2016/11/13

Cara Melihat Password Admin Modem Indihome Yang Berubah (ZTE F660)

Cara Melihat Password Admin Modem Indihome Yang Berubah (ZTE F660) - Beberapa waktu lalu, pengguna layanan ISP Telkom terganggu dengan munculnya iklan tanpa izin di website-website, kini pelanggan indihome kembali direpotkan dengan masalah baru yang cukup krusial. Masalah baru kali ini ialah password admin modem indihome seringkali berubah sendiri tanpa diketahui sebabnya.

password berubah jadi j4t1n3g4r4
Dengan terganggunya akses admin merupakan kasus yang sangat-sangat mengganggu kenyamanan pelanggan indihome, dan lebih menjengkelkan daripada munculnya iklan sisipan. Seharusnya kasus ini mendapat perhatian dari pihak Telkom. Namun sepertinya tidak ada satupun pembahasan dari pihak Telkom mengenai kasus ini. Anehnya lagi beberapa password yang dirubah selalu ada kaitannya dengan nama Telkom dan Jatinegara.

Jadi bagi kalian yang juga menjadi korban kejahatan berubahnya password admin tanpa izin mungkin bisa mencoba salah satu cara yang akan saya bahas berikut ini, dalam kasus ini perangkat (milik kawan) bertipe ZTE F660. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengakses sistem modem melalui port 23 lalu kita intip langsung database user yang menampilkan nama pengguna dan passwordnya tanpa ada enkripsi. Berikut langkah-langkahnya :
Cara Melihat Password Admin Modem Indihome
Pastikan anda sudah terhubung dengan internet dari modem indihome, baik via kabel maupun tanpa kabel (wireless)
Gunakan aplikasi Putty yang bisa di-download di sini ringan sekali) atau dapat menggunakan command prompt jika layanan telnet-nya sudah diaktifkan di OS windows. Namun di sini saya bahas yang pakai putty.

Nah sekarang buka putty-nya
Untuk host, yaitu alamat admin web page, secara default : 192.168.1.1, atau 192.168.1.245 dan kadang ada yang udah merubahnya dengan alamat lain.
Connection Type : Telnet
Login : root
Password : Zte521 (Z huruf besar) lalu tekan enter.

Ketikkan perintah “sendcmd 1 DB p UserInfo” lalu enter lagi.

Selesai, akan tampak passwordnya.

password yang berubah

Langkah di atas bisa dilakukan jika port telnet (23) masih dibuka. Jika tertutup saya juga tidak tahu, mungkin solusi yang terpikir sekarang hanya reset modem ulang dari awal.

Perlu diketahui, meskipun mengaktifkan fitur “Enable Anti-Hacking Protection” yang ada di dalam modem ZTE tersebut tidak berpengaruh. Password tetap saja berubah dengan sendirinya.


Saya sendiri masih awam dan tidak begitu paham bagaimana mereka (Telkom) dapat masuk dan merubah password admin. Sampai saat ini kawan saya sudah beberapa kali mengalami pergantian password, dan semakin lama passwordnya semakin aneh saja.
telkomjatineg4r4
jatineg4r4
D0j@t6!n3g64rf#
D0j@t6!n3g64rf#
Dj9@t!n03g4r6#f
Anda dapat menemukan beberapa password tersebut di artikel ini.

Semoga langkah di atas dapat membantu Anda, dan semoga tidak disalahgunakan. Sangat disayangkan jika dicoba pada jaringan milik tetangga atau warung kopi. Coba pahamilah dan bayangkan saat berada dalam posisi pemilik yang login adminnya diretas. Tentu sangat tidak menyenangkan dan sangat membebani pikiran. Mari hidup bertenggang-rasa, tidak perlu meniru bobroknya Telkom.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan