Kenapa Emoticon di Android Kotak-kotak? Begini Memperbaikinya

Emoji, ialah cara mengungkapkan emosi paling mudah saat melakukan chatting. Dengan satu karakter saja, anda bisa menghemat ketikan. Masalahnya adalah terkadang emoticon cuma tampil kotak-kotak di beberapa ponsel android. Gara-gara emoticon kotak ini terkadang (sering malah) bisa bikin salah paham. Jadi, kenapa emoticon tertentu bisa tampil kotak-kotak di android? Apa sebabnya emoticon android cuma tampil kotak-kotak?
Apa Sebab Emoticon di Android Kotak-kotak? Cara Memperbaikinya
Sebabnya, emoji tergantung pada jenis huruf yang terpasang pada sistem (system-level font), dukungan emoji akan bergantung pada versi Android yang dijalankan. Dukungan karakter-karakter emoji yang baru akan ditambahkan pada setiap pembaruan perangkat lunak Android. Emoji sendiri merupakan jenis huruf (karakter unicode) yang terpasang pada sistem (system-level font) sehingga membutuhkan dukungan agar dapat digunakan dan ditampilkan. Tampilan dan jumlah karakter yang didukung bergantung sepenuhnya pada versi Android yang dijalankan. Karena dukungan emoji ditentukan oleh sistem perangkat, penerima pesan mungkin tidak bisa melihat emoji yang Anda kirim. Sebagai contoh, jika Anda mengirimkan karakter yang tersedia pada revisi unicode terbaru ke penerima yang menggunakan perangkat lama dan tidak mendukung karakter tersebut, penerima hanya akan melihat kotak putih saja.

Banyak aplikasi perpesanan yang memiliki karakter-karakter emoji terpisah yang hanya bisa digunakan melalui aplikasi tersebut saja. Aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Instagram, Hangouts, Snapchat, dan lain-lain memiliki dukungan emoji yang sudah terpasang pada aplikasi sehingga Anda memiliki akses untuk menggunakan karakter-karakter emoji yang biasanya tidak didukung oleh perangkat. Sedangkan Android tidak memberikan dukungan untuk melihat emoji pada versi yang lebih lama dari versi 4.1 (Jelly Bean). Selain itu, karakter-karakter emoji berwarna juga tidak ditambahkan pada versi yang lebih lama dari 4.4 (KitKat). Versi-versi Android terdahulu bahkan tidak memungkinkan pengguna untuk melihat karakter-karakter emoji.

Bagaimana Cara Menampilkan Emoticon Kotak-kotak di Android?


Untuk menampilkan emoticon/emoji yang hanya tampil kotak di Android, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Silahkan cek dulu version Android anda dan lihat apakah anda bisa mengikuti tips yang diberikan berikut:

Android 4.4 - 7.1+ - Untuk perangkat yang menjalankan Android versi 4.4 (atau yang lebih baru), Anda dapat menggunakan Google Keyboard untuk menambahkan emoji. Selain itu, papan tik perangkat juga kemungkinan sudah dilengkapi dengan pilihan emoji. Meskipun demikian, ketersediaan dan jenis karakter yang ada akan bergantung pada versi Android yang digunakan.

Android 4.3 - Anda bisa mengaktifkan papan tik iWnn IME untuk memasukkan karakter emoji hitam putih. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh papan tik pihak ketiga untuk memasukkan karakter-karakter emoji berwarna.

Android 4.1 - 4.2 - Anda bisa melihat karakter-karakter emoji tertentu, tetapi Anda tidak memiliki pilihan papan tik yang terpasang untuk menyisipkan emoji. Meskipun demikian, Anda bisa menggunakan papan tik pihak ketiga untuk menyisipkan emoji.

Android 2.3 dan yang lebih lama - Perangkat Anda tidak mendukung tampilan atau masukan emoji. Menyerah saja, atau upgrade Android jika mungkin. :)

Menggunakan Google Keyboard Untuk Menampilkan Emoticon (Android 4.4+)


1. Buka Play Store. Google Keyboard memberikan dukungan penuh untuk semua karakter emoji yang bisa ditampilkan oleh sistem perangkat. Karakter-karakter emoji berwarna sudah tersedia untuk semua perangkat yang menjalankan Android versi 4.4 (KitKat) atau yang lebih baru.

2. Sentuh bilah pencarian Google Play. Bilah tersebut berada di bagian atas layar, ketik google keyboard, pilih “Google Keyboard” pada daftar hasil pencarian.

3. Sentuh tombol Install. Jika Google Keyboard tidak cocok dengan perangkat, cobalah pilihan papan tik yang lain, pilih Accept.

4. Tunggulah hingga proses pemasangan selesai, lihat progres di panel notifikasi.

5. Buka menu pengaturan perangkat. Anda bisa menemukan menu pengaturan (settings) di daftar aplikasi. Ikonnya tampak seperti roda gigi.

6. Geser layar hingga Anda menemukan bagian Personal. Pada beberapa merek, Anda mungkin perlu menyentuh kategori “Personal” terlebih dahulu.

7. Pilih Language & input. Pilih Default pada bagian Keyboards & Input Methods. Pilih Google Keyboard.

8. Buka aplikasi yang menggunakan papan tik. Setelah Google Keyboard diaktifkan, Anda bisa menggunakannya untuk memasukkan karakter-karakter emoji pada pesan.

