Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan yang secara resmi dikeluarkan Pemerintah beberapa tahun lalu terbilang sangat populer dan cepat menyerap minat masyarakat. Sebab layanan yang diberikan BPJS Kesehatan mengenakan tarif yang lebih terjangkau.

Pemerintah sebagai pihak yang menjamin terselenggaranya program ini benar-benar memerhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Kesehatan. Hal ini tentu dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat, termasuk dalam segala macam prosedur dan juga ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan


Bayar Iuran BPJS via blogspot.com
Ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan, Anda tentu akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah ini akan sangat tergantung pada jenis layanan yang digunakan. Sebagaimana kewajiban bulanan lainnya, Anda juga akan membutuhkan kemudahan dalam melakukan pengecekan terhadap tagihan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda dalam pengecekan tagihan pembayaran.

1. Melakukan pengecekan melalui website resmi BPJS

Ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang aktif menggunakan layanan internet. Anda cukup masuk ke website resmi BPJS, yakni bpjs-kesehatan.go.id dan melakukan pengecekan tagihan pembayaran dengan beberapa langkah di bawah ini:

Pada halaman utama klik menu “Cek Pembayaran Iuran”
Setelah halaman baru muncul pada layar, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS tersebut.
Setelah mengisi kedua kolom tersebut, Anda juga harus mengetikkan Angka Validasi yang tertera di sana. Kemudian klik “Cek”, rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar. Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.



2. Melakukan pengecekan melalui SMS Gateway

Selain melalui sambungan internet, Pemerintah juga memberikan kemudahan bagi peserta BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan melalui layanan SMS. Layanan SMS Gateway ini tentu akan memudahkan Anda dan juga para pengguna BPJS lainnya yang tidak/jarang menggunakan layanan internet dalam keseharian mereka. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400.

Berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang Anda gunakan dapat diakses melalui nomor tersebut, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (jika Anda melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya). Informasi mengenai tagihan Anda tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Gunakan salah satu dari nomor data diri tersebut untuk mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS Anda, dengan format:

Misalnya, Anda menggunakan Nomor kartu BPJS.

Tagihan Nomor Kartu BPJS

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 087775500400

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan


Kantor BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan
Sama halnya dengan sistem yang diterapkan dalam pengecekan tagihan iuran BPJS, Pemerintah juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa melakukan pembayaran iuran BPJS mereka dengan mudah dan nyaman. Berbagai fasilitas pembayaran dimungkinkan agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam melakukan pembayaran tagihan iuran mereka setiap bulannya. Jika Anda menjadi pengguna layanan BPJS Kesehatan, jangan khawatir mengenai tempat pembayannya. Sebab Anda bisa memilih salah satu dari beberapa tempat pembayaran iuran BPJS di bawah ini.

1. Kantor BPJS Kesehatan

Tempat ini akan sangat tepat bagi Anda yang memang berdomisili atau berkantor di sekitar wilayah kantor BPJS Kesehatan. Anda cukup mendatangi kantor tersebut dan melakukan pembayaran pada loket pembayaran yang tersedia di sana.

2. ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri

Selain di kantor BPJS Kesehatan, Anda juga bisa melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri. BPJS memiliki kerja sama dengan ketiga ATM tersebut sehingga Anda dengan mudah bisa melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS di sana. Ini akan jadi lebih mudah karena Anda tidak perlu antre seperti membayar di loket yang terdapat di kantor BPJS.

3. Kantor Pos

Pihak BPJS juga mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna layanan BPJS Kesehatan yang tinggal di daerah. Kerja sama yang dilakukan dengan PT Pos Indonesia tentu akan memudahkan masyarakat yang tinggal di pedesaan untuk bisa mengakses pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah.

4. Indomaret dan Alfamart

Saat ini pembayaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi dalam membayar iuran tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya.

5. Loket Pembayaran Multitagihan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan loket ini. Sebab saat ini loket pembayaran multitagihan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Pada awalnya, loket ini hanya menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik dan telepon. Namun, sekarang sebagian besar loket ini telah menyediakan layanan pembayaran bagi iuran BPJS Kesehatan. Tidak semua loket memberikan layanan ini karena itu Anda harus menanyakan terlebih dahulu pada petugas di sana.

Pilih Yang mudah dan Paling Tepat


Penggunaan layanan BPJS Kesehatan telah begitu banyak dilakukan masyarakat luas. Barangkali Anda salah satunya. Terkait dengan berbagai kebutuhan informasi dan juga kemudahan lainnya mengenai BPJS Kesehatan, Pemerintah tentu berusaha untuk memberikan layanan dan juga kemudahan bagi Anda untuk mengakses hal tersebut. Ada banyak pilihan pembayaran yang bisa dilakukan saat ini. Mulai dari bank sampai minimarket. Cermati dahulu, baru kemudian pilih fasilitas dan juga jalur pembayaran yang paling tepat bagi Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pembayaran iuran BPJS dengan mudah dan tepat waktu setiap bulannya.

Disscus/Comment
Hide

0 Response to Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Post a Comment

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x