Cara Unlock Bootloader Resmi Xiaomi Termudah dan Terbaru

Pabrikan ponsel cerdas Xiaomi sukses menjadi vendor yang cepat diterima masyarakat sejak pertama kali terjun ke bisnis smartphone. Ini karena Xiaomi menawarkan ponsel murah berspesifikasi mewah. Selain itu, Xiaomi juga didukung oleh banyaknya pemilik ponsel yang aktif di forum sehingga memudahkan dalam proses mengenal produk mereka. Di dalam forum miui, mereka juga bebas berbagi tips/trik dari yang remeh hingga proses rooting, tweaking bahkan tutorial mengganti rom lain pun diperbolehkan.

Namun, semua smartphone Xiaomi yang dirilis terhitung akhir 2015, dipasarkan dengan kondisi Bootloader terkunci. Ini demi alasan keamanan pemilik ponsel Xiaomi. Tetapi, Xiaomi juga memberikan pilihan untuk membuka kunci bootloader secara resmi, bahkan disediakan juga software-nya secara resmi. Situs untuk meminta izin Official Unlock Bootloader bagi pemilik ponsel Xiaomi keluaran terbaru tersebut juga bisa diakses siapa saja agar bisa melakukan Unclock Bootloader.

Bootloader Xiaomi

Istilah bootloader ini bisa dijelaskan sebagai sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk oleh smartphone Xiaomi. Dengan mengunci Bootloader, smartphone Xiaomi sepenuhnya berada dalam tanggung jawab vendor, termasuk memberikan update. Jika smartphone Xiaomi sudah di-unlock Bootloader-nya, maka tidak akan lagi mendapat dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari Xiaomi. Jadi kenapa harus di-unlock? Jawabannya bervariasi, umumnya karena ingin bebas mengganti Custom ROM dan memasang Custom Recovery. Atau hanya agar bisa melakukan rooting dan membuang bloatware/adware yang terpasang dalam system atau ROM MIUI.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Seperti sudah saya sebutkan, meski mengunci bootloader ponsel-ponsel terbarunya, Xiaomi tetap menyediakan tool khusus untuk memudahkan pengguna meng-unlock Bootloader.

Sedangkan cara unlock bootloader Xiaomi bisa mengikuti tutorial berikut dengan syarat: Anda harus sudah punya Mi Account. Silahkan mendaftar akun Xiaomi langsung dari smartphone menggunakan nomor hape anda atau bisa juga dengan alamat e-mail jika melalui laptop/komputer.
152338k60cm5ovvywo0z09.jpg.thumb
Berikut langkah demi langkahnya:

Langkah #1: Buka alamat situs untuk Request Unlock Bootloader Xiaomi, kemudian klik Unlock Now.
cara-unlock-bootloader-xiaomi (2)

Langkah #2: Ketika sudah masuk halaman berikutnya, login dengan Mi Account dan password yang anda daftarkan sebelumnya. Gunakan nomor handphone jika mendaftar melalui hape xiaomi, atau email jika mendaftar melalui laptop. Ingat, akun xiaomi yang diguankan harus sama antara yang digunakan untuk request dan akun xiaomi yang dipakai di ponsel Xiaomi anda.
cara-unlock-bootloader-xiaomi (3)

Langkah #3. Isi formulir permintaan pembukaan kunci bootloader yang ada di halaman berikutnya. Isi setidaknya 2 kalimat dalam bahasa Inggris. Hingga langkah ini, anda harus menunggu SMS dari Xiaomi yang mberitahukan bahwa anda dizinkan membuka bootloader berikut kode unlock. Paling cepat (kalau anda hoki) 1 hari sudah ada SMS. Biasanya berkisar antara 2-3 hari dan paling lama 10 hari.

Pro tips: Gunakan akun Xiaomi untuk login di forum hingga menjadi Senior Member memperbesar kemungkinan lebih cepat mendapat SMS.

Babak pertama selesai. Babak kedua Unlock Bootloader bisa anda mulai setelah mendapatkan SMS izin unlock dari Xiaomi. Buka lagi http://en.miui.com/unlock/ dan login dengan akun anda sebelumnya untuk mengunduh software Miflash Unlock App. Atau bisa juga dari sini atau Miflash update terbaru 2017 dari sini

Langkah #1: Ekstrak file zip Miflash Unlock App ke laptop/komputer. Jalankan dengan cara klik kanan pada MiFlashUnlock.exe dan klik Run as Administrator.
cara-unlock-bootloader-xiaomi (8)
cara-unlock-bootloader-xiaomi (5)

Setelah terpasang, buka Miflash Unlock App dan login dengan akun yang sama.

cara-unlock-bootloader-xiaomi (6)

Langkah #2: Matikan ponsel Xiaomi anda dan asuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power serta Volume Down bersamaan hingga muncul gambar Mi Bunny sedang memperbaik Android.
cara-unlock-bootloader-xiaomi-(10)

Langkah #3: Hubungkan smartphone Xiaomi ke komputer dengan kabel USB.
cara-unlock-bootloader-xiaomi (4)
Tunggu beberapa saat hingga Miflash Unlock mendeteksi ponsel anda. Setelah terdeteksi, klik tombol Unlock Now yang kini sudah aktif tunggu hingga proses unlock Bootloader ponsel Xiaomi anda selesai.

Dalam proses Unlock Bootloader ini, ponsel Xiaomi anda akan reboot otomatis. Untuk melihat kondisi bootloader smartphone Xiaomi sudah unlock atau belum, bisa anda lihat dari menu: Settings ~ About Phone ~ Development ~ Bootloader

Setelah bootloder sudah unlocked, anda bisa melakukan rooting, modifikasi ROM, juga memasang Custom Recovery bahkan bebas memasang Custom ROM yang anda sukai.

Bagaimana menurut anda? Apakah cara mudah unlock Xiaomi ini bisa anda lakukan?

Disscus/Comment
Hide

0 Response to Cara Unlock Bootloader Resmi Xiaomi Termudah dan Terbaru

Post a Comment

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x