9. Tekan dan tahan tombol ↵ (Enter). Setelah itu, menu pop-up akan ditampilkan di atas tombol, dengan ”☺” sebagai salah satu pilihannya.

10. Geser jari ke arah pilihan ☺ (smiley) dan lepaskan. Setelah itu, daftar emoji akan ditampilkan. Jika Anda tidak melihat ikon wajah tersenyum, perangkat Anda mungkin tidak mendukung emoji. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba pilihan papan tik yang lain.

11. Sentuh kategori yang ada di bagian atas papan tik. Setelah itu, karakter-karakter emoji dari berbagai kategori akan ditampilkan.

12. Geser layar ke kiri dan kanan untuk melihat lebih banyak karakter. Setiap kategori memiliki beberapa halaman yang memuat simbol untuk dipilih.

13. Sentuh salah satu karakter untuk menyisipkannya dalam teks.

14. Tekan dan tahan karakter-karakter tertentu untuk mengubah warna kulit (Android 7.0+). Jika Anda menggunakan Android versi 7.0 (Nougat) atau yang lebih baru, Anda bisa menekan dan menahan karakter-karakter manusia untuk mengubah warna kulitnya. Fitur ini tidak bisa digunakan jika Anda menggunakan perangkat dengan versi Android yang lebih lama.

Menggunakan iWnn IME Untuk Menampilkan Emoticon (Android 4.3)


1. Buka menu pengaturan. Jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android versi 4.3, Anda bisa mengaktifkan keyboard emoji black white.

2. Geser halaman hingga Anda menemukan bagian Personal.

3. Pilih Language & input. Tandai kotak iWnn IME . Setelah itu, papan tik emoji hitam putih akan diaktifkan pada perangkat.

4. Buka aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengetikkan teks. Misal, SMS atau Messenger.

5. Tekan dan tahan tombol Space pada papan tik. Sentuh tombol Category untuk mengganti kategori emoji.

6.Sentuh tombol << dan >> untuk mengakses halaman-halaman emoji lain.

7. Pilih karakter yang diinginkan untuk menyisipkannya ke teks.

Menampilkan Emoticon/Emoji di Samsung Galaxy Series


Jika anda menggunakan Samsung Galaxy (S4 dan versi yang lebih baru) silahkan ikuti petunjuk berikut:

1. Buka aplikasi yang menggunakan keyboard. Jika Anda menggunakan Samsung Galaxy S4, Note 3, atau model terbaru lainnya, keyboard perangkat kemungkinan sudah medukung emoticon.

2. Tekan dan tahan tombol Gear atau Microphone. Tombol tersebut biasanya berada di sisi kiri tombol/bilah Space pada papan tik. Pada Galaxy S4 dan S5, tombol tersebut ditampilkan dengan ikon roda gigi, sementara pada Galaxy S6, tombol tersebut ditampilkan dengan ikon mikrofon.
Pemilik Samsung Galaxy S7 dapat langsung menyentuh tombol “☺” (wajah tersenyum atau smiley) pada papan tik untuk membuka pilihan emoji.

3. Sentuh tombol ☺ pada menu yang ditampilkan. Dengan tombol tersebut, Anda dapat beralih dari modus papan tik biasa ke modus pemilihan emoji.

4. Pilih kategori emoji yang ditampilkan di bagian bawah papan tik. Setelah itu, Anda bisa melihat beragam jenis emoji yang tersedia.

5. Geser layar ke kiri dan kanan untuk beralih ke halaman lain. Biasanya, setiap kategori emoji memiliki beberapa halaman.

6. Sentuh salah satu emoji yang diinginkan untuk menyisipkannya ke teks. Setelah itu, karakter tersebut akan disisipkan ke teks.

7. Sentuh tombol ABC untuk kembali ke modus papan tik biasa. Papan tik emoji akan ditutup dan modus papan tik biasa akan ditampilkan kembali.

Sekali lagi saya tekankan, tampilan dan jumlah karakter unicode yang didukung bergantung sepenuhnya pada versi Android yang dijalankan. Karena Emoticon merupakan karakter unicode yang terpasang pada sistem (system-level font) sehingga membutuhkan fo t yang mendukung karakter Unicode agar dapat digunakan dan ditampilkan. Untuk device yang mempunyai hak akses root, anda bisa menambahkan dukungan karakter Unicode tertentu dengan melakukan flashing font yang mendunkung karakter Unicode.

Jadi? Selain iWinn, G-Keyboard atau Samsung Keyboard, anda bisa memasang berbagai keyboard dari play store yang mendukung Emoji, Untuk menampilkan kembali emoticon agar tak muncul kotak-kotak. Namun cara ini akan percuma jika lawan chatting anda tidak menggunakan aplikasi yang sama.

Note (curhat, abaikan): Saya menulis artikel menampilkan emoticon kotak-kotak di android karena mengalami pengalaman menjengkelkan di group android brand tertentu gara-gara emoticon tampil kotak-kotak. Saga kebetulan menggunakan LineageOS Nougat 7.1.1 dan member tersebut menggunakan OS berbasis Android 5.1 😒.

Disscus/Comment
Hide

0 Response to Kenapa Emoticon di Android Kotak-kotak? Begini Memperbaikinya

Post a Comment

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x