Cara Pasang dan Daftar WhatsApp untuk Tablet

Aplikasi chat/pesan biasanya tidak tersedia di Google Playstore untuk tablet Android yang hanya mempunyai fitur konektivitas Wi-Fi dan/atau Bluethoot saja tanpa slot kartu sim. Tak hanya yang tidak punya slot kartu sim, kadang tablet yang punya kartu sim pun masih muncul peringatan "Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini" saat ingin memasang dari Playstore. Jadi, bagaimana agar bisa memasang WA dari Playstore? Ringkasnya tidak ada, tapi ada solusi lain.

Satu-satunya cara (tanpa root) untuk memasang aplikasi WhatsApp pada tablet yang di-vonis "tidak kompatibel" adalah dengan memasang aplikasi dengan mengunduh file apk (paket aplikasi) dari situs WhatsApp sendiri.
Anda juga bisa mengunduh dari sumber lain atau pihak ketiga yang terpercaya. Salah satu situs yang saya rekomendasikan adalah ApkMirror mengingat reputasi pemiliknya. FYI, situs tersebut dikelola oleh pengembang yang sama dengan situs AndroidPolice.

Memasang Aplikasi WhatsApp untuk Tablet

Solusi ini tak hanya untuk WhatsApp, tetapi untuk aplikasi apapun yang muncul peringatan "Perangkat Anda tidak kompatibel bla..bla..bla" di Playstore. Untuk mempersingkat, silahkan unduh APK WhatsApp untuk Tablet Android di situs resmi WhatsApp.
catatan: Jika anda diarahkan ke Playstore, pilih menu browser (ada 3 titik di kanan atas) dan centang "minta situs desktop" agar tidak dialihkan lagi.

Setelah anda download file APK WhatsApp, cari file apk di folder download dan pasang. Jangan lupa untuk mengatur tablet agar bisa memasang aplikasi dari sumber lain dengan meng-aktifkan pilihan "Sumber tidak dikenal" / "Unknown Sources" dari Pengaturan ~ Keamanan / Settings ~ Security.

Cara Daftar WhatsApp dari Tablet Android


Untuk menggunakan WhatsApp, anda perlu memasukkan 6 digit kode verifikasi yang dikirim melalui SMS ke nomor yang anda registrasikan. Jika anda mendaftar/masuk dengan ponsel, aplikasi whatsapp akan secara otomatis membaca kode tersebut. Jadi anda tidak perlu memasukkan kode lagi. Tetapi, jika dari Tablet yang tidak ada fitur telepon/sms, Anda memerlukan bantuan ponsel lain (bukan ponsel android juga bisa) untuk menerima kode verifikasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan ponsel dan kartu sim yang akan digunakan untuk daftar WhatsApp, aktifkan.

2. Buka aplikasi WA yang terpasang di Tablet Android dan masukkan nomor telepon dari simcard yang Anda sudah anda siapkan di langkah 1 saat di minta. Pilih negara Indonesia dan isikan nomer tanpa "0" (nol).

3. Pilih OK dalam aplikasi WA di tablet anda untuk meminta kode verifikasi lewat SMS. Kode akan dikirim ke nomer yang ada di ponsel.

4. Ambil ponsel, dan tunggu SMS masuk dari WA. Catat 6 angka yang di berikan dalam SMS.

5. Ambil lagi Tablet dan isikan 6 nomor tadi ke kolom yang di sediakan. WhatsApp akan mem-verifikasi kode dan mulai menanyakan beberapa detail informasi. Isikan semau anda.

6. WhatAspp anda sudah bisa anda pakai dari tablet.

Jika nomor anda sebelumnya sudah pernah anda pakai, kontak yang sudah anda simpan akan segera muncul. Jika ini nomor baru (kartu baru/perdana), tidak akan ada kontak sama sekali. Jadi anda perlu memasukkan nomor kenalan Anda satu persatu ke daftar kontak, kecuali Anda sudah men-sinkronisasi kontak anda dengan akun google.

Semoga tutorial tentang cara menggunakan WhatsApp (WA) di tablet android dan cara daftarnya ini bermanfaat untuk anda. Silahkan bertanya di kolom komentar jika ada kesulitan atau ada yang bel di pahami, terutama mengenai daftar kontak WhatsApp. Selamat mencoba.

0 Response to Cara Pasang dan Daftar WhatsApp untuk Tablet

Post a Comment

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×