14.12.16

Launcher CyanogenMod 13 (Catapult) Paling Ringan

Catapult Launcher ini merupakan tiruan dari Launcher milik Cyanogen yang dibangun berdasarkan launcher Trebuchet yang ada dalam ROM Cyanogenmod. Launcher yang paling ringan tak ada bandingan. Catapult sendiri dibebaskan untuk didistribusikan berdasarkan lisensi Apache2 yang merupakan kode sumber terbuka. https://bitbucket.org/lenny_kano/catapult/

Soal performa jangan ditanya lagi. saat membuka dan menutup aplikasi menjadi lebih cepat. Saat diujicobakan pada Lenovo Vibe C (menggunakan Android Lollipop 5.1.1) untuk menggantikan Launcher bawaan terbukti lebih smooth. Meskipun Launcher bawaan tersebut sendiri menggunakan Launcher3 yang sebenarnya juga ringan. Tetapi menjadi lebih berat karena sudah dimodifikasi oleh vendor dengan menambahkan kustomasi tema, yang memaksa launcher menunggu resource terload. Alhasil Launcher bawaan yang seharusnya ringan menjadi berat. Ini juga berlaku untuk Launcher bawaan dari Vendor lain (terutama vendor lokal semacam evercoss).


Sayangnya, Catapult launcher ini membutuhkan minimal OS Android 5.0. Bagi anda yang masih memegang ponsel Android 4.1 anda bisa mengganti Launcher bawaan dengan Launcher3 tanpa modifikasi yang juga disertakan.

Untuk lebih detail bisa mengunjungi halaman aplikasi ini di f-droid wiki.

Download Catapult CyanogenMod's Launcher


Versi terakhir dari launcher kloningan Launcher Trebuchet di CyanogenMod 13 ini adalah Versi 12.1-150804 yang terakhirkali dipepbarui tahun lalu (2015-08-28) jadi sepertinya tidak akan ada update lagi.


Permissions Details [ 1, 7, 1, 8]

Bagaimana? Setelah memasang Catapult ponsel terasa lebih ringan saat membuka dan menutup aplikasi kan?
Disqus Comments