2016/11/07

5 Cara Mudah Transfer Uang Tanpa Rekening Bank

5 Cara Mudah Transfer Uang Tanpa Rekening Bank - Transaksi online memudahkan proses jual beli dan lainnya secara cepat, aman dan tanpa batasan waktu. Media transaksi tersebut biasanya bisa terlaksana dengan bantuan dari kartu kredit. Dengan hanya melakukan beberapa kali klik atau menggesek kartu, Anda bisa melakukan transaksi dan transfer uang dengan mudah. Namun sayangnya, di zaman modern seperti ini tidak semua orang memiliki rekening bank atau kartu kredit, terutama untuk orang yang tinggal di wilayah pedesaan dan awam terhadap rekening bank, sehingga menyulitkan mereka untuk mengirim dan menerima uang dengan cara online seperti ini.

Disaat Anda melakukan perjalanan traveling atau ketika Anda menjadi seorang TKI di luar negeri, Anda akan cukup kesulitan untuk mengirim uang kepada keluarga di kampung jika tidak memiliki rekening atau kartu kredit. Apalagi jika saudara dan keluarga di kampung tidak memiliki rekening bank. Tentunya Anda membutuhkan sistem pembayaran yang aman dan nyaman yang bisa mengakomodir segala keperluan Anda yang tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit tersebut.

Anda tidak perlu khawatir jika mendapati masalah yang demikian, sebab saat ini sudah ada berbagai macam metode dan cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan transaksi perbankan walaupun Anda tidak memiliki rekening bank manapun ataupun kartu kredit. Banyak inovasi yang dilakukan oleh dunia perbankan untuk mengakomodir hal tersebut sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat. Apalagi perkembangan dunia teknologi terutama dunia online semakin memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan bahkan antar negara sekalipun. Hebatnya lagi, Anda bisa membeli barang di internet dan barang tersebut akan diantarkan dan Anda bisa membayarnya didepan rumah sendiri.

Mengenal 3 Tipe Transfer Rekening


Jika Anda sudah memiliki rekening bank, tentunya segalanya akan lebih mudah, akan tetapi bagaimana jika orang yang akan dikirim dana ternyata belum memiliki rekening bank? Berikut ini adalah 3 bagian layanan bank dalam transfer rekening.

1. Transfer Antar Rekening Bank (yang sama atau berbeda bank)

Transfer yang satu ini adalah hal yang paling umum dan sering digunakan dalam dunia perbankan. Transfer antar rekening adalah suatu transaksi pengiriman uang antara pengirim dan juga penerima uang sudah mempunyai rekening baik bank yang sama atau yang berbeda. Prosesnya pun sangat cepat dan mudah, bahkan Anda bisa melakukannya hanya dengan smartphone Anda. Bisa melalui online banking atau sms banking.

2. Transfer dari Pengirim yang Belum Memiliki Rekening Bank ke Penerima yang Sudah Memiliki Rekening Bank

Transfer yang satu ini adalah suatu bentuk transfer uang antara pengirim dan penerima dimana pengirim belum memiliki rekening bank dan penerima sudah memiliki rekening. Cara umum yang ditempuh yaitu dengan mengisi dokumen atau formulir transfer yang bisa dilakukan di teller bank dengan biaya administrasi yang dibebankan kepada si pengirim.

3. Transfer Tanpa Rekening Bank

Transfer yang satu ini adalah hal yang akan Anda bahas nantinya. Transfer tanpa menggunakan rekening bank adalah bentuk pengiriman dana antara si pengirim kepada penerima walau keduanya tidak memiliki rekening bank.

Langkah atau Cara-Cara Transfer Uang Tanpa rekening Bank


Ada 3 cara untuk transfer uang dari pengirim dan ke penerima yang sama-sama tidak memiliki rekening bank. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Datang ke Bank Langsung

Datang ke Bank via englishpracticeonline.com
Salah satu cara untuk bisa mengirim uang walau Anda tidak memiliki rekening bank namun si penerima memilikinya. Caranya adalah dengan mendatangi bank secara langsung untuk melakukan pengiriman. Datanglah ke bank yang Anda kehendaki lalu ambil antrean untuk menuju ke teller bank. Setelah Anda dibagian teller bank, katakan kalau keperluan Anda adalah untuk mengirim uang ke rekening yang sudah Anda persiapkan sebelumnya beserta dengan jumlah uang yang akan dikirim. Isi formulir dan bayar biaya administrasi, dan transaksi pun selesai.

2. Melalui Wesel Pos

Wesel Pos via nasionalisrakyatmerdeka.files.wordpress.com
Caranya hampir sama dengan proses transfer di bank yaitu mendatangi kantor pos dan menemui petugas disana untuk mengirimkan uang. Bedanya adalah cara ini bisa untuk mengirim uang ke penerima walaupun ia tidak memiliki rekening bank. Petugas pos akan mengantarkan langsung wesel tersebut ke pihak penerima. Caranya dengan mengisi form yang sudah disediakan, kemudian bayar biaya pengiriman, tanda tangan dan simpan struk pembayaran. Penerima wesel pos bisa mencairkan dana melalui kantor pos setempat.

