [di sini]
Di halaman Update Firmware tersebut Smartfren tidak secara tegas melarang untuk melakukan perubahan piranti lunak dengan metode apapun (Rooting, Modifikasi Kernell, Modifikasi Boot Loader, ROM dan sebagainya) selain yang telah disediakan oleh PT. Smartfren Telecom. Tetapi saat menyinggung unlock jaringan, Smartfren menyatakan bisa saja melakukan tuntutan hukum. Nah lo??

Saya tidak berusaha menakut-nakuti anda. Silahkan saja melakukan unlock 4G smartfren, namun dengan resiko yang anda tanggung sendiri. Saya tidak akan melakukan update artikel yang sebelumnya saya tulis, mengingat di artikel tersebut jadi semacam tempat diskusi. Lihat saja jumlah komentar yang di publish, masih banyak yang tidak saya publikasikan karena tidak membantu, atau mengulang pertanyaan yang sudah ada.

screenshot komentar

Dan lagi, jika saat ini anda melakukan pencarian dengan kata kunci "unlock andromax q", "download patch unlock 4g gsm smartfren" atau "cara unlock gsm andromax r2" di google, anda akan menemukan banyak sekali tutorial unlocking dengan teknik yang sama saja dengan rahasia unlocking 4G smartfren yang saya tulis. Bahkan banyak juga yang menbuat tutorial video unlock smartfren di Youtube. Jadi silahkan ber-improvisasi sendiri, dan silahkan membuat tutorial unlock yang lebih canggih lagi.

Kalau seandainya pihak smartfren benar benar melakukan tuntutan hukum, kira-kira berapa keuntungan yang bakal didapat dari kompensasi kerugian materiil ya? ~~abaikan ini dan silahkan lanjut membaca.

Kalau dipikir-pikir, bukankah lebih baik membeli ponsel dari brand lain yang tidak terkunci jaringannya. Mungkin lebih mahal sedikit, tapi ada kok yang lebih murah dengan kualitas yang setara. Secara pribadi, saya tidak tertarik (lagi) untuk melakukan pembukaan kunci jaringan smartfren karena selain melawan hukum, bagi saya provider Smartfren masih lebih baik dari penyedia lain dengan adanya dukungan fitur Voice over LTE-nya. Setidaknya untuk saat ini.

Baca: Harga Paket Data Smartfren Terbaru

Jadi masih mau melakukan Unlocking Ponsel Andromax LTE series? Sebaiknya tidak, karena baru-baru ini Smartfren juga memberikan update firmware dengan kemampuan VoLTE untuk ponsel yang sebelumnya belum bisa melakukan VoLTE. Tetapi keputusan tetap di tangan anda, dengan segala resiko yang harus anda tanggung sendiri. Bagaimana kalau menurut anda? Komen di bawah ya...

BTW, salam oprek, jangan nyengir kalau tidal ada telpon masuk saat memakai 4G LTE provider GSM.

Show comments
Hide comments

2 Responses to Untung atau Rugi Jika Melakukan Unlock GSM 4G Andomax LTE series

  1. Untuk Smartfrend paket 4Gnya sedikit.. Kebanyakan provider lain lebih bnyak mendapatkan paket internet 4G.. oleh karena itu bisa di katakan Paket Smartfren Mahal.. Tapi sya juga mendukung pemakaian provider smartfren.. karena di wilayah saya smartfren joss.. kecepatan Unduh 2mb/s.

    ReplyDelete
  2. gak masalah sih gak bisa angkat telfon kalo dalam mode 4g LTE, namanya juga jomblo, dulu pake smartfren pengen paket malamnya tapi eet dah, katanya udah berakhir 31 maret. kalau saya sih ada minat unlock XD

    ReplyDelete

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x