3. Western Union (WU)

Western Union via fexserv.com
Cara yang ketiga untuk transfer uang tanpa rekening bank adalah dengan menggunakan jasa western union (WU). WU sendiri merupakan suatu jasa pengiriman uang yang melayani pengiriman / transfer uang dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya. Saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan jasa ini sebagai metode pengiriman dan penerimaan uang yang aman, cepat, mudah, dan juga terpercaya yang melayani berbagai negara di dunia.

Beberapa keuntungan yang didapat jika menggunakan jasa WU antara lain:
  • Pengiriman cepat dan uang sudah bisa diambil dalam waktu hitungan menit saja.
  • Melayani hampir lebih dari berbagai macam wilayah atau negara didunia dengan lebih dari 170 ribu agen yang tersebar di berbagai wilayah.
  • Banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa mereka seperti Google, sehingga sangat terpercaya dan kredibel.
  • Keamanan yang terjamin dengan sistem yang bernama Money Transfer Control Number (MTCN) yang digunakan dalam pengiriman untuk memastikan semua berjalan dengan baik.
  • Biaya administrasi yang cukup murah dan terjangkau tergantung dari berapa jumlah uang yang dikirimkan.
  • Tidak ada batas maksimal atau minimal jumlah uang dalam mengirimkan uang tunai.
  • Si penerima uang tidak dikenakan biaya tambahan dari pengiriman uang (hanya membayar ongkos bea materai saja).

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam mentransfer uang menggunakan jasa Western Union (WU) yang bisa Anda ikuti.
  1. Kunjungi lokasi atau kantor Western Union terdekat di daerah Anda atau beberapa tempat yang memiliki logo Western Union seperti Pegadaian, Kantor Pos, Indomaret, JNE, Bank BII, Bank Danamon, Bank Jabar Banten, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Jateng, Bank Jatim, Bank DKI, CIMB Niaga, dan beberapa tempat lainnya yang memiliki logo WU ditempat tersebut. Untuk info lengkap WU di wilayah Indonesia Anda bisa lihat di situs http://www.westernunion.co.id/
  2. Selanjutnya mengisi formulir untuk pengiriman uang yang disediakan. Isilah seluruh informasi yang diperlukan terutama dalam bahasa inggris dan juga menggunakan huruf kapital. Mintalah bantuan petugas jika merasa kesulitan dalam mengisi formulir.
  3. Setelah itu, berikan formulir beserta uang dan tarif yang diperlukan kepada petugas beserta kartu identitas agar bisa diproses ke langkah berikutnya.
  4. Setelah semuanya lengkap dan diperiksa oleh petugas, Anda akan menandatangani bukti transaksi yang Anda simpan nantinya. Disana terdapat nomor Money Transfer Control Number (MTCN) yang bisa digunakan untuk mengecek status pengiriman uang Anda apakah sudah diterima atau tidak. Bisa Anda lihat di http://wumt.westernunion.com/
  5. Beritahukan kepada si penerima mengenai untuk melakukan pengambilan dengan memberikan detail informasi seperti nama pengirim, nilai transfer, MTCN, dan juga kota/negara asal pengirim.
Setiap lokasi atau tempat pengiriman mungkin memiliki tarif yang berbeda-beda. Contohnya jika Anda mengirim dari negara eropa akan berbeda dari negara di Asia. Terkadang perbedaan juga ada dari tempat pengiriman, seperti kantor pos atau lembaga keuangan tertentu.

4. Delima Plasa Telkom

Logo Telkom Indonesia via wikia.nocookie.net
Selanjutnya ada Delima Plasa Telkom sebagai tempat mengirim dan menerima uang tanpa harus menggunakan rekening. Secara prinsip sama dengan Western Union dimana memang lembaga ini mengadopsi sistem yang digunakan oleh WU. Perbedaannya hanya terletak pada ruang lingkupnya saja dimana Delima Plasa Telkom masih dalam ruang lingkup lokal di Indonesia.

5. Paypal

Paypal via images4us.com
Perkembangan teknologi membuat transaksi menjadi semakin mudah bahkan bisa dilakukan hampir tanpa adanya uang fisik. Paypal merupakan salah satu bentuk transaksi keuangan elektronik yang sangat populer digunakan di banyak negara. Anda bisa mengirim uang, menerima uang dan melakukan belanja online dengan mudah. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan juga akun paypal yang bisa dibuat dengan mudah di komputer Anda. Anda bahkan bisa mencairkan uang dari paypal ke bank dan juga sebaliknya.

Banyak orang yang menggunakan paypal terutama juga karena semakin banyaknya peluang usaha dan transaksi online di internet. Selain itu batas transaksi antar negara juga semakin tipis dan mudah dilakukan dengan proses yang sangatlah cepat. Dalam hitungan detik, uang yang dikirim melalui paypal sudah akan ada di akun Anda.
Mudah dan Praktis

Dengan mengetahui alternatif metode sistem transaksi diatas, akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi online tanpa terkendali dengan atau batas antar negara. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk memastikan saudara atau keluarga Anda apakah mereka sudah memiliki rekening bank atau tidak.